I'tikaf, Karpet Merah Meraih Malam Kemuliaan

Rabu, 3 April 2024. Panitia Gema Ramadan 1445H, mengundang jamaah masjid Baitussalam untuk melaksanakan i'tikaf di Masjid Raya Al Musyawarah Kelapa Gading pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

Sd

Panitia meyakini bahwa banyak jamaah Baitussalam yang melaksanakan ibadah itikaf ini di masjid dekat rumah, akan tetapi terdapat beberapa jamaah yang memang menginginkan untuk itikaf di masjid terdekat dengan kantor sehingga setelah i'tikaf bisa langsung menuju ke kantor tanpa khawatir telat.

I'tikaf dilakukan terpusat di Masjid Raya Al Musyawarah Kelapa Gading karena selain masjid terdekat, di masjid ini suasananya begitu nyaman, luas dan terdapat berbagai pilihan aktivitas ibadah yang disajikan antara lain Sholat Tarawih dan Kultum Tarawih, Kajian Malam, Kajian Tengah Malam, Muhassabah dan Doa, Qiyamul Lail dan Tadarus bersama Ba'da sholat Subuh. Selain aktivitas tersebut, peserta itikaf juga dipersilahkan jika ingin melaksanakan ibadah mandiri (fardhiyah).
 

Ds
Masjid yang luas dan nyaman

Lebih dari itu, ketika waktu sahur, meskipun masjid tidak menyediakan menu sahur, tapi terdapat warga berjualan di dekat masjid dan para peserta itikaf bisa sahur bersama di area aula masjid, tampak juga banyak keluarga yang memanfaatkan ruang ini untuk sahur bersama.

Hingga menjelang malam 26 Ramadhan terdapat lebih dari 5 karyawan yang melaksanakan i'tikaf di masjid ini. Adapun karyawan yang berpartisipasi memenuhi undangan ini antara lain Muhammad Yusvika, Rizki Adiyono, Muhammad Ishak Muslim, Tupon Setiawan, Nur Kholis dan Abdullah. Tentu harapannya, ibadah ini juga dilakukan oleh jamaah lain, tidak harus di masjid ini tapi bisa di masjid lain sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

Xxx
Suasana Tadarus Quran Bada Subuh

Yang terpenting bahwa ibadah itikaf adalah ibadah sunnah yang mulia yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW di 10 malam terakhir Ramadhan, karena pada dasarnya itikaf adalah karpet merah dalam meraih malam kemuliaan (lailatul qadr), karena dengan itikaf, insyaa Allah kesempatan untuk meraih malam tersebut lebih besar. 

Wallahu'alam bishowwab
Tupon Setiawan - DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia

Tag
Akhir Ramadan