Kenapa Umat Islam Terpuruk?

Hari/Tanggal: Ahad, 28 April 2024ย 
Ustadz : Farid Nu'man Hasan
=================
๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ

*Pertanyaan:*
==========
ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Ustadz..
Apakah kondisi umat Islam saat ini yang begitu sulit bersatu dalam hal membela Palestina disebabkan tidak adanya/tidak tegaknya khilafah?ย 
Apakah faham nasionalisme negara-negara Islam membatasinya untuk secara langsung (umpamanya) menekan tidak terjadinya peperangan ?

*Jawaban*
=========

ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡ย 

Terpuruknya umat Islam dan kehinaan yang dialaminya memiliki banyak sebab, bukan hanya ketiadaan khilafah Islamiyah. Jatuhnya Baitul Maqdis ke tangan pasukan Salib di Abad 5 H, dan jatuhnya Baghdad dan Qordoba, bukan karena ketiadaan Khilafah, saat itu khilafah pun sudah ada.

Yang paling utama adalah menjauhnya umat Islam dari keislamannya sendiri. Islam hanya kulitnya saja tapi ajarannya ditinggalkan, sehingga tidak memiliki ruh dan kehilangan semangat pembelaan kepada agama.

Umar bin Khattab Radhiallahu 'Anhu berkata:

ุฃู†ุง ูƒู†ุง ุฃุฐู„ ู‚ูˆู… ูุฃุนุฒู†ุง ุงู„ู„ู‡ ุจุงู„ุฅุณู„ุงู… ูู…ู‡ู…ุง ู†ุทู„ุจ ุงู„ุนุฒ ุจุบูŠุฑ ู…ุง ุฃุนุฒู†ุง ุงู„ู„ู‡ ุจู‡ ุฃุฐู„ู†ุง ุงู„ู„ู‡

Dahulu kita adalah kaum yang hina, lalu Allah muliakan kita dengan Islam, maka jika kita mencari kemuliaan selain dari apa yang Allah turunkan (yaitu Islam), maka Allah akan hinakan kita.

(Imam Al Hakim, Al Mustadrak 'Alash Shaihain, katanya: shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim. Dan disepakati Adz Dzahabi dalam Talkhisnya)

Syaikh Amir bin Muhammad Al Madari berkata:

ุฅู†ู†ุง ู„ู† ู†ุฎุฑุฌ ู…ู…ุงู†ุญู† ููŠู‡ ู…ู† ุงู„ุฐู„ ูˆุงู„ุตุบุงุฑ ูˆู„ู† ู†ู†ุงู„ ุงู„ุนุฒุฉ ูˆุงู„ูƒุฑุงู…ุฉ ุฅู„ุง ุฅุฐุง ุนุฏู†ุง ุฅู„ู‰ ุฏูŠู†ู†ุง ูˆุชู…ุณูƒู†ุง ุจุฅุณู„ุงู…ู†ุง ููƒู…ุง ู‚ุงู„ ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ : ู†ุญู† ู‚ูˆู… ุฃุนุฒู†ุง ุงู„ู„ู‡ ุจุงู„ุฅุณู„ุงู… ูุฅู† ุงุจุชุบูŠู†ุง ุงู„ุนุฒุฉ ุจุบูŠุฑู‡ ุฃุฐู„ู†ุง ุงู„ู„ู‡

Kita tidak akan mampu keluar dari kondisi hina dan kecil seperti saat ini, dan tidak akan pernah sampai kondisi mulia dan terhormat, kecuali jika kita kembali kepada agama kita dan kita berpegang erat dengan keislaman kita, sebagaimana perkataan Umar bin Al Khathab Radhiallahu โ€˜Anhu: Kita adalah kaum yang telah Allah muliakan dengan Islam, maka jika kita mencari kemuliaan selain dari Islam maka Allah akan hinakan kita.ย  (Al Mawaaโ€™izh Al Imaniyyah minal Ayaat Al Quraniyah, Hal. 250)

Sebab lainnya adalah wahn, cinta dunia dan takut mati.

ุนูŽู†ู’ ุซูŽูˆู’ุจูŽุงู†ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠููˆุดููƒู ุงู„ู’ุฃูู…ูŽู…ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุฏูŽุงุนูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูƒูŽู…ูŽุง ุชูŽุฏูŽุงุนูŽู‰ ุงู„ู’ุฃูŽูƒูŽู„ูŽุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ู‚ูŽุตู’ุนูŽุชูู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงุฆูู„ูŒ ูˆูŽู…ูู†ู’ ู‚ูู„ู‘ูŽุฉู ู†ูŽุญู’ู†ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽู„ู’ ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ูƒูŽุซููŠุฑูŒ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุบูุซูŽุงุกูŒ ูƒูŽุบูุซูŽุงุกู ุงู„ุณู‘ูŽูŠู’ู„ู ูˆูŽู„ูŽูŠูŽู†ู’ุฒูŽุนูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุตูุฏููˆุฑู ุนูŽุฏููˆู‘ููƒูู…ู’ ุงู„ู’ู…ูŽู‡ูŽุงุจูŽุฉูŽ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽูŠูŽู‚ู’ุฐูููŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠ ู‚ูู„ููˆุจููƒูู…ู’ ุงู„ู’ูˆูŽู‡ู’ู†ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงุฆูู„ูŒ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽุง ุงู„ู’ูˆูŽู‡ู’ู†ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุญูุจู‘ู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽูƒูŽุฑูŽุงู‡ููŠูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชู

Dari Tsauban ia berkata, "Rasulullah ๏ทบ bersabda:

"Hampir-hampir bangsa-bangsa mengeroyok kalian (umat Islam), layaknya memperebutkan makanan yang berada di atas tempat makan."

Seorang laki-laki berkata, "Apakah kami waktu itu berjumlah sedikit?"

ย Beliau menjawab: "Justru jumlah kalian pada waktu itu sangat banyak, namun kalian seperti buih di genangan air. Sungguh Allah mencabut rasa takut musuh kalian kepada kalian, dan Allah tanamkan ke dalam hati kalian Al Wahn."

Seseorang lalu berkata, "Wahai Rasulullah, apa itu Al Wahn?" beliau menjawab: "Cinta dunia dan takut mati."

(HR. Abu Daud no. 4297. Shahih)

Oleh karena banyak PR umat Islam, yaitu:

- Kuatkan aqidah
- Eratkan ukhuwah
- Satukan langkah
- Lapang dada terhdap khilafiyahย 
- Jadikan akhirat orientasi utama
- Jadikan cita-cita tertinggi adalah mati syahid walau akhirnya mati di atas pembaringanย 
- Mengangkat pemimpin yang cinta agama, dekat dgn ulama, dan juga bervisi Islam dan menjadikan Islam sebagai soko guru dunia (Ustadziyatul 'Alam).

Demikian. Wallahu Aโ€™lam.

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

Follow IG MANIS :ย 
https://instagram.com/majelis_manis?igshid=YmMyMTA2M2Y=

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/Joinmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSI : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/6285279776222
wa.me/6287782223130