Kajian Online Interaktif Ikhwan & Akhwat
  - MASJID ASTRA -
SENIN, 17 Agustus 2020
Pukul 19.30 WIB - Selesai.

📔 Nara Sumber :
"Ustadz DR. Firanda Andirja, Lc., MA."


~ TAULADAN KEMULIAAN UMMUL MUKMININ AISYAH - Bagian 1 ~


Aisyah radhiallahu'anha adalah wanita yang sangat special yang sangat dicintai oleh Nabi shalallahu 'alaihi wasallam, bahkan beliau adalah wanita yang paling dicintai oleh Nabi shalallahu 'alaihi wasallam.

Dan Aisyah radhiallahu'anha adalah salah satu sosok juga yang menjadi pusat celaan orang2 Syiah.
Sempat hebih beberapa waktu silam ada salah satu tokoh Syiah dari Kuwait "Yasir Al Habib," yang kemudian mengadakan acara kematian Aisyah, kemudian dia mengatakan "hari ini kita berbahagia atas kematian Aisyah karena hari ini dia berpindah dari kesengsaraan dunia ke neraka jahannam."
Dia tidak sungkan2 menuduh Aisyah sebagai pezinah.

Karenanya kita perlu mengenal tentang Ibunda Aisyah radhiallahu'anha, wanita yang memiliki jasa besar dalam kehidupan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam.


🌷 BEBERAPA HADIST TENTANG KEUTAMAAN AISYAH radhiallahu'anha.

◆ Nabi shalallahu 'alaihi wasallam pernah berdoa,

عن أم المؤمنين عائشة رضي الله عنها قالت: (لما رأيتُ من النبي صلى الله عليه وسلم طِيب نفس، قلت: يا رسول الله، ادع الله لي، فقال:
(اللهم اغفر لعائشة ما تقدَّم من ذنبها وما تأخر، وما أسرَّتْ وما أعلنتْ)،
فضحكت عائشة رضي الله عنها حتى سقط رأسها في حجرها من الضحك، فقال لها رسول الله صلى الله عليه وسلم: (أيسرُّك دعائي؟) فقالت: وما لي لا يسرُّني دعاؤك؟ فقال صلى الله عليه وسلم: (والله إنها لدعوتي لأمَّتي في كل صلاة) رواه ابن حبان

Suatu ketika Aisyah berkata saat melihat Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam sedang senang hati, aku berkata: 
“Ya Rasul, doakan aku.”
Rasulullah pun berdoa: 
“Ya Allah, ampunilah dosa-dosa Aisyah, baik yang telah dilakukan maupun yang belum dilakukan, dosa yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan.”
Mendengar Rasulullah mendoakannya, Aisyah tertawa hingga kepalanya jatuh di pangkuan Rasul.
Rasul pun bertanya: 
“Apa doaku tadi membuatmu bahagia?”, 
Aisyah menjawab: 
“Bagaimana aku tidak bahagia dengan doa engkau tadi.”
Kemudian Rasul bersabda, 
“Demi Allah, itu adalah doa yang aku panjatkan setiap shalat untuk umatku.” 
(HR. Ibnu Hibban.)

◆ Diantaranya pujian Nabi shalallahu 'alaihi wasallam, dalam satu hadist yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy'ari dalam Shahih Al-Bukhari.

Sebelumnya perlu diingatkan..!
Bahwa Abu Musa Al-Asy'ari adalah seorang sosok ketika terjadi pertikaian antara kubu Muawiyyah radhiallahu'anhu dengan kubu Ali Bin Abi Tholib, ketika itu keduanya memilih 2 al-hakaman (hakim) yang akan berdiskusi tentang hukum yang akan terjadi.
Dimana pihak Muawiyyah radhiallahu'anhu mengirim sahabat yang bernama "Amr Bin Ash radhiallahu'anhu."
Adapun pihak dari kubu Ali Bin Abi Tholib mengirim sahabat yang bernama "Abu Musa Al-Asy'ari radhiallahu'anhu."
Oleh karenanya Abu Musa Al-Asy'ari adalah seorang sahabat yang dipercayai oleh Ali Bin Abi Tholib, maka dijadikan wakil dari kubu Ali Bin Abi Tholib. Kita tahu tidak mungkin Ali memilih sembarangan orang.

