Bolehkah Shalat Lagi Setelah Witir?

ย 

Ustadz Menjawab

Hari/Tanggal : Selasa,, 19 Maret 2024

Ustadz : Farid Nu'man Hasan

==========================

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

ย 

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชุฉย 

ย 

Ustadz... Saya mau bertanya, benar tidak setelah shalat sholat tarwih dan witir berjamaah tdk bisa sholat tahajud lagi karena sdh di tutup witir ?ย 

Mohon penjelasannya ..

dari grup manis usradz.

ย 

Jawaban

==========

ย 

ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชุฉย 

ย 

Bismillahirrahmanirrahim..

ย 

Banyak yang menyangka witir sebagai penutup shalat, sehingga tidak boleh lagi shalat. Yang benar adalah BOLEH, karena Nabi ๏ทบ melakukannya, dan anjuran menjadikan witir sebagai penutup shalat malam sifatnya sunah saja.

Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata:

ย 

ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุซูŽุจูŽุชูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ( ยซูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุฌูŽุงู„ูุณู‹ุง ุชูŽุงุฑูŽุฉู‹ุŒ ูˆูŽุชูŽุงุฑูŽุฉู‹ ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ูููŠู‡ูู…ูŽุง ุฌูŽุงู„ูุณู‹ุงุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฑู’ูƒูŽุนูŽุŒ ู‚ูŽุงู…ูŽ ููŽุฑูŽูƒูŽุนูŽยป ุŒ ูˆูŽูููŠ "ุตูŽุญููŠุญู ู…ุณู„ู… " ุนูŽู†ู’ ุฃุจูŠ ุณู„ู…ุฉ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ยซ (ุณูŽุฃูŽู„ู’ุชู ุนุงุฆุดุฉ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ุนูŽู†ู’ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽุชู’: (ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠุซูŽู„ูŽุงุซูŽ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ุŒ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุซูŽู…ูŽุงู†ูŽ ุฑูŽูƒูŽุนูŽุงุชูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠููˆุชูุฑูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฌูŽุงู„ูุณูŒุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฑู’ูƒูŽุนูŽุŒ ู‚ูŽุงู…ูŽ ููŽุฑูŽูƒูŽุนูŽุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูุฏูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู‚ูŽุงู…ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุงู„ุตู‘ูุจู’ุญู) ยป ูˆูŽูููŠ "ุงู„ู’ู…ูุณู’ู†ูŽุฏู" ุนูŽู†ู’ ุฃู… ุณู„ู…ุฉ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽุŒ ( ยซูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุฎูŽูููŠููŽุชูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฌูŽุงู„ูุณูŒ (

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ: ุฑููˆููŠูŽ ู†ูŽุญู’ูˆู ู‡ูŽุฐูŽุง ุนูŽู†ู’ ุนุงุฆุดุฉุŒ ูˆุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ุฉุŒ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑู ูˆูŽุงุญูุฏู ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ.

ูˆูŽูููŠ "ุงู„ู’ู…ูุณู’ู†ูŽุฏู" ุนูŽู†ู’ ุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ุฉุŒ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽุŒ ( ยซูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฌูŽุงู„ูุณูŒุŒ ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ูููŠู‡ูู…ูŽุง ุจูู€ {ุฅูุฐูŽุง ุฒูู„ู’ุฒูู„ูŽุชู} [ุงู„ุฒู„ุฒู„ุฉ: ูก] ูˆูŽ {ู‚ูู„ู’ ูŠูŽุงุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑููˆู†ูŽ} [ุงู„ูƒุงูุฑูˆู†: ูก [ูˆูŽุฑูŽูˆูŽู‰ ุงู„ุฏู‘ูŽุงุฑูŽู‚ูุทู’ู†ููŠู‘ู ู†ูŽุญู’ูˆูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุญูŽุฏููŠุซู ุฃู†ุณ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู.

ย 

Telah SHAHIH dari Nabi ๏ทบ bahwa: (Beliau shalat lagi setelah witir sebanyak dua rakaat kadang sambil duduk). Dalam kesempatan lain, Beliau pernah membaca dua rakaat itu sambil duduk dan ketika hendak ruku Beliau berdiri untuk ruku.

ย 

Disebutkan dalam SHAHIH MUSLIM dari Abu Salamah, dia berkata: Aku bertanya kepada 'Aisyah tentang Shalat Rasulullah ๏ทบ, lalu dia memjawab:

ย 

"Beliau ๏ทบ biasanya melakukan shalat 13 rakaat. Menunaikan 8 raka'at, lalu witir, kemudian shalat 2 raka'at lagi dengan duduk, dan apabila hendak ruku beliau berdiri lalu ruku. Kemudian, Beliau nantinya shalat lagi antara azan dan iqamah shubuh."

