INDAHNYA BERSERAH DIRI

WawanKurniawan_13 • 20 November 2022

"INDAHNYA BERSERAH DIRI"

Oleh : Wawan Kurniawan

Tidak ada manusia yang terlepas dari problematika hidup. Masing-masing dari kita di uji dengan kesenangan atau kekurangan. Ada manusia yang Alloh SWT beri rezeki yang berlimpah, namun diberi sakit. Ada yang hidup sehat, namun dirundung kesulitan ekonomi. Semua dipergilirkan, entah kita minta atau tidak. 

QS. Al-Baqarah Ayat 155

"155. Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. "

Semua yang terjadi dalam hidup ini adalah mau-NYA Alloh SWT. Tidak ada daya dan upaya serta kekuatan kita untuk menolaknya. Berusaha melawan takdir laksana melukis diatas air, Sia-sia. 

Maka hal yang terindah adalah berdamai dengan takdir. Ikhlas menerima segala ketentuan-NYA. BERSERAH DIRI !  

Memang sulit barangkali untuk menerima kenyataan ini. Tapi percayalah, semakin keras hati ini tidak menerima, maka semakin rusak hati, pikiran dan jiwa kita. Berkeluh kesah, caci maki, sumpah serapah dan mempertanyakan mengapa nasib ini menimpa diri kita merupakan DOSA tersembunyi kepada Alloh SWT yang justru akan membuat persoalan semakin bertambah berat. 

Maka BERSABARLAH. Kencangkan tali temali tawakal. Apalagi bila semua jalan ikhtiar telah dilakukan, sejatinya kepasrahan secara total adalah jalan merayu SANG MAHA RAHMAN untuk menyelesaikan segala problem hidup kita. 

Sadarilah, kita milik Alloh SWT. Segala yang kita punya milik Alloh SWT. Segala yang terjadi dan berlaku dalam hidup kita adalah ketentuan -NYA. 

Apapun itu, bila semua ditakdirkan terjadi untuk kita , pasti kan terjadi. Begitu pula sebaliknya, bila bukan untuk kita, tidak akan terjadi bagi kita. 

Musibah sebesar apa pun, Serahkan sepenuhnya kepada Alloh SWT. Dengan begitu ketenangan, kedamaian hati, dan solusi biarkan Alloh SWT yang menuntaskannya. 

Semoga saja kepasrahan dan kesabaran kita menerima takdir dari Alloh SWT menjadi bangunan indah di syurga yang dihadiahkan oleh Alloh SWT untuk kita. 

"Al Quran Surat Al Baqarah ayat 156

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)."

Dan sebagai akhir tulisan, ada satu kalimat yang diajarkan sayyidina Ali karamallahu wajhah agar kita mendapatkan ketenangan dalam menghadapi setiap persoalan, seperti yang diajarkan baginda nabi besar Muhammad Saw kepada beliau; 

         لاحول ولا قوة الا بالله العلي العظيم 

Artinya:

“Tidak ada daya upaya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah yang Maha Luhur dan Maha Agung.”

Semoga bermanfaat. 

 

Wawan Kurniawan

Program Director

RADIO elgangga 100.3 FM Bekasi