Kenapa disampaikan hal ini.?
Karena orang-orang menuduh Ahlul Bait membenci Aisyah radhiallahu'anha, bahwa itu tidak benar.
Diantaranya Abu Musa Al-Asy'ari yang berada di kubu Ali memuji Aisyah radhiallahu'anha.

Diantara pujian Abu Musa Al-Asy'ari, 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengatakan dalam sabdanya:

كَمُلَ مِنَ الرِّجَالِ كَثِيْرٌ وَلَمْ يَكْمُلْ مِنَ النِّسَاءِ إِلاَّ آسِيَةُ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ وَمَرْيَمُ بِنْتُ عِمْرَانَ وَإِنَّ فَضْلَ عَائِشَةَ عَلَى النِّسَاءِ كَفَضْلِ الثَّرِيْدِ عَلَى سَائِرِ الطَّعَامِ

“Orang yang mulia dari kalangan laki-laki banyak, namun yang mulia dari kalangan wanita hanyalah Asiyah istri Fir’aun, Maryam binti Imron, dan keutamaan Aisyah atas semua wanita seperti keutamaan ats-tsariid atas segala makanan.”
(HR. Bukhari no 3411 dan Muslim (2431) diriwayatkan oleh sahabat Abu Musaa Al-Asy’ari)

Ats-Tsariid merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging yang dicampur dengan potongan roti disertai kuah kaldu. Ia merupakan makanan terbaik di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dibandingkan dengan makanan-makanan yang lain. Ternyata keutamaan Aisyah dibandingkan seluruh wanita sebagaimana keutamaan Ats-Tsariid (makan terbaik) dibandingkan seluruh makanan.

Di sini Nabi menyebutkan tentang Aisyah setelah Nabi menyebutkan wanita-wanita yang sempurna seperti Maryam binti Imron dan Asiyah istri Firaun, dan Nabi menyebutkan dan menggandengkan Aisyah radhaillahu'anha sambil menyebutkan keutamaannya.

Kata para Ulama kenapa Nabi menyamakan Aisyah dengan ats-Tsariid, 
"karena Aisyah orangnya menyenangkan, pandai dalam ngobrol dengan suaminya, pandai dalam melayani suaminya sehingga Nabi menyamakan Aisyah seperti ats-Tsariid."
Makanya Nabi sangat cinta kepada Aisyah radhiallahu'anha.

◆ Berkata Abu Musa al-Asy’ari,

مَا أَشْكَلَ عَلَيْنَا أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيْثاً قَطْ فَسَأَلْنَا عَنْهُ عَائِشَةَ إِلاَّ وَجَدْنَا عِنْدَهَا مِنْهُ عِلْماً

“Tidaklah kami kebingungan tentang suatu hadits lalu kami bertanya kepada Aisyah, kecuali kami mendapatkan jawaban dari sisinya.” 
(Lihat Shahih Sunan at-Tirmidzi (3044))

Ini menunjukan bahwa Aisyah radhiallahu'anha sangat mulia.

◆ Rasulullah pernah berkata,

يَا عَائِشَةُ هَذَا جَبْرِيْلُ يَقْرَأُ عَلَيْكِ السَّلَامَ فَقَالَتْ: وَ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ تَرَى مَا لَا أَرَى –تريد النَّبِيَّ صلى الله عليه و سلم

“Wahai Aisyah, ini Jibril menyampaikan salam kepadamu. Kemudian Aisyah berkata, ‘Salam juga untuknya, rahmat dan berkah Allah semoga dilimpahkan kepadanya. Engkau dapat melihat perkara-perkara yang tidak dapat aku lihat –yang dimaksud adalah Nabi Saw.”
(HR. Bukhori & Muslim)

Demikian juga, Aisyah adalah istri Nabi shalallahu 'alaihi wasallam yang menjadi istri Nabi di dunia dan di akhirat (di Surga).
Ketika Ali mengutus Amar Bin Yasir dan Hasan di Kufah ketika terjadi perselisihan, Amar tidak setuju dengan Aisyah.

