Qurban dan Pembahasannya (Bag. 3)

ย 

๐Ÿ“† Senin, 03 Dzulhijjah 1445H / 10 Juni
ย 2024
๐Ÿ“š Fiqih dan Hadits
๐Ÿ“ Pemateri: Ustadz Farid Nu'man Hasan, S.S., M.Sos.
๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

๐Ÿ“Œ Niat Untuk Berqurban

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Berqurban adalah termasuk amal ibadah, dan amal ibadah mestilah didahulukan dengan niat untuk membedakannya dengan adat (kebiasaan).ย  Syaikh Wahbah Az Zuhaili Rahimahullah menerangkan:

ู„ุง ุชุฌุฒุฆ ุงู„ุฃุถุญูŠุฉ ุจุฏูˆู† ุงู„ู†ูŠุฉุ› ู„ุฃู† ุงู„ุฐุจุญ ู‚ุฏ ูŠูƒูˆู† ู„ู„ุญู…ุŒ ูˆู‚ุฏ ูŠูƒูˆู† ู„ู„ู‚ุฑุจุฉุŒ ูˆุงู„ูุนู„ ู„ุง ูŠูƒูˆู† ู‚ุฑุจุฉ ุจุฏูˆู† ุงู„ู†ูŠุฉุŒ ู„ู‚ูˆู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู…: ยซุฅู†ู…ุง ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุจุงู„ู†ูŠุงุชุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ู„ูƒู„ ุงู…ุฑุฆ ู…ุง ู†ูˆู‰ยป ู‚ุงู„ ุงู„ูƒุงุณุงู†ูŠ: ูˆุงู„ู…ุฑุงุฏ ู…ู†ู‡ ุนู…ู„ ู‡ูˆ ู‚ุฑุจุฉุŒ ูู„ุง ุชุชุนูŠู† ุงู„ุฃุถุญูŠุฉ ุฅู„ุง ุจุงู„ู†ูŠุฉ.ย 

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Qurban tidaklah sah tanpa niat, karena sembelihan yang akan menjadi daging akan menjadi qurbah (sarana mendekatkan diri kepada Allah Taโ€™ala), dan perbuatan tidaklah dinilai sebagai qurbah tanpa dengan niat, sesuai sabdanya: (sesungguhnya amal perbuatan hanyalah dengan niat dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan apa-apa yang sesuai yang diniatkannya). Al Kisani mengatakan: โ€œmaksudnya adalah amal perbuatan untuk qurbah, maka berqurban tidaklah memiliki nilai kecuali dengan niat.โ€ [1]

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Beliau meneruskan:

ูˆุงุดุชุฑุท ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ ูˆุงู„ุญู†ุงุจู„ุฉ: ุฃู† ุชูƒูˆู† ุงู„ู†ูŠุฉ ุนู†ุฏ ุฐุจุญ ุงู„ุฃุถุญูŠุฉุ› ู„ุฃู† ุงู„ุฐุจุญ ู‚ุฑุจุฉ ููŠ ู†ูุณู‡. ูˆูŠูƒููŠู‡ ุฃู† ูŠู†ูˆูŠ ุจู‚ู„ุจู‡ุŒ ูˆู„ุง ูŠุดุชุฑุท ุฃู† ูŠุชู„ูุธ ุจุงู„ู†ูŠุฉ ุจู„ุณุงู†ู‡ุ› ู„ุฃู† ุงู„ู†ูŠุฉ ุนู…ู„ ุงู„ู‚ู„ุจุŒ ูˆุงู„ุฐูƒุฑ ุจุงู„ู„ุณุงู† ุฏู„ูŠู„ ุนู„ูŠู‡ุงย ย 

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Kalangan Syafiโ€™iyah dan Hanabilah mengsyaratkan: hendaknya berniat sebelum menyembelih, karena menyembelih (hewan qurban) merupakan qurbah. Telah mencukupi bahwa niat adalah di hati. Tidak disyaratkan melafazkan niat dengan lisan, karena niat adalah amalan hati, dan pengucapan di lisan merupakan petunjuk bagi amalan di hati.ย  [2]

๐Ÿ“Œ Waktu Penyembelihan

Waktu penyembelihan Qurban hanyalah tertentu saja, yakniย  setelah Shalat โ€˜Ied (10 Zulhijjah) hingga selesai ayyamut tasyriq (hari-hari tasyrik), yakni 11,12,13 Zulhijjah. Lewat itu maka bukan lagi disebut Hewan Qurban (Al Udh-hiyah) tetapi sedekah biasa, namun tetap akan mendapat ganjaran dari Allah Taโ€™ala. Insya Allah.

Hal ini berdasarkan hadits dari Jubeir bin Muthโ€™im Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ูˆูŽูƒูู„ู‘ู ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ุงู„ุชู‘ูŽุดู’ุฑููŠู‚ู ุฐูŽุจู’ุญูŒ
ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย ย 
โ€œSetiap hari-hari tasyriq merupakan waktu penyembelihan.โ€[3]

Penyembelihan dilakukan setelah shalat Ied, sesuai ayat berikut:
ย  ย  ููŽุตูŽู„ู‘ู ู„ูุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ูˆูŽุงู†ู’ุญูŽุฑู’

โ€œMaka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.โ€ (QS. Al Kautsar: 2)

Ayat ini menunjukkan bahwa an nahr (penyembelihan) dilakukan setelah shalat โ€˜Ied sebagaimana yang diterangkan oleh Imam Ash Shanโ€™ani di atas.

Juga diterangkan dalam riwayat Jundab Al Bajali Radhiallahu โ€˜Anhu:

ุดูŽู‡ูุฏู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุฃูŽุถู’ุญู‹ู‰ ุซูู…ู‘ูŽ ุฎูŽุทูŽุจูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฐูŽุจูŽุญูŽ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠูŽ ููŽู„ู’ูŠูุนูุฏู’ ู…ูŽูƒูŽุงู†ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ุฐูŽุจูŽุญูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽุฐู’ุจูŽุญู’ ุจูุงุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู
ย 
โ€œAku melihat Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam shalat pada Idul Adha, kemudian berkhutbah dan berkata: barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat maka dikembalikan tempatnya, dan barangsiapa yang belum menyembelih maka sembelihlah dengan menyebut nama Allah.โ€[4]

Bersambung ...

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

[1]ย  Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu, 1/187

[2]ย  Ibid

[3] HR. Ahmad No. 16751. Ath Thabarani dalam Al Muโ€™jam Al Kabir No. 1583, Al Baihaqi dalam As sunan Al Kubra No. 10006, 19021. Alauddin Al Muttaqi Al Hindi, Kanzul โ€˜Ummal No. 12052. Berkata Imam Al Haitsami: rijaluhu mautsuqun (semua) pirawayat haditsnya tsiqat (kredibel/terpercaya).(Majmaโ€™ az Zawaid, 3/251). Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth mengatakan: โ€œshahih lighairih.โ€ (Taโ€™liq Musnad Ahmad No. 16751)
ย 
[4] HR. Bukhari No. 6674, Muslim No. 1960. Ath Thabarani dalam Al Muโ€™jam Al Kabir No. 1713, Al baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 6058, Abu โ€˜Uwanah dalam Musnadnya No. 7834

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒย 

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Subscribe Youtube MANIS: https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

Follow IG MANIS :ย 
https://instagram.com/majelis_manis?igshid=YmMyMTA2M2Y=

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member :ย  https://bit.ly/gabungmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSI : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/62852-7977-6222
wa.me/6287782223130