Masjid Pama Sangatta_20/03/24

Pada momen malam ke 8 Ramadhan ini, Panitia Ramadhan Pama Sangatta mengadakan Tabligh Akbar bertema “Internalisasi Karakter Amanah ” di Masjid Al Barokah Pama Sangatta pada Selasa (19/03/2024) selepas serangkaian sholat Isya dan Taraweh selesai.

s
Talk Show Perjalanan Hijrah Sang Gitaris dipandu oleh Aris Stiyawan

Waktu menunjukkan pukul 20.30 Wita, acara talk show dimulai. Sebelum dimulai, agar jamaah cair dan santai, moderator membagikan hadiah untuk jamaah yang berani tampil ke depan.Dalam penyampaiannya, Sakti lebih banyak berbagi kisah hijrahnya dari segala macam bentuk kemaksiatan saat dirinya masih hidup glamor menjadi gitaris So7, hingga menuju ketaatan kepada Allah SWT semata.Dijaman sekarang banyak sekali orang yang ingin viral, ingin terkenal, namun sakti lebih memilih menjadi orang biasa. Karena hakikatnya kita sedang mempersiapkan bekal untuk kampung akherat.

d

Sakti bercerita bahwa perubahan besar hidupnya dimulai ketika dirinya dan band-nya melakukan konser ke Surabaya dan Denpasar. Saat itu, ada seseorang yang dianggapnya faham agama mengajaknya ke masjid untuk beristirahat dan sharing tentang berbagai persoalan hidup.

Singkat cerita, dari obrolan singkat itulah dia mulai merasakan takut akan kematian dan berpikir untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya di akhirat nanti. “Salah satu tanda orang itu akan menemukan cahaya hidayah dalam hidupnya adalah ketika dia merasakan takut akan kematian,” kata Sakti.

“Setelah itu, dia akan berpikir terus bagaimana sangu (bekal –red) yang bisa ia bawa untuk kehidupan akhirat nanti. Karena setiap orang itu pasti butuh bekal yaa. Tadi itu saya dari Jogja menuju Sangatta inikan juga bawa bekal, lebih jauh lagi kita bepergian pastinya juga membutuhkan bekal yang cukup banyak. Kita saat bawa motor ketemu polisi aja harus bawa surat surat yang lengkap, agar tenang selama perjalanan. Lha jika yang jaraknya dekat aja kita butuh bekal, lalu gimana bekal kita diakhirat nanti yang jauh itu, masya Allah,” jelasnya.

w

Dari kisah hijrahnya tersebut, ia menyimpulkan bahwa sebaik-baik orang yang berhijrah adalah yang bisa menjaga keimanannya dan bermanfaat bagi orang lain. “Mukmin yang benar menurut Qur’an itukan ada 3, beriman tanpa ragu, berhijrah dan berjihad fie sabilillah, subhanallah,” ucapnya dengan senyum.

“Selain itu, orang yang sungguh-sungguh berhijrah itu ia selalu menjaga ibadahnya. Namun hal ini tidak cukup, ia juga masih punya tanggung jawab untuk mengajak orang lain kepada kebaikan dan ketaatan kepada Allah. Sebab, ibadah hanya untuk dirinya saja, sedangkan mengajak orang lain kepada kebaikan adalah yang utama. Maka mulai detik ini saya harap, masyarakat bisa berhijrah dengan hijrah yang hakiki,” tandasnya.

p

Acara ini mengawali perjalanan dakwah Ustadz Sakti Ari Seno, yang sekarang lebih dikenal dengan nama Ust Salman Al Jugjawi. Beliau akan membersamai pada jamaah selama 4 hari di Sangatta. Mudah mudahan memberikan pencerahan dan menambah semangat para jamaah.(Ast)

Tag
Kegiatan Ramadan