◆ Tetapi Amar Bin Yasir berkhotbah dihadapan manusia, dia berkata,

"Sungguh aku benar2 tahu Aisyah itu istri Nabi shalallahu 'alaihi sawallam baik di dunia maupun di akhirat, tetapi Allah menguji kalian, apakah kalian mengikuti Nabi atau Aisyah."
(HR. Bukhori).

Intinya Amar meskipun tidak setuju dengan Aisyah tapi dia tahu bahwa sesungguhnya, "Aisyah adalah istri Nabi didunia dan diakhirat "

Amar Bin Yasir adalah tokoh yang di sanjung oleh orang2 Syaih dan dicintai oleh orang Syiah.


🌷 TENTANG IBADAHNYA AISYAH radhiallahu'anha.

Zuhudnya luar biasa, karena gurunya adalah Suaminya.
Dan ibadahnya luar biasa.

◆ Dalam syiar yang disebutkan oleh Adz-Dzahabi,
"Aisyah selalu berpuasa, bahkan disebutkan puasa Da'her."

◆ Muawiyyah radhiallahu'anhu pernah mengirim sebuah kalung yang harganya 100.000 dirham.
Lalu Aisyah bagi2 kepada istri2 Nabi yang lain

◆ Dari Urwah radhiallahu'anha ponakan Aisyah, beliau berkata,
"Aisyah pernah bersedekah 7000 dirham, sementara dia masih menjahit bajunya yang robek."

◆ Ibnu Zubair ponakan Aisyah radhialallahu'anha pernah mengirim hadiah pada Aisyah yaitu 100.000 dirham, lalu Aisyah minta satu tempat kepada pembantu dan dibagi2kannya uang tersebut.
Ketika sudah sore hari Aisyah berkata, "mana buka puasaku.?"
lalu budaknya berkata,
"Ya Ummul Mukminin, apa tidak bisa beli daging dengan 1 dirham, kenapa dibagi habis semua kepada orang.?"
Kata Aisyah,
"Jangan kau cela aku, kenapa kau tidak bilang dari tadi, sudah habis baru di kasih ingat."

Intinya bagaimana Aisyah sangat Zuhud, dunua tidak ada dihatinya.

◆ Dalam Hadist yang masyhur, 
"Ketika Aisyah sedang dirumah tiba2 datang seorang wanita bersama dua putrinya minta makan kepada Aisyah, dan Aisyah tidak mendapatkan makanan dirumahnya, yang ada hanya 1 butir kurma, lalu dia berikan kepada wanita tersebut."

◆ Aisyah pernah bercerita,
"Sungguh Hilal muncul, hilal muncul, sampai 2 bulan tidak apa yang dinyalakan dirumah Nabi shalallahu 'alaihi wasallam, tidak ada yang di masak selama 2 bulan."
Sahabat bertanya,
"Apa makanan kalian wahai ibunda Aisyah,"
Aisyah berkata,
"Hanya kurma dan air."

Inilah Aisyah wanita yang sangat Zuhud yang bersuamikan seorang Nabi yang zuhud yang bagi mereka dunia tidak ada nilainya.
- Aisyah rajin ibadah, 
- selalu berpuasa, 
- kalau ada rezeki langsung di bagi2 kepada madu2nya dan orang2 sementara dia masih menjahit bajunya yang robek.


🌷 KEISTIMEWAAN AISYAH radhiallahu'anha.

1️⃣ Wanita yang paling dicintai oleh Nabi shalallahu 'alaihi wasallam.

Bahkan Allah menjadikan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat mencintai Aisyah.

🌸 Kecintaan Nabi kepada Aisyah radhiallahu'anha diketahui oleh, 

1). Di ketahui oleh banyak Sahabat.

