PELAYANAN PRIMA PADA SAAT ARUS MUDIK DAN BALIK ASTRA TOL TANGERANG MERAK
Pengelola jalan tol Tangerang – Merak mempunyai panjang jalan tol sekitar 72.45 km yang telah mempersiapkan strategi operasional untuk memberikan pelayanan yang prima kepada para pemudik yang menuju ke pulau Sumatra maupun sebaliknya ke pulau jawa saat libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H. pelayanan prima adalah merupakan tindakan atau upaya melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada para pelanggan,sehingga pelanggan merasa puas, pada saat pelanggan mendapat kepuasan, tentu saja pelanggan kemungkinan akan kembali melintas di jalan tol Tangerang – Merak.
Dari segi pelayanan pemeliharaan dan kontruksi memastikan jalan tol tidak ada lubang yang dapat membahayakan pengguna jalan dengan melakukan penutupan permanen dengan patching aspal hotmix, dengan pertimbangan cuaca atau musim penghujan maka Astra tol Tangerang – merak melakukan antisipasi genangan air atau potensi rawan banjir dan melakukan pengawasan terhadap titik- titik rawan longsor serta menjaga kondisi pompa air di lokasi km 26+400/ bitung, km 37 A dan Akses Serbar dalam kondisi berfungsi dengan baik, memonitor segala kegiatan proyek di jalur dan melakukan pengaturan waktu pekerjaan perbaikan perkerasan pacthing aspal hotmix sehingga kontruksi jalan tol terpelihara dengan baik dan memenuhi standart pelayanan minimum ( SPM ).
Dari segi pelayanan transaksi tol untuk meningkatkan kapasitas transaksi dengan melakukan penambahan peralatan tol Tandem sebanyak 6 alat transaksi, sehingga dapat berfungsi untuk percepatan transaksi dengan cara menyediakan petugas Tapping baik arus mudik maupun arus balik di gerbang utama, untuk mendukung suatu kelancaran di jalan tol maka perlu dilakukan koordinasi dengan pihak terkait sehingga pada saat terjadi kepadatan pada gerbang tol merak dapat dialihkan arus atau di himbau pengguna jalan untuk keluar tol sebelum gerbang tol merak dengan tujuan agar tercipta arus mudik dan arus balik yang aman serta nyaman.
Kesiapan dari segi pelayanan extra dari Astra Tol Tangerang – Merak menyediakan 100 unit Toilet portable yang telah di distribusikan di 4 rest area dan di titik – titik potensi antrian di jalur tol, penyiapan posko kesehatan gratis di km 68 A/B dan di kantor gerbang Merak serta mendistribusikan lebih dari 3000 paket makanan kecil dan minuman ringan yang diberikan perusahaan ataupun donasi karyawan untuk pengguna jalan yang terdampak kemacetan panjang saat sahur dan berbuka serta waktu pelanggan yang melintasi gerbang tol.
3 Tip memberikan pelayanan prima ke pelanggan antara lain:
1. Bersikap Responsif dan Reaktif yaitu petugas melayani dengan cepat kepada pelanggan secara langsung sehingga pelanggan tidak membutuhkan waktu yang lama dan dapat membagi tugas serta tanggung jawab dalam melayani kepada pelanggan.
2. Pelayanan dengan Ramah yaitu menjadi suatu langkah penting dalam memberikan pelayanan dengan optimal sehingga pelanggan merasa nyaman dalam transaksi di jalan tol.
3. Berpenampilan dengan atribut yaitu menggunakan seragam atau pakaian yang rapi dengan menggunakan atribut ( rompi ) dengan baik, supaya pelanggan yang datang ataupun yang melintasi jalan tol ini tidak ragu dalam membutuhkan pelayanan.