ย 

Di dalam Musnad disebutkan dari Ummi Salamah Radhiallahu 'Anha, "Bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam melakukan shalat 2 rakaat ringan dengan duduk setelah shakat witir." (HR. Ahmad, No. 26553, Ibnu Majah No. 1195. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dan Syaikh Syuโ€™aib Al Arnauth)

Kata Imam At Tirmidzi: "Hadits seperti ini juga diriwayatkan oleh Aisyah, Abu Umamah, dan tidak hanya satu sahabat Nabi ๏ทบ."

ย 

Dalam Musnad juga disebutkan, dari Abu Umamah: "Bahwa setelah shalat witir, Rasulullah ๏ทบ melakukan shalat 2 rakaat dengan duduk dan membaca surat Al Zalzalah dan Al Kafirun." (HR. Ahmad, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 5018, Ath Thabarani dalam Al Muโ€™jam Al Kabir No. 8065. Sanadnya hasan)

ย 

Imam Ad Daruquthni meriwayatkan hadits yang sama dari Anas bin Malik Radhiallahu 'Anhu. (Selesai)

ย 

Lalu Imam Ibnul Qayyim mengutip dari para ulama:

ย 

ย ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ููŽุนูŽู„ูŽ ู‡ูŽุงุชูŽูŠู’ู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ูุŒ ู„ููŠูุจูŽูŠู‘ูู†ูŽ ุฌูŽูˆูŽุงุฒูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑูุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ููุนู’ู„ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽู‚ู’ุทูŽุนู ุงู„ุชู‘ูŽู†ูŽูู‘ูู„ูŽุŒ ูˆูŽุญูŽู…ูŽู„ููˆุง ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽู‡ู: ( ยซุงุฌู’ุนูŽู„ููˆุง ุขุฎูุฑูŽ ุตูŽู„ูŽุงุชููƒูู…ู’ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ูˆูุชู’ุฑู‹ุงยป ) ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ูุงุณู’ุชูุญู’ุจูŽุงุจูุŒ ูˆูŽุตูŽู„ูŽุงุฉูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุฒู.

ย 

Sesungguhnya dilakukannya dua rakaat ini hanyalah untuk menjelaskan BOLEHNYA SHALAT SETELAH WITIR, bahwasanya shalat witir itu tidaklah memutuskan shalat. Mereka memaknai maksuda hadits Nabi : "Jadikankah akhir shalat kalian pada malam hari adalah witir", itu menunjukkan sunah saja, dan shalat dua rakaat setelahnya itu dibolehkan." (Lihat semua dalam Zaadul Ma'ad fi Hadyi Khairil 'Ibaad, 1/321-323)

ย 

ย Tidak Boleh Dua Kali Witir Dalam Semalam

ย 

Ada sebuah hadits yang melarang dua kali shalat witir dalam satu malam. Dari Qais bin Thalq, Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ย 

ู„ูŽุง ูˆูุชู’ุฑูŽุงู†ู ูููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉ

ย 

โ€œTidak ada dua witir dalam satu malam.โ€ (HR. At Tirmidzi No. 470, katanya: ha

ย 

san, Abu Daud No. 1439, An Nasaโ€™i No. 1679, juga dalam As Sunan Al Kubra-nya No. No. 1388, Ahmad No. 16339, Ibnu Hibban No. 2449, Ibnu Khuzaimah No. 1101, dll. Imam Ibnul Mulqin mengatakan: hasan. Lihat Badrul Munir, 4/317. Al Hafizh Ibnu Hajar juga menghasankannya. Lihat Fathul Bari, 2/488)ย 

ย 

Para ulama berbeda pendapat tentang orang yang sudah witir di awal malam, apakah di akhir malam witir lagi? berkata Imam At Tirmidzi:

ย 

ูˆูŽุงุฎู’ุชูŽู„ูŽููŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ูููŠ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠููˆุชูุฑู ู…ูู†ู’ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู…ู ู…ูู†ู’ ุขุฎูุฑูู‡ู ููŽุฑูŽุฃูŽู‰ ุจูŽุนู’ุถู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูู…ู’ ู†ูŽู‚ู’ุถูŽ ุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ููˆุง ูŠูุถููŠูู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ูˆูŽูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ู…ูŽุง ุจูŽุฏูŽุง ู„ูŽู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ูŠููˆุชูุฑู ูููŠ ุขุฎูุฑู ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูˆูุชู’ุฑูŽุงู†ู ูููŠ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฅูุณู’ุญูŽู‚ู

