ideAGI

OGFIT (Oven Glove Filter Cigarette)

Syahri Farhani • 25 Maret 2023
Deskripsi Program yang Dilaksanakan
Ide ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya jumlah limbah filter rokok yang menjadi ancaman pencemaran lingkungan di Indonesia. Limbah filter rokok kerap kali dibuang disembarang tempat karena berukuran kecil dan terlihat sepele. Filter rokok terbuat dari plastik yang disebut selulosa asetat dimana membutuhkan waktu setidaknya 10 tahun untuk dapat dekomposisi. Ditambah lagi, masih terdapat banyak zat kimia berbahaya yang masih tertinggal dari sisa pengonsumsian rokok seperti nikotin, arsenik, metanol, kandmium dan zat kimia lainnya. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan, produksi rokok di Indonesia mencapai 323,9 miliar batang pada tahun 2022. Bila volume setiap 20 buah puntung rokok adalah 10 ml maka volume total untuk 323,9 miliar batang rokok adalah 1,619,500,000 ml. Limbah filter rokok juga menjadi permasalahan yang cukup serius di lingkungan Astra Group, meskipun sudah ada larangan untuk tidak merokok di tempat umum. limbah filter rokok yang dibuang disembarang tempat akan sangat mudah terbawa oleh air karena sifatnya yang ringan dan kecil, sehingga dapat mencemari ekosistem di perairan. Hal ini yang menyebabkan limbah filter rokok menjadi salah satu ancaman pencemaran yang sangat serius dan diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya.
Keunikan dan Kelebihan
Adapun solusi yang ditawarkan yaitu sebuah produk inovatif yang diharapkan sebagai alternatif solusi penanganan limbah filter rokok yang disebut dengan OGFIT (Oven Glove Filter Cigarette) sebagai inovasi dalam mewujudkan Astra Sustainable Development Goals, Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia. OGFIT adalah suatu produk inovasi berupa sarung tangan oven yang dapat menahan panas hingga mencapai temperatur 100°C dan lebih baik daripada sarung tangan oven biasa karena berasal dari pemanfaatan limbah filter rokok. Produk ini diharapkan dapat menjadi jawaban atas permasalahan limbah filter rokok yang belum kunjung terpecahkan demi terciptanya lingkungan yang sehat, bersih, dan aman bagi seluruh ekosistem, terutama dilingkungan Astra Group.
Hasil Manfaat yang Telah Didapat dan Biaya
Adapun banyak manfaat dari produk OGFIT yang paling utama yaitu dapat mengurangi lebih dari 500 puntung limbah filter rokok dan akan menjadi sarung tangan pilihan yang lebih baik dan ramah lingkungan.
Untuk biaya produksi OGFIT dipastikan jauh lebih murah dibandingkan sarung tangan oven lainnya dikarenakan bahan baku yang didapatkan dari limbah filter rokok dengan cost of production sebesar Rp. 15.000/pasang dan mendapatkan keuntungan penjualan mencapai 50%.
Anggota Kelompok
Syahri Farhani, Akbar Muhammad
Kategori Program
Pengelolaan Sampah dan Limbah
Perusahaan Grup Astra
Astra International - Head Office
Gambar (1 file foto atau gambar yang mewakili program)