▪️Amar Bin Ash radhiallahu'anhu ketika beliau baru masuk Islam, kemudian dia dijadikan pemimpin perang oleh Nabi shalallahu 'alaihi wasallam,
Nabi sangat perhatian kepada dia,

عن عَمْرُو بْنُ الْعَاصِ قَالَ بَعَثَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى جَيْشِ ذَاتِ السَّلَاسِلِ قَالَ فَأَتَيْتُهُ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ النَّاسِ أَحَبُّ إِلَيْكَ قَالَ عَائِشَةُ قَالَ قُلْتُ فَمِنْ الرِّجَالِ قَالَ أَبُوهَا إِذًا قَالَ قُلْتُ ثُمَّ مَنْ قَالَ عُمَرُ قَالَ فَعَدَّ رِجَالًا

Dari ‘Amr bin Al-‘Aash berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutusku dalam pasukan dalam perang Dzaatus Salaasil. Lalu akupun mendatangi beliau dan aku berkata, “Wahai Rasulullah siapakah yang paling engkau cintai?”. Nabi berkata, “Aisyah“. Aku berkata, “Dari kalangan para lelaki siapakah yang paling kau cintai?”, beliau berkata, “Ayahnya kalau begitu (yaitu Abu Bakar)”. Aku berkata, “Lalu siapa?”, beliau menjawab, “Umar“, lalu Nabi menyebutkan beberapa lelaki” 
(HR Al-Bukhari no 3662 dan Muslim no 2384)

▪️Para sahabat kalau ingin memberikan hadiah buat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam maka mereka memilih hari jatah nginap Nabi di rumah Aisyah, mereka melakukan demikian dalam rangka mencari keridhoan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

2). Di ketahui oleh Istri-istri Nabi yang lain.

▪️Istri2 Nabi yang lain pernah protes kepada Nabi karena para Sahabat memberikan hadiah kepada ketika jatah Nabi sedang dirumah Aisyah.
Tatkala mereka menyuruh Ummu salamah untuk menemui Rasul membicarakan Aisyah maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata ;

لاَ تُؤْذِيْنِي فِي عَائِشَةَ فَإِنَّ الْوَحْيَ لَمْ يَأْتِنِي وَأَنَا فِي ثَوْبِ امْرَأَةٍ إِلاَّ عَائِشَةَ

“Janganlah engkau menggangguku tentang Aisyah, sesungguhnya wahyu tidaklah datang kepadaku dan aku dalam kondisi berada dalam satu selimut bersama seorang wanitapun kecuali Aisyah”
(HR Al-Bukhari no 2581)

▪️Saudah binti Zam'ah memberikan jatah menginapnya untuk Aisyah karena begitu sayangnya Suadah Binti Zam'ah kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam.
Karena dia ingin menyenangkan hati Nabi dan dia tau yang menyenangkan hati Nabi adalah Aisyah.

▪️Ketika Nabi shalallahu 'alaihi wasallam sakit, para istri Nabi mengijinkan Nabi untuk di rawat di rumah Aisyah.

2️⃣ Wahyu tidak turun kepada Nabi shalallahu 'alaihi wasallam , sementara Nabi bersama istrinya dalam satu kain kecuali Aisyah.

▪️Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, 

لاَ تُؤْذِيْنِي فِي عَائِشَةَ فَإِنَّ الْوَحْيَ لَمْ يَأْتِنِي وَأَنَا فِي ثَوْبِ امْرَأَةٍ إِلاَّ عَائِشَةَ

“Janganlah engkau menggangguku tentang Aisyah, sesungguhnya wahyu tidaklah datang kepadaku dan aku dalam kondisi berada dalam satu selimut bersama seorang wanitapun kecuali Aisyah”
(HR Al-Bukhari no 2581)

3️⃣ Aisyah radhiallahu'anha satu-satunya wanita yang dinikahi oleh Mabi shalallahu 'alaihi wasallam dalam kondisi gadis.

4️⃣ Nabi shalallahu 'alaihi wasallam wafat dirumah Aisyah radhiallahu'anha, dalam pangkuan Aisyah dan liur Nabi sahalallahu 'alaihi wasallam bercampur dengan liurnya Aisyah.