ย 

Para ulama berbeda pendapat tentang orang yang witir pada awal malam, lalu dia mendirikan lagi pada akhir malam. Sebagian ulama dari kalangan sahabat nabi dan setelah mereka menyatakan witir tersebut (yg awal) batal/gugur. Mereka mengatakan: hendaknya dia menambahkan witirnya itu satu rakaat lagi lalu dia shalat seperti permulaan kemudian barulah dia witir pada akhir shalatnya, hal ini karena tidak ada dua witir pada satu malam. Ulama yang berpendapat seperti ini adalah Ishaq. (Sunan At Tirmidzi No. 470) Hal ini dilakukan oleh para sahabat Radhiallahu โ€˜Anhum, seperti Utsman, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, dan Saโ€™ad bin Malik. (Tuhfah Al Ahwadzi, 2/469)

ย 

Jadi tidak boleh dua kali witir, jika dilakukan juga maka witir yang kedua adalah batal. Namun jika setelah bangun dia memulai dengan satu rakaat untuk menggenapkan witir sebelumnya, lalu shalat lagi seperti awal dia shalat, barulah dia boleh witir, karena witir sebelumnya sudah digenapkan dengan satu rakaat tadi. Maka, witir yang dilakukan terakhir itulah witir yang sebenarnya.

ย 

Imam At Tirmidzi Rahimahullah berkata tentang pendapat kedua:

ย 

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽูˆู’ุชูŽุฑูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ุซูู…ู‘ูŽ ู†ูŽุงู…ูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุงู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุขุฎูุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ู…ูŽุง ุจูŽุฏูŽุง ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ู‚ูุถู ูˆูุชู’ุฑูŽู‡ู ูˆูŽูŠูŽุฏูŽุนู ูˆูุชู’ุฑูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุณููู’ูŠูŽุงู†ูŽ ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุฑููŠู‘ู ูˆูŽู…ูŽุงู„ููƒู ุจู’ู†ู ุฃูŽู†ูŽุณู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ู ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ูƒููˆููŽุฉู ูˆูŽุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ุฃูŽุตูŽุญู‘ู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุฏู’ ุฑููˆููŠูŽ ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ูˆูŽุฌู’ู‡ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑู

ย 

ย  Sebagian ulama dari sahabat Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam dan selain mereka mengatakan bahwa jika seorang melakukan witir di awal malam kemudian dia tidur lalu shalat lagi di akhir malam, maka dia shalat sebagaimana awal dia melakukan, hal itu tidak membatalkan witirnya itu dan tidak usah dia tinggalkan witir yang sudah dia lakukan. Inilah pendapat Sufyan Ats Tsauri, Malik bin Anas, Ibnul Mubarak, Asy Syafiโ€™i, penduduk Kufah, dan Ahmad, inilah pendapat yang lebih shahih. Diriwayatkan dari jalan lain bahwa Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam melakukan shalat setelah dia witir. (Sunan At Tirmidzi No. 470)

ย 

Berkata Syaikh Abdurrahman Mubarkafuri Rahimahullah:

ย 

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงูุจู’ู†ู ุงู„ู’ุนูŽุฑูŽุจููŠูู‘ ูููŠ ุนูŽุงุฑูุถูŽุฉู ุงู„ู’ุฃูŽุญู’ูˆูŽุฐููŠูู‘ : ู…ูŽุนู’ู†ูŽุงู‡ู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽูˆู’ุชูŽุฑูŽ ูููŠ ุขุฎูุฑู ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ู ุซูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู„ูŽุง ูŠูุนููŠุฏู ุงู„ู’ูˆูุชู’ุฑูŽ ุงูู†ู’ุชูŽู‡ูŽู‰ .

ย 

โ€œBerkata Ibnul โ€˜Arabi dalam โ€˜Aridhah Al Ahwadzi: Artinya adalah bahwa barangsiapa yang shalat witir pada akhir malam kemudian shalat setelahnya, maka hendaknya dia tidak mengulangi witir, selesai. โ€œ (Syaikh Abdurrahman Mubarakafuri, Tuhfah al Ahwadzi, 2/469)

ย 

ย  Jadi, pendapat kedua adalah ketika telah melakukan shalat witir di awal malam, lalu tidur, maka ketika bangun, hendaknya shalat malam dilakukan seperti biasa saja tidak susah membatalkan witir sebelumnya dengan menambahkan satu rakaat. Selesainya tidak usah lagi ada witir, karena witirnya sudah dilakukan pada awal malam. Inilah pendapat yang benar menurut Imam At Tirmidzi.

ย 

Wallahu A'lam

ย 

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ

ย 

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

ย 

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

ย 

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

ย 

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

ย 

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa

An. Yayasan Manis

No Rek BSI : 7113816637

Konfirmasi:

wa.me/6285279776222

wa.me/6287782223130