Qurban dan Pembahasannya (Bag. 2)

ย 

๐Ÿ“† Selasa, 26 Dzulqa'dah 1445H / 04 Juni
ย 2024
๐Ÿ“š Fiqih dan Hadits
๐Ÿ“ Pemateri: Ustadz Farid Nu'man Hasan, S.S., M.Sos.
๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

3โƒฃย  ย  ย  ย Hukumnya

Para ulama berbeda pendapat tentang hukumnya, ada yang mengatakan wajib bagi yang memiliki kelapangan rezeki, ada pula yang mengatakan sunah muโ€™akadah, dan inilah pendapat mayoritas sahabat, tabiโ€™in, dan para ulama.

Ulama yang mewajibkan berdalil dengan hadits berikut, dari Abu Hurairah Radhiallhu โ€˜Anhu bahwa Rasulullah Shalallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุณูŽุนูŽุฉูŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุถูŽุญู‘ู ููŽู„ูŽุง ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุจูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุตูŽู„ู‘ูŽุงู†ูŽุง

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  โ€œBarangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) dan dia tidak berkurban, maka jangan dekati tempat shalat kami.โ€[1]

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Mengomentari hadits ini, berkata Imam Amir Ash Shanโ€™ani Rahimahullah:

ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุงุณู’ุชูŽุฏูŽู„ู‘ูŽ ุจูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูุฌููˆุจู ุงู„ุชู‘ูŽุถู’ุญููŠูŽุฉู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุณูŽุนูŽุฉูŒ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ู†ูŽู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู’ ู‚ูุฑู’ุจูŽุงู†ู ุงู„ู’ู…ูุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุฏูŽู„ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุฑูŽูƒูŽ ูˆูŽุงุฌูุจู‹ุง ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ู„ูŽุง ููŽุงุฆูุฏูŽุฉูŽ ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ู…ูŽุนูŽ ุชูŽุฑู’ูƒู ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ูˆูŽุงุฌูุจู ูˆูŽู„ูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ { ููŽุตูŽู„ู‘ู ู„ูุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ูˆูŽุงู†ู’ุญูŽุฑู’ } ูˆูŽู„ูุญูŽุฏููŠุซู ู…ูุฎู’ู†ูŽูู ุจู’ู†ู ุณูู„ูŽูŠู’ู…ู ู…ูŽุฑู’ูููˆุนู‹ุง { ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ูƒูู„ู‘ู ุจูŽูŠู’ุชู ูููŠ ูƒูู„ู‘ู ุนูŽุงู…ู ุฃูุถู’ุญููŠู‘ูŽุฉูŒ } ุฏูŽู„ู‘ูŽ ู„ูŽูู’ุธูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ูˆูุฌููˆุจู ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ูˆูุฌููˆุจู ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุฃูŽุจููŠ ุญูŽู†ููŠููŽุฉูŽย ย 

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  โ€œHadits ini dijadikan dalil wajibnya berkurban bagi yang memiliki kelapangan rezeki, hal ini jelas ketika Rasulullah melarang mendekati tempat shalat, larangan itu menunjukkan bahwa hal itu merupakan meninggalkanย  kewajiban,seakan Beliau mengatakan shalatnya tidak bermanfaat jika meninggalkan kewajiban ini. Juga karena firmanNya: โ€œmaka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah.โ€ Dalam hadits Mikhnaf bin Sulaim secara marfuโ€™ (sampai kepada Rasulullah) berbunyi: โ€œ (wajib) atas penduduk setiap rumah pada tiap tahunnya untuk berkurban.โ€ Lafaz hadits ini menunjukkan wajibnya. Pendapat yang menyatakan wajib adalah dari Imam Abu Hanifah.[2]

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Sementara yang tidak mewajibkan, menyatakan bahwa dua hadits di atas tidak bisa dijadikan hujjah (dalil), sebab yang pertama mauquf (hanya sampai sahabat nabi, bukan Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam), hadits kedua dhaโ€™if. Sedangkan ayat Fashalli li Rabbika wanhar, tidak bermakna wajib kurban melainkan menunjukkan urutan aktifitas, yakni menyembelih kurban dilakukan setelah shalat Id.

Berikut keterangan dari Imam Ash Shanโ€™ani:

ูˆูŽู‚ููŠู„ูŽ ู„ูŽุง ุชูŽุฌูุจู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ุงู„ู’ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ู…ูŽูˆู’ู‚ููˆููŒ ููŽู„ูŽุง ุญูุฌู‘ูŽุฉูŽ ูููŠู‡ู ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠ ุถูŽุนู’ููŒ ุจูุฃูŽุจููŠ ุฑูŽู…ู’ู„ูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุทู‘ูŽุงุจููŠู‘ู : ุฅู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุฌู’ู‡ููˆู„ูŒ ูˆูŽุงู„ู’ุขูŠูŽุฉู ู…ูุญู’ุชูŽู…ูู„ูŽุฉูŒ ููŽู‚ูŽุฏู’ ููุณู‘ูุฑูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ( { ูˆูŽุงู†ู’ุญูŽุฑู’ } ) ุจููˆูŽุถู’ุนู ุงู„ู’ูƒูŽูู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุญู’ุฑู ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽู‡ู ุงุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุญูŽุงุชูู…ู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุดูŽุงู‡ููŠู†ูŽ ูููŠ ุณูู†ูŽู†ูู‡ู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ู…ูŽุฑู’ุฏููˆูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽูŠู’ู‡ูŽู‚ููŠู‘ู ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ูˆูŽูููŠู‡ู ุฑููˆูŽุงูŠูŽุงุชูŒ ุนูŽู†ู’ ุงู„ุตู‘ูŽุญูŽุงุจูŽุฉู ู…ูุซู’ู„ู ุฐูŽู„ููƒูŽ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุณูู„ู‘ูู…ูŽ ููŽู‡ููŠูŽ ุฏูŽุงู„ู‘ูŽุฉูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุญู’ุฑูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ููŽู‡ููŠูŽ ุชูŽุนู’ูŠููŠู†ูŒ ู„ููˆูŽู‚ู’ุชูู‡ู ู„ูŽุง ู„ููˆูุฌููˆุจูู‡ู ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฅุฐูŽุง ู†ูŽุญูŽุฑู’ุช ููŽุจูŽุนู’ุฏูŽ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุงู„ู’ุนููŠุฏู ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽ ุงุจู’ู†ู ุฌูŽุฑููŠุฑู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู { ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽู†ู’ุญูŽุฑู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠูŽ ููŽุฃูู…ูุฑูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽู†ู’ุญูŽุฑู } ูˆูŽู„ูุถูŽุนู’ูู ุฃูŽุฏูู„ู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ูˆูุฌููˆุจู ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู ู…ูู†ู’ ุงู„ุตู‘ูŽุญูŽุงุจูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุงุจูุนููŠู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู ุฅู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุณูู†ู‘ูŽุฉูŒ ู…ูุคูŽูƒู‘ูŽุฏูŽุฉูŒ ุจูŽู„ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุจู’ู†ู ุญูŽุฒู’ู…ู ู„ูŽุง ูŠูŽุตูุญู‘ู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุญูŽุฏู ู…ูู†ู’ ุงู„ุตู‘ูŽุญูŽุงุจูŽุฉู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุงุฌูุจูŽุฉูŒ .ย ย 

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  โ€œDikatakan: Tidak wajib, karena hadits pertama adalah mauquf dan tidak bisa dijadikan hujjah (dalil). Hadits keduaย  (dari Mikhnaf bin Sulaim) dhaif karena dalam sanadnya ada Abu Ramlah. Berkata Imam Al Khathabi: โ€œDia itu majhul (tidak dikenal).โ€ Sedangkan firmanNya: โ€œโ€ฆberkurbanlah.โ€ adalah tentang penentuan waktu penyembelihan setelah shalat. Telah diriwayatkan oleh Abu Hatim, Ibnu Syahin di dalam sunan-nya, Ibnu Mardawaih, dan Al Baihaqi dari Ibnu Abbas dan didalamnya terdapat beberapa riwayat dari sahabat yang seperti ini, yang menunjukkan bahwa menyembelih kurban itu dilakukan setelah shalat (โ€˜Ied). Maka ayat itu secara khusus menjelaskan tentang waktu penyembelihnnya, bukan menunjukkan kewajibannya. Seolah berfirman: Jika engkauย  me

nyembelih maka (lakukan) setelah shalat โ€˜Ied. Ibnu Jarir telah meriwayatkan dari Anas: โ€œBahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam pernah menyembelih sebelum shalat Id, lalu Beliau diperintahkan untuk shalat dulu baru kemudian menyembelih.โ€ Maka nyatalah kelemahan alasan mereka yang mewajibkannya. Sedangkan, madzhab jumhur (mayoritas) dari sahabat, tabiโ€™in, dan ahli fiqih, bahwaย  menyembelih qurban adalah sunah muโ€™akkadah, bahkan Imam Ibnu Hazm mengatakan tidak ada yang shahih satu pun dari kalangan sahabat yang menunjukkan kewajibannya.โ€[3]

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Seandainya hadits-hadits di atas shahih, itu pun tidak menunjukkan kewajibannya. Sebab dalam riwayat lain Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallambersabda:

ุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ูŽุชู’ ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู ูˆูŽุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุถูŽุญู‘ููŠูŽ ููŽู„ูŽุง ูŠูŽู…ูŽุณู‘ูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุนูŽุฑูู‡ู ูˆูŽุจูŽุดูŽุฑูู‡ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุงย  ย  ย  ย  ย 

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  โ€œJika kalian memasuki tanggal 10 (Dzulhijjah) dan hendak berkurban maka janganlah dia menyentuhย  ย sedikit pun dariย  rambutnya dan kulitnya.โ€[4] [5]

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Hadits tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa berkurban itu terkait dengan kehendak, manusianya oleh karena itu Imam Asy Syafiโ€™i menjadikan hadits ini sebagai dalil tidak wajibnya berkurban alias sunah.[6]

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Syaikh Wahbah Az Zuhaili Hafizhahullah mengatakan:

ุชุฌุจ ุงู„ุฃุถุญูŠุฉ ู…ุฑุฉ ููŠ ูƒู„ ุนุงู… ุนู†ุฏ ุฃุจูŠ ุญู†ูŠูุฉุŒ ูˆู‡ูŠ ุณู†ุฉ ู…ุคูƒุฏุฉ ุนู†ุฏ ุฌู…ู‡ูˆุฑ ุงู„ุฃุฆู…ุฉ.

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Wajib berqurban sekali dalam setahun menurut Abu Hanifah, dan menurut mayoritas imam adalah sunah muakadah. [7]

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Hadits lainnya:

ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุญู’ุฑู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠููƒู’ุชูŽุจู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’

ย  ย  ย  ย  ย  โ€œAku diwajibkan untuk berkurban, namun tidak wajib bagi kalian.โ€ [8]

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Tetapi hadits ini didhaifkan para ulama seperti Syaikh Al Albani.[9] Jugaย  Syaikh Syuโ€™aib Al Arnaโ€™uth.[10]

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Tertulis dalam Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah:

ุงู„ุฃู’ูุถู’ุญููŠูŽุฉู ููŽุฑู’ุถูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฏููˆู†ูŽ ุฃูู…ู‘ูŽุชูู‡ู ู„ูุญูŽุฏููŠุซู ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุงู„ู’ู…ูุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูู…ู : ุซูŽู„ุงูŽุซูŒ ู‡ูู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ููŽุฑูŽุงุฆูุถู ูˆูŽู„ูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุทูŽูˆู‘ูุนูŒ : ุงู„ู†ู‘ูŽุญู’ุฑู ูˆูŽุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑู ูˆูŽุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽุง ุงู„ุถู‘ูุญูŽู‰

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย 

Berqurban adalah fardhu (wajib) atas Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, tidak bagi umatnya. Berdasarkan hadits dari Ibnu Abbas yang telah lalu: ada tiga hal yang diwajibkan kepada diriku,ย  namun bagi kalian adalah sunah: berqurban, witir, dan dua rakaat dhuha. [11]

Hadits yang disebutkan ini diriwayatkan olehย  Ahmad No. 2050. Ad Daruquthni dalam Sunannya, 2/21. Al Hakim dalam Al Mustadrak, 1/300. Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 4248. Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1119, Abdurrazzaq dalam Al Mushannaf No. 4573, Abu Nuโ€™aim dalam Hilayatul Auliya, 9/232. [12]ย  Wallahu Aโ€™lam

Bersambung ...

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

[1]ย  HR. Ibnu Majah No.ย  3123, Al Hakim No. 7565, Ahmad No. 8273, Ad Daruquthni No. 53, Al Baihaqi dalamย  Syuโ€™abul Imanย  No. 7334

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Hadits ini dishahihkan oleh Imam Al Hakim dalam Al Mustadraknya No. 7565, katanya:โ€œShahih sesuai syarat Bukhari dan Muslim, tapi keduanya tidak meriwayatkannya.โ€ Imam Adz Dzahabi menyepakati hal ini.

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Shahihul Jamiโ€™ No. 6490, namun hanya menghasankan dalam kitab lainnya seperti At Taโ€™liq Ar Raghib, 2/103, dan Takhrij Musykilat Al Faqr,No. 102.

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Sementara Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth mendhaifkan hadits ini, dan beliau mengkritik Imam Al Hakim dan Imam Adz Dzahabi dengan sebutan: โ€œwa huwa wahm minhuma โ€“ ini adalah wahm (samar/tidak jelas/ragu) dari keduanya.โ€ Beliau juga menyebut penghasanan yang dilakukan Syaikh Al Albani dengan sebutan: โ€œfa akhthaโ€™a โ€“ keliru/salah.โ€ (Lihat Taโ€™liq Musnad Ahmad No. 8273)
[2] Imam Amir Ash Shanโ€™ani, Subulus Salam,ย  6/308.ย ย 
[3] Ibid
[4] HR. Muslim No. 1977
[5] Berkata Imam An Nawawi tentang maksud hadits ini:ย 

ูˆูŽุงุฎู’ุชูŽู„ูŽููŽ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุก ูููŠู…ูŽู†ู’ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุนูŽุดู’ุฑ ุฐููŠ ุงู„ู’ุญูุฌู‘ูŽุฉ ูˆูŽุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุถูŽุญู‘ููŠูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุณูŽุนููŠุฏ ุจู’ู† ุงู„ู’ู…ูุณูŽูŠู‘ูุจ ูˆูŽุฑูŽุจููŠุนูŽุฉ ูˆูŽุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏ ูˆูŽุฅูุณู’ุญูŽุงู‚ ูˆูŽุฏูŽุงูˆูุฏ ูˆูŽุจูŽุนู’ุถ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจ ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ : ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุญู’ุฑูู… ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฃูŽุฎู’ุฐ ุดูŽูŠู’ุก ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุฑู‡ ูˆูŽุฃูŽุธู’ููŽุงุฑู‡ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูุถูŽุญู‘ููŠ ูููŠ ูˆูŽู‚ู’ุช ุงู„ู’ุฃูุถู’ุญููŠู‘ูŽุฉ

ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ ูˆูŽุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู‡ : ู‡ููˆูŽ ู…ูŽูƒู’ุฑููˆู‡ ูƒูŽุฑูŽุงู‡ูŽุฉ ุชูŽู†ู’ุฒููŠู‡ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุจูุญูŽุฑูŽุงู…ู ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุญูŽู†ููŠููŽุฉ : ู„ูŽุง ูŠููƒู’ุฑูŽู‡ ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุงู„ููƒ ูููŠ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉ : ู„ูŽุง ูŠููƒู’ุฑูŽู‡ ุŒ ูˆูŽูููŠ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉ : ูŠููƒู’ุฑูŽู‡ ุŒ ูˆูŽูููŠ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉ : ูŠูŽุญู’ุฑูู… ูููŠ ุงู„ุชู‘ูŽุทูŽูˆู‘ูุน ุฏููˆู† ุงู„ู’ูˆูŽุงุฌูุจ .ย 

ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Ulama berbeda pendapat tentang orang yang memasuki 10 hari bulan Zulhijjah dan orang yang hendak berquban. Saโ€™id bin Al Musayyib, Rabiโ€™ah, Ahmad, Ishaq, Daud, dan sebagian pengikut Asy Syafiโ€™I mengatakan: sesungguhnya haram baginya memotong rambut dan kukunya sampai dia berqurban pada waktuย  berqurban. Asy Syafiโ€™i dan pengikutnya mengatakan: hal itu makruh, yakni makruh tanzih (makruh mendekati boleh), tidak haram. Abu Hanifah mengatakan: tidak makruh. Malik mengatakan: tidak makruh. Pada riwayat lain dari Malik; makruh. Pada riwayat lain: diharamkan pada haji yang sunah, bukan yang wajib. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim,ย  6/472)

[6] Imam Amir Ash Shanโ€™ani, Subulus Salam, Juz. 6, Hal. 308-309.ย 
[7] Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu, 6/388
[8] HR. Ahmad,ย  ย No. 2917. Al Baihaqi, As Sunan Al Kubra, Juz. 9, Hal. 264. Ath Thabarani, Al Muโ€™jam Al Kabir No.ย  11802, 11803, 12044
[9]ย  Lihat Tahqiq Misykah Al Mashabih No. 5775
[10] Lihat Taโ€™liq Musnad Ahmad No. 2917, Cet. 1, 1421H-2001M. dengan tahqiq: Syuโ€™aib Al Arnaโ€™uth, Adil Mursyid, dan lainnya, Muasasah Ar Risalah
[11]ย  Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah,ย  2/ 259-260
[12] Dalam hadits ini terdapat rawi bernama Abu Janab Al Kalbi , Imam Al Baihaqi mengatakan:

ุฃูŽุจููˆ ุฌูŽู†ูŽุงุจู ุงู„ู’ูƒูŽู„ู’ุจูู‰ู‘ู ุงุณู’ู…ูู‡ู ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ ุจู’ู†ู ุฃูŽุจูู‰ ุญูŽูŠู‘ูŽุฉูŽ ุถูŽุนููŠููŒ ุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุฒููŠุฏู ุจู’ู†ู ู‡ูŽุงุฑููˆู†ูŽ ูŠูุตูŽุฏู‘ูู‚ูู‡ู ูˆูŽูŠูŽุฑู’ู…ููŠู‡ู ุจูุงู„ุชู‘ูŽุฏู’ู„ููŠุณู.

Abu Janab Al Kalbi namanya adalah Yahya bin Abi Hayyah, seorang yang dhaif. Adalah Yazid bin Harun yang menilainya jujur, namun menuduhnya sebagai pelaku tadlis (menggelapkan sanad atau matan). (Sunanul Kubra No. 4248)

Sementara Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah mengatakan:

ูˆู…ุฏุงุฑู‡ ุนู„ู‰ ุฃุจูŠ ุฌู†ุงุจย  ุงู„ูƒู„ุจูŠ ุนู† ุนูƒุฑู…ุฉ ูˆุฃุจูˆ ุฌู†ุงุจ ุถุนูŠู ูˆู…ุฏู„ุณ ุฃูŠุถุง ูˆู‚ุฏ ุนู†ุนู†ู‡ ูˆุฃุทู„ู‚ ุงู„ุฃุฆู…ุฉ ุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ุถุนู ูƒุฃุญู…ุฏ ูˆุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ ูˆุงุจู† ุงู„ุตู„ุงุญ ูˆุงุจู† ุงู„ุฌูˆุฒูŠ ูˆุงู„ู†ูˆูˆูŠ ูˆุบูŠุฑู‡ู…

Masalahnya seputar pada Abu Janab Al Kalbi dari โ€˜Ikrimah. Abu Janab adalah dhaif danmudallis juga, dan dia telah meriwayatkan secara โ€˜anโ€™anah. Para imam telah memutlakan bahwa hadits ini dhaif, seperti Imam Ahmad, Imam Al Baihaqi, Imam Ibnush Shalah, Imam Ibnul Jauzi, Imam An Nawawi, dan lainnya. (Imam Ibnu Hajar, At Talkhish Al Habir, 2/45, No. 530. Darul Kutub Al โ€˜Ilmiah)

ย  Imam Adz Dzahabi Rahimahullah dengan tegas mendhaifkan hadits ini:

ู…ุง ุชูƒู„ู…ูŽ ุงู„ุญุฃูƒู… ุนู„ูŠู‡ุŒ ูˆู‡ูˆ ุบุฑูŠุจ ู…ู†ูƒุฑุŒ ูˆูŠุญูŠู‰ ุถุบูู‡ ุงู„ู†ุณุงุฆูŠ ูˆุงู„ุฏุงุฑู‚ุทู†ูŠ.

Al Hakim tidak mengomentari hadits ini, dan hadits ini gharib munkar, dan Yahya didhaifkan oleh An Nasaโ€™i dan Ad Daruquthni. (Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth, Taโ€™liq Musnad AhmadNo. 2050)

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒย 

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Subscribe Youtube MANIS: https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

Follow IG MANIS :ย 
https://instagram.com/majelis_manis?igshid=YmMyMTA2M2Y=

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member :ย  https://bit.ly/gabungmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSI : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/62852-7977-6222
wa.me/6287782223130