Ketika Nabi shalallahu 'alaihi wasallam akan meninggal datang Abdurahman bin Abu Bakar saudara kandung Aisyah radhiallahu'anha sedang bersiwak.
Nabi melihat melihat siwak tersebut dan sulit untuk bicara, 
Maka Aisyah mengambil siwak dari Abdirahman kemudian siwak tersebut digigit oleh Aisyah supaya lembut dan di serahkan kepada Nabi shalallahu 'alaihi wasallam.
Maka Aisyah melihat Nabi bersiwak, "Dan aku tidak pernah melihat Nabi bersiwak lebih indah dari pada sebelumnya."
Kemudian Nabi menunjuk kelangit dan meninggal di pangkuan Aisyah radhiallahu'anha.

5️⃣ Allah Subhanahu wa Ta'alaa menurunkan lebih dari 16 ayat membela Aisyah radhiallahu'anha.
(Dalam Quran Surat An-Nur ayat 11 - 26)

Intinya Aisyah dituduh oleh orang2 munafik sebagai seorang pezina yang berzina dengan seorang sahabat Shafwan bin al-Muaththal as-Sullami.

Sehingga 1 bulan penuh Nabi merubah sikapnya kepada Aisyah, dan Nabi tidak tahu apa yang terjadi, sementara isyu sudah berkembang di kota Madinnah.
Sampai akhirnya setelah 1 bulan baru turunlah ayat untuk membela Aisyah, bahwasanya Aisyah tidak berzinah sama sekali.

Bayangkan Aisyah dituduh berzina yang membela Allah Subhanahu wa Ta'alaa yang menurunkan 16 ayat (untuk membela Aisyah).

▪️Aisyah mengatakan, 
"Menurutku jiwaku lebih hina kalau Allah bela aku dengan ayat-ayat, Aku tidak menyangka kalau Allah bela aku dengan menurunkan ayat-ayat, aku menyangka bahwa Allah bela dengan cukup dengan memberikan mimpi kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam."

6️⃣ Aisyah adalah wanita yang tercerdas dan terfaqih dari seluruh wanita di alam semesta ini.

7️⃣ Wanita yang paling banyak meriwayatkan Hadist.


🌷 NASAB AISYAH radhiallahu'anha dan KERABAT-KERABATNYA.

1️⃣ Ayahnya yaitu Abu Bakar.

◆ Nama asli Abu Bakar :  Abdullah bin Abi Kuhaffah bin Tayyim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Quraisy.

◆ Nasabnya Abu Bakar ketemu dengan nasab Nabi di Murrah.

◆ Abu Bakar menikah dengan 4 wanita, diantara istrinya adalah,

1). Qutaylah bint Abd-al-Uzza.
Punya anak yang bernama:
▪️Asma binti Abu Bakar yang menikah dengan Zubair bin Awwam (sepupu Nabi shalallahu 'alaihi wasallam),
Punya anak bernama,
- Abdullah bin Zubair (anak yang pertama lahir setelah para sahabat hijrah)
- Urwah bin Zubair.
▪️Abdullah bin Abu Bakar.

2). Ummu Ruman.
Punya anak yang bernama:
▪️Aisyah binti Abu Bakar.
▪️Abdurahman bin Abu Bakar.

3). Asma binti Umays.
Punya anak bernama:
▪️Muhammad bin Abu Bakar yang lahir pada saat Nabi shalallahu 'alaihi wasallam akan melaksanakan Haji dan melahirkan di Bir Ali.

4). Habibah binti Kharijah
Punya anak bernama:
▪️Ummu Kultsum binti Abu Bakar.

2️⃣ Aisyah binti Abu Bakar.

◆ Laqobnya / gelarnya diantaranya,
- Ashiddiqoh : wanita yang selalu jujur.
- Al-Humairoh : wanita yang sangat putih sampai terlihat rona-rona merah dipipinya
- Ibnu Ash-Shiddiq : wahai putrinya Ash-Shiddiq.

◆ Kunyahnya Aisyah: 
"Ummu Abdillah."
Aisyah tidak punya anak, tetapi dia berkunyah kepada keponakannya yaitu "Abdullah bin Zubair." (Anaknya Asma)

◆ Ibu susuan Aisyah : 
- Istri Zauzah Wahil abil Qois.
- Wahil punya saudara bernama Aflah (om susuan)
Om nya ini pernah ingin bertemu dengan Aisyah setelah turun hijab, akhirnya Aisyah tidak ijinkan.
Tapi Aisyah bertanya kepada Rasul, boleh ditemui karena dia adalah om susuannya.

◆ Lahirnya Aisyah :
- Sekitar tahun ke 5 kenabian.

◆ Menikah dengan Nabi shalallahu 'alaihi wasallam (akad),
- Umur 6 tahun, sekitar 3 tahun sebelum hijrah.

◆ Tinggal bersama Nabi shalallahu 'alaihi wasallam,
- Sekitar usia 9 thn ketika Di Madinnah.

◆ Nabi shalallahu 'alaihi wasallam wafat,
- Ketika usia Aisyah 18 thn.


📔  SOAL - JAWAB

1️⃣ Apa bedanya cinta Nabi kepada Aisyah dan keoada Ibunda Khadijah, karena menurut kajian yang sebelumnya Nabi sangat mencintai Khadijah sehingga tidak mau berpoligami agar tidak menyakiti hati Khadijah.!
↪️  Jawab :
Tentu Rasulullah mencintai Khadijah dan mencintai Aisyah radhiallahu'anha, jika ditinjau dari kecintaan kepada khadijah tentu tidak diragukan, bahkan ketika Aisyah cemburu karena Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam sering sebut Khadijah dan sangat memuji.
Wallahu'alam tentu Khadijah sangat dicintai oleh Nabi shalallahu 'alaihi wasallam. 
Aisyah sangat dicintai dari istri2 yang masih ada, ketika Amr Bin Ash bertanya, "siapa yang paling dicintai ya Rasulullah.? (Maksudnya kepada yang masih hidup), maka Nabi mengatakan "Aisyah". Nabi tidak membandingkan Aisyah dengan Khadijah.
Khadijah punya nilai sendiri di hati Nabi shalallahu 'alaihi wasallam, yang jelas dari istri2 Nabi yang masih hidup adalah Aisyah radhiallahu'anha yang paling dicintai oleh Nabi shalallahu 'alaihi wasallam.
Wallahu'alam bishowab karena masing2 punya tempat di hati Nabi shalallahu 'alaihi wasallam.

2️⃣ Bagaimana pandangan Islam sebelumnya marak nyanyian tentang Aisyah, dan bagaimana cara menasihati teman kita yang suka menyanyikan lagu tersebut.?
↪️  Jawab :
Qadarallah Ustadz belum pernah dengar lagunya dan liriknya. Jadi tidak tahu.
Intinya kalau ingun memuji Aisyah jangan dengan maksiat, karena kita tahu musik hukumnya haram.
★ Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

 وَلَا تَلۡبِسُواْ ٱلۡحَقَّ بِٱلۡبَـٰطِلَِ  

“Janganlah kalian campur-adukkan antara kebenaran dan kebatilan,”
[Q.S. Al-Baqarah : 42].
Kalau kita ingin memuji, pujilah dengan yang baik sesuai dengan dalil yang datang, tanoa harus bermaksiat seperti musik2. Niatnya baik kalau caranya salah maka tidak diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta'alla.
Kata seorang penyair:
"Engkau mengharapkan keselamatan tapi engkau tidak menempuh jalannya, sesungguhnya namanya perahu tidak berjalan diatas daratan."
Kalau kita ingin kebaikan maka tempuh caranya yang benar.
Wallahu'alam bishowab.

