Ikut Workshop Menulis, Agar Tulisan Tambah Manis

Sabtu, 23 Maret 2024. Workshop Menulis bersama Bp. Bambang P. Jatmiko sungguh inspiratif, penuh tip dan trik serta menarik perhatian bagi sekitar lebih dari 60 insan Astra yang tertarik di bidang jurnalis, minimal menulis untuk Kabar Ramadhan dalam rangkaian Astra Gema Islami 2024.

Pak Bambang, Redaktur Kompas.com, pun menantang para peserta untuk bisa membuat caption dari dua foto yang disajikan dengan konteks berita yang telah disusun dan saya mencoba untuk berpartisipasi dan berikut adalah caption yang coba saya buat.

ss
Tugas 1 - Sayang Dibuang, Mending Barang Dilelang

 

Ahad, 25 Februari 2024. Yayasan Amanah Astra (YAA) melalui Program Sedekah Barang, mengajak insan Astra bersedekah barang yang tidak terpakai di sela-sela pertandingan Kambing CUP 2024, dimana barang akan dilelang dan hasil lelang barang dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas kebaikan.

Pelelangan dilakukan secara online melalui website amaliah.id dan insan Astra dapat memberikan penawaran langsung atas barang-barang yang diincar dan dibutuhkan.

“Lelang Sedekah Barang ini diminati oleh karyawan Grup Astra karena barang yang ditawarkan lebih murah.” ungkap Ganjar

Jadi sayang dari pada barang dibuang, mending barang dilelang karena selain berpahala, Insyaa Allah barang tersebut lebih bermanfaat bagi pemenang lelang.

dd
Tugas 2 - Ingin Bumi Cantik, Jangan Bawa Botol Plastik

 

Ahad, 25 Februari 2024. Komitmen Astra Gema Islami terhadap Astra Sustainability kembali dibuktikan dalam penyelenggaraan Kambing CUP 2024 dimana Panitia tidak menyediakan minuman kemasan dan melarang peserta membawa botol plastik atau kemasan, karena dengan komitmen ini, maka panitia telah berusaha menjalin hubungan baik dengan alam (Hablum Minal Alam).

Tidak tanpa solusi, komitmen tersebut diaktualisasikan melalui Kampanye Zero Waste Amaliah, dimana panitia menyediakan begitu banyak galon isi ulang yang bisa dimanfaatkan para peserta Kambing Cup untuk bisa mengisi ulang tumbler-tumbler mereka.

Alhasil, sampah plastik signifikan berkurang dan komitmen ini akan menjadi bukti bahwa insan Astra ingin Bumi Semakin Cantik tanpa Botol Plastik.

Dua tugas tersebut dikirimkan ke email pak Bambang dan beliau berjanji akan memberikan feedback atas caption yang telah dikirimkan. Nah, penasaran feedback yang diberikan seperti apa? Akan diulas di artikel berikutnya yah. Terima kasih

Tupon Setiawan

DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia