Bolehkah Wanita Berhaji tanpa Didampingi Mahram?
Ustadz Menjawab
Hari/Tanggal : Kamis, 23 Mei 2024
Ustadz : Farid Nu'man Hasan
==========================
๐๐๐ธ๐๐๐ธ๐๐๐ธ๐๐
ุงูุณูุงู ุนูููู ูุฑุญู ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชุฉย
Ustadz... Saya mau bertanya,ย bagaimana hukumnya wanita yang melaksanakan haji atau umroh tanpa didampingi mahram, mohon jawabannya syukron
Jawaban
==========
ูุนูููู ุงูุณูุงู ูุฑุญู ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชุฉย
Bismillahirrahmanirrahim..
Wanita Haji Tanpa Mahram: BOLEH menurut mayoritas ulama, dan Inilah yang benar menurut Imam An Nawawi
Imam Asy Syafiโi Rahimahullah:
ูููู ูููุงู ุนู ุงูุดุงูุนู ุฃููุง ุชุณุงูุฑ ูุญุฏูุง ุฅุฐุง ูุงู ุงูุทุฑูู ุขู ูุงู
Dikutip perkataan dari Imam Asy Syafiโi bahwa seorang wanita boleh safar seorang diri (untuk haji) jika kondisi jalan aman. (Subulus Salam, 2/183)
Imam An Nawawi Rahimahullah:
ููุงู ุนุทุงุก ูุณุนูุฏ ุจู ุฌุจูุฑ ูุจู ุณูุฑูู ูู ุงูู ูุงูุฃูุฒุงุนู ูุงูุดุงูุนู ูู ุงูู ุดููุฑ ุนูู ูุง ูุดุชุฑุท ุงูู ุญุฑู ุจู ูุดุชุฑุท ุงูุฃู ู ุนูู ููุณูุง ูุงู ุฃุตุญุงุจูุง ูุญุตู ุงูุฃู ู ุจุฒูุฌ ุฃู ู ุญุฑู ุฃู ูุณูุฉ ุซูุงุช ููุง ููุฒู ูุง ุงูุญุฌ ุนูุฏูุง ุงูุง ุจุฃุญุฏ ูุฐู ุงูุฃุดูุงุก ููู ูุฌุฏุช ุงู ุฑุฃุฉ ูุงุญุฏุฉ ุซูุฉ ูู ููุฒู ูุง ููู ูุฌูุฒ ููุง ุงูุญุฌ ู ุนูุง ูุฐุง ูู ุงูุตุญูุญ
Dan berkata โAtha, Said bin Jubeir, Ibnu Sirin, Malik, Al Auzaโi, Asy Syafiโi, dan yang masyhur darinya bahwa adanya mahram bukan syarat, tetapi yang menjadi syarat adalah adanya rasa aman bagi dirinya. Para sahabat kami (Syafiโiyah) mengatakan bahwa rasa aman itu bisa diperoleh dengan suami atau mahram atau wanita-wanita terpercaya, bagi kami kaum wanita tidaklah wajib baginya kecuali satu di antara hal-hal ini, seandainya dia dapatkan satu orang wanita terpercaya maka boleh baginya haji bersamanya. DAN INILAH YANG BENAR. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 9/104)
Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah:
.ููุงู ุงุจู ุชู ูู ุฉ: ุฅูู ูุตุญ ุงูุญุฌ ู ู ุงูู ุฑุฃุฉ ุจุบูุฑ ู ุญุฑู ูู ู ุบูุฑ ุงูู ุณุชุทูุน
Imam Ibnu Taimiyah berkata: bahwa Sah hajinya seorang wanita yang pergi tanpa mahram dan hajinya orang yang tidak mampu. (Subulus Salam, 2/184)
Imam Ibnu Hazm Rahimahullah:
ูุฅูู ุง ุงุฎุชูููุง ููู ุง ูุงู ูุงุฌุจุง ูุงุณุชูุจุท ู ูู ุจู ุญุฒู ุฌูุงุฒ ุณูุฑ ุงูู ุฑุฃุฉ ุจุบูุฑ ุฒูุฌ ููุง ู ุญุฑู ููููู ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู ูู ูุฃู ุฑ ุจุฑุฏูุง ููุง ุนุงุจ ุณูุฑูุง
Para ulama berselisih pendapat tentang safarnya wanita dalam ibadah yang wajib. Imam Ibnu Hazm berpendapat bolehnya safar seorang wanita tanpa suaminya atau tanpa mahramnya sebab kenyataannya Nabi ๏ทบ tidak memerintahkan wanita itu untuk kembali dan tidak mencela safarnya. (Fathul Bari, 4/78)
Imam Ibnu Hajar Rahimahullah:
ูุงุณุชุฏู ุจุญุฏูุซ ุนุงุฆุดุฉ ูุฐุง ุนูู ุฌูุงุฒ ุญุฌ ุงูู ุฑุฃุฉ ู ุน ู ู ุชุซู ุจู ููู ูู ููู ุฒูุฌุง ููุง ู ุญุฑู ุง
Hadits โAisyah ini menjadi dalil bolehnya haji seorang wanita bersama orang-orang terpercaya walau pun tidak bersama suaminya dan tanpa mahramnya. (Fathul Bari, 4/75)
โ Hadits Aisyah Radhiallahu โAnha yang mana yang dimaksud? Yaitu pertanyaan Aisyah Radhiallahu โAnha:
ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุฃูููุง ููุบูุฒูู ููููุฌูุงููุฏู ู ูุนูููู ู ููููุงูู ููููููู ุฃูุญูุณููู ุงููุฌูููุงุฏู ููุฃูุฌูู ููููู ุงููุญูุฌูู ุญูุฌูู ู ูุจูุฑููุฑู ููููุงููุชู ุนูุงุฆูุดูุฉู ููููุง ุฃูุฏูุนู ุงููุญูุฌูู ุจูุนูุฏู ุฅูุฐู ุณูู ูุนูุชู ููุฐูุง ู ููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู
Wahai Rasulullah, boleh kami berperang dan berjihad bersamamu?
Nabi bersabda: โJihad terbaik dan terindah adalah haji yang mabrur.โ
Lalu โAisyah berkata: โMaka aku tidak pernah meninggalkan haji setelah aku mendengarkan perkataan ini dari Rasulullah ๏ทบ .โ (HR. Al Bukhari No. 1728)
Hadits ini juga di komentara Imam Ibnu Baththal Rahimahullah sebagai berikut:
ูุฐู ุงูุญุงู ุชุฑูุน ุชุญุฑูุฌ ุงูุฑุณูู ( ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ) ุนู ุงููุณุงุก ุงูู ุณุงูุฑุงุช ุจุบูุฑ ุฐู ู ุญุฑู ุ ูุฐูู ูุงู ู ุงูู ูุงูุฃูุฒุงุนู ูุงูุดุงูุนู : ุชุฎุฑุฌ ุงูู ุฑุฃุฉ ูู ุญุฌุฉ ุงููุฑูุถุฉ ู ุน ุฌู ุงุนุฉ ุงููุณุงุก ูู ุฑููุฉ ู ุฃู ููุฉ ูุฅู ูู ููู ู ุนูุง ู ุญุฑู ุ ูุฌู ููุฑ ุงูุนูู ุงุก ุนูู ุฌูุงุฒ ุฐูู ุ ููุงู ุงุจู ุนู ุฑ ูุญุฌ ู ุนู ูุณูุฉ ู ู ุฌูุฑุงูู ุ ููู ููู ุนุทุงุก ูุณุนูุฏ ุจู ุฌุจูุฑ ูุงุจู ุณูุฑูู ูุงูุญุณู
Keadaan ini menghilangkan larangan Rasulullah ๏ทบ bagi wanita yang safar tanpa mahram, demikian juga perkataan Malik, Al Auzaโi, Asy Syafiโi: โKeluarnya wanita pergi haji yang wajib bersama jamaah wanita yang terpercaya, walau tidak ada mahram bersamanya. MAYORITAS ULAMA MEMBOLEHKAN ITU. Dahulu Ibnu Umar haji bersama wnaita tetangganya. Ini merupakan pendapat โAtha, Saโid bin Jubeir, Ibnu Sirin, dan Al Hasan Al Basri. (Syarh Shahih Al Bukhari, 4/532)
โ Lalu bagaimana dengan hadits โJanganlah seorang wanita bepergian KECUALI bersama mahramnyaโ?
Hadits tersebut dikomentari oleh para ulama, sebagai berikut:
ูุญู ูู ู ุงูู ูุฌู ููุฑ ุงููููุงุก ุนูู ุงูุฎุตูุต ุ ูุฃู ุงูู ุฑุงุฏ ุจุงูููู ุงูุฃุณูุงุฑ ุบูุฑ ุงููุงุฌุจุฉ ุนูููุง ุจุนู ูู ูููู ุชุนุงูู : ( ูููููููู ุนูููู ุงููููุงุณู ุญูุฌูู ุงููุจูููุชู ) [ ุขู ุนู ุฑุงู : 97 ] ูุฏุฎูุช ุงูู ุฑุฃุฉ ูู ุนู ูู ูุฐุง ุงูุฎุทุงุจ ููุฒู ูุง ูุฑุถ ุงูุญุฌ ุ ููุง ูุฌูุฒ ุฃู ุชูู ูุน ุงูู ุฑุฃุฉ ู ู ุงููุฑูุถ ูู ุง ูุง ุชู ูุน ู ู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุตูุงู ุ ุฃูุง ุชุฑู ุฃู ุนูููุง ุฃู ุชูุงุฌุฑ ู ู ุฏุงุฑ ุงูููุฑ ุฅูู ุฏุงุฑ ุงูุฅุณูุงู ุฅุฐุง ุฃุณูู ุช ููู ุจุนูุฑ ู ุญุฑู ุ ููุฐูู ูู ูุงุฌุจู ุนูููุง ุฃู ุชุฎุฑุฌ ููู ุ ูุซุจุช ุจูุฐุง ุฃู ูููู ุนููู ุงูุณูุงู ุฃู ุชุณุงูุฑ ุงูู ุฑุฃุฉ ู ุน ุบูุฑ ุฐู ู ุญุฑู ุฃูู ุฃุฑุงุฏ ุจุฐูู ุณูุฑูุง ุบูุฑ ูุงุฌุจ ุนูููุง ุ ูุงููู ุฃุนูู
Malik dan MAYORITAS ULAMA mengartikannya secara khusus (bukan untuk semua safar), maksud larangan tersebut adalah untuk safar-safar yang TIDAK WAJIB, berdasarkan keumuman firman Allah ๏ทป : mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah (QS. Ali Imran: 97), dan kaum wanita termasuk pada keumuman pembicaraan ayat ini dan kewajiban haji.
Dan, TIDAK BOLEH MELARANG WANITA dari kewajiban-kewajiban, sebagaimana tidak boleh melarang mereka dari shalat dan puasa. Tidakkah Anda melihat, bahwa wanita diwajibkan berhijrah dari negeri kafir ke negeri Islam, jika di negeri kafir dia tidak memiliki mahram? Maka, demikian juga semua kewajiban yang mengharuskannya dia keluar dari negerinya. Maka, dengan ini telah pasti bahwa larangan Nabi ๏ทป tentang safarnya kaum wanita tanpa mahram adalah pada perjalanan yang tidak wajib baginya. Wallahu Aโlam ( Syarh Shahih Al Bukhari, 4/532-533)
Namun demikian, dengan mahram atau suaminya tentu lebih baik.
โ Sebagian ulama ada yang tetap melarang wanita haji tanpa suami dan mahram, karena menurut mereka larangan tersebut berlaku untuk semua safar. Inilah pendapat Abu Hanifah, Ahmad, Ishaq, dan Abu Tsaur. (Ibid, 4/532)
Demikian. Wallahu Aโlam
๐๐๐ธ๐๐๐ธ๐๐๐ธ
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis
๐ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSI : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130