3️⃣ Apakah Rasul paling cinta pada Aisyah radhiallahu'anha di antara para istri2 Nabi yang lain saat berpoligami, ataukah dibandingkan dengan Khadijah radhiallahu'anha. Padahal saat nikah dengan Khadijah Nabi tidak berpoligami, padahal saat itu Nabi masih muda dan Khadijah sudah lebih tua.
Inti pertanyaannya kenapa Nabi saat dengan Khadijah tdk berpoligami padahal Nabi masih muda, dan kenapa dengan Aisyah, Nabi berpoligami padahal sudah tua.?
↪️  Jawab :
Wallahu'alam bishowab, kita tahu bahwasanya Nabi shalallahu 'alaihi wasallam adalah seorang yang memiliki akhlaq termulia.
◆ Aisyah mengatakan: 
"Akhlak Nabi adalah Al-Quran."
◆ Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia.” 
(HR. Abu Daud no. 4811 dan Tirmidzi no. 1954. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).
Kalau kita bandingkan dengan jasa Khadijah dengan jasa Aisyah dari sisi jasa dalam dakwah Rasulullah, tentu tidak bisa dibandingkan.
Khadijah ketika menikah dengan Nabi, waktunya seluruhnya untuk Nabi shalallahu 'alaihi wasallam, wanita yang sangat penurut dan tidak pernah mengangkat suaranya, kemudian hartanya seluruhnya utk Nabi, anak2nya semua dari Khadijah. Mengingat jasa inilah, membuat Nabi shalallahu 'alaihi wasallam tidak mau poligami.
Beda dengan Aisyah, tidak memiliki peristiwa2 yang lalu yang berjasa besar kepada Nabi shalallahu'alaihi wasallam.
Wallahu'alam bishowab.

4️⃣ Amalan apa yang bisa memasukkan kesurga dan bisa ketemu Ummul Mukminin di Surga.?
↪️  Jawab :
Wallahu'alam bishowab, yang penting masuk Surga dulu, bagi wanita yang paling penting masuk Surga adalah ta'at kepada suami. 
◆ Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

“إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا؛ قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ”.

“Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. 
(HR. Ahmad dari Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu’anhu dan dinyatakan hasan oleh Syaikh al-Albany).
Kalau itu terjadi Insyaa Allah bisa bertemu dengan para sahabiyat di Surga.
Ujian berat bagi para wanita adalah berbakti kepada suaminya.
◆ Seorang ulama mengatakan:
"Ketika seorang wanita kepada suaminya melibihi ketaatan kepada kedua orang tuanya."
Demikian syariat mengatur, maka ketika bertabrakan perintah orang tua dan suami, maka perintah suami harus didahulukan.
Taat kepada suami itu pahalanya besar.
"Pesan Ustadz utk para wanita:
Bahwasanya jangan kita menyangka bahwa ibadah hanya baca Quran, sholat, ibadah, taatnya wanita kepada suami itu ibadah yang agung, bahkan sebab utama masuk Surga. Jika seorang wanita menggabungkan taat kepada Allah dan raat kepada suaminya maka sempurnalah agamanya. Karena itu pahalanya besar.
Sebaliknya sebab terbanyak wanita masuk neraka adalah tidak taat kepada suami."
◆ Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda,

يَا مَعْشَرَ النِّسَاءِ تَصَدَّقْنَ، فَإِنِّي أُرِيْتُكُنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّارِ

“Wahai sekalian kaum wanita, bersedekahlah. Sebab, diperlihatkan kepadaku mayoritas penduduk neraka jahannam adalah kalian.” 
(HR. al-Bukhari no. 304)
Karena kalian suka kufur kepada kebaikan suami, lupa berterima kasih kepada kebaikan suami.
Ini sebab yang memasukkan wanita kepada neraka jahannam, diantara bentuk tidak bersyukur, teriak2 kepada suaminya. Anggap remeh suaminya.
Wallahu'alam bishowab.

5️⃣ Cinta Nabi kepad Ibunda Aisyah melebihi cinta Nabi dari istri2 yang lain apakah hal tersebut tidak mengapa.?
↪️  Jawab :
Tidak masalah karena itu namanya cinta Thobi'iy. Yang tidak boleh itu kalau Nabi tidak adil.
◆ Dalam riwayat Nabi berkata : 
"Ya Allah inilah pembagian yang biasa aku lakukan (jatah menginap, kemudian nafkah, kasih sayang), maka jangan kau cela aku pada perkara yang bukan dibawah kekuasaanku."
Cintanya hati cenderung kepada seorang lebih dari yang lain itu tidak bisa kita atur, diluar kekuasaan kita.
Nabi cenderung mencintai Aisyah dari lain dari banyak sisi, bisa jadi karena Bapaknya Aisyah teman dekatnya Rasul yaitu Abu Bakar.
Wallahu'alam bishowab.


📔  PENCATAT :
~ Tim Kajian Online Masjid Astra ~