Lakukan kebaikan sekecil apapun

Muhamad Ramdan • 10 April 2021
in group DKM PT. AOP AWP

Al-Imam Ibnul Mubarak Rahimahullah berkata :

رُبَّ عَمَلٍ صَغِيرٍ تُعَظِّمُهُ النِّيَّةُ ، وَرُبَّ عَمَلٍ كَبِيرٍ تُصَغِّرُهُ النِّيَّةُ

“Berapa banyak amalan kecil, akan tetapi menjadi besar karena niat pelakunya. Dan berapa banyak amalan besar, menjadi kecil karena niat pelakunya”.

 

Jangan pernah meremehkan kebaikan, bisa jadi seseorang itu masuk surga bukan karena puasa sunnahnya, bukan karena panjang shalat malamnya tapi bisa jadi karena akhlak baiknya dan sabarnya ia ketika musibah datang melanda.

 

Rasulullah Shollallohu 'Alaihi Wassalam bersabda :

لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

"Jangan sekali-kali kamu meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun (hanya) bertemu dengan saudaramu dalam keadaan tersenyum". (HR. Muslim)

 

Setiap kebaikan yang dilakukan walau hanya sebesar dzarrah (kecil) akan dibalas, begitu pula yang beramal kejelekan walau kecil akan dibalas. Janganlah kita meremehkan hal hal yang terlihat kecil dan sepele. Terkadang pertolongan Allah datang kepada kita melalui orang lain dan kebaikan/kebajikan kecil yang kita lakukan. Sebenarnya banyak kebajikan kecil yang kita sepelekan, tetapi justru hal itu terkadang mampu mengantar kepada Rahmat dan surga Allah.

Setiap kebaikan yang dilakukan walau hanya sebesar dzarrah (kecil) akan dibalas, begitu pula yang beramal kejelekan walau kecil akan dibalas. Janganlah kita meremehkan hal hal yang terlihat kecil dan sepele. Terkadang pertolongan Allah datang kepada kita melalui orang lain dan kebaikan/kebajikan kecil yang kita lakukan. Sebenarnya banyak kebajikan kecil yang kita sepelekan, tetapi justru hal itu terkadang mampu mengantar kepada Rahmat dan surga Allah.

 

Perusahaan Grup Astra
Astra Otoparts - Divisi Adiwira Plastik
Wilayah Grup Astra
Bogor