Muh Din

Di bulan Ramadan menjelang magrib banyak penjual takjil telah menyediakan beragam bentuk makanan dan minuman untuk berbuka puasa, istilah takjil sudah sangat familiar di masyarakat Indonesia, sedangkan di masjid sakabuana Ciujung Astra Tol Tangerang – Merak telah melaksanakan menyajikan takjil untuk yang berbuka puasa.
Arti dan makna dari Takjil adalah mempercepat dalam berbuka puasa ( KBBI ), kata takjil dari kata ‘ajila ( bahasa Arab ) namun dengan seiring berjalannya waktu, istilah takjil dipergunakan untuk menyeluruh orang segera berbuka puasa yang dimaknai sebagai makanan pembuka saat waktu magrib tiba.
Asal – usul Budaya takjil yaitu Diawali takjil manis oleh para wali yang menyebarkan agama islam di pulau jawa, setiap pada saat menjelang buka puasa para wali rutin memasak pisang dengan gula merah yang biasa dikenal dengan Kolak sedangkan kebiasaan orang arab berbuka puasa dengan kurma sehingga kolak dan kurma sering ditemui sebagai takjil, di masyarakat luas selalu menambahkan dengan makanan lainnya yang istilah sekarang makanan gorengan yang punya rasa gurih yang selalu ada ditakjil.
Terutama makanan dan minuman manis yang disantap sebelum berlanjut ke menu makanan utama berupa kurma,kolak ,gorengan, sop buah dan minuman manis lainnya, di dalam Hadist atau sabda Rosulullah SAW berikut :
“ Manusia masih berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka” ( HR. al- Bukhari – Muslim )
Manfaat dari Takjil diantaranya:
1. Akan menyegarkan badan : menyegerakan berbuka puasa agar orang yang berpuasa tidak semakin berat menahan lapar yang lebih lama sehingga badan kembali segar,bugar dan menjadi lebih kuat dalam melaksanakan beribadah di malam hari.
2. Menjadi golongan orang yang di cintai Allah SWT : Hamba yang dicintai Allah adalah orang yang menyegerakan berbuka puasa .
3. Dikabulkan Doa-doanya oleh Allah SWT : Sesungguhnya orang yang berpuasa tatkala berbuka doanya tidak akan ditolak.
Menyegerakan berbuka puasa adalah merupakan sunah Rosulullah SAW jadi sudah sepantasnya sebagai umat muslim untuk senantiasa mengikuti sunah- sunah beliau.
#AGI2022