Yayasan Amaliah Astra

Yayasan Amaliah Astra (YAA) didirikan 23 Mei 2001, berada di bawah naungan PT Astra International Tbk. Kehadirannya dilandasi oleh cita-cita PT Astra International, yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa”, serta Visi Astra, yaitu “Menjadi Perusahaan yang Mempunyai Tanggung Jawab Sosial dan Ramah Lingkungan”.

Sejatinya, tujuan YAA didirikan adalah untuk mewujudkan Profesional Muslim Astra (PMA). Tujuan ini sesuai dengan firman Allah SWT, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan melakukan pekerjaan yang baik, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.” (QS. al-Bayyinah, 98:7)

YAA terbagi menjadi tiga divisi, yaitu Sosial Religi, Lazis Amaliah Astra dan Pengembangan Bisnis. Dalam Divisi Sosial Religi terdapat Masjid Astra dan Astra Gema Islami (AGI). Melalui Masjid Astra, YAA menyelenggarakan aktivitas ibadah, pengajaran keislaman dan beragam lomba dalam Astra Gema Islami (AGI), fungsinya mempererat solidaritas sesama umat Muslim dan meningkatkan pengetahuan agama Islam.

Sedangkan melalui Lazis Amaliah Astra, YAA juga memfasilitasi pemberian zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang disalurkan untuk beasiswa dan modal wirausaha masyarakat. 

Divisi Pengembangan Bisnis berperan dalam menjalankan usaha seperti umroh dan pengembangan bisnis teknisi air conditoner (AC).