Segerakanlah Berbuka, Karena Sunnah yang Berpahala

Senin, 18 Maret 2024. Panitia Gema Ramadhan DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia mengamati bahwa banyak jamaah masjid Baitussalam yang karena tanggung jawab-nya harus melakukan kerja lembur (overtime) di bulan Ramadhan. Walaupun Perusahaan menyediakan takjil untuk berbuka, namun banyak jamaah yang lebih nyaman berbuka di masjid Baitussalam. Sehingga, setiap tahun, Panitia mengadakan buka bersama setiap harinya di masjid Baitussalam tercinta. Karena pada dasarnya ketika ketika menyegerakan berbuka puasa maka disitulah kita menghidupkan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

ss
Suasana Berbuka Puasa di Masjid Baitussalam

Terkait menu buka puasa, panitia menyediakan kurma, gorengan, lontong atau arem-arem, teh hangat, minuman takjil dan air putih. Yah, sederhana tapi ini adalah momentum bagi panitia yang terlibat dalam mendulang pahala di bulan puasa sebanyak-banyaknya, bahkan copy paste pahala yang berpuasa. Bukankah kita sudah familiar dengan hadist Nabi Muhammad yang berbunyi,

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Sejak dimulainya ibadah puasa hingga saat ini, dan Insyaa Allah akan berlanjut hingga selesainya bulan Ramadhan, kurang lebih sekitar hampir 20 - an jamaah berbuka di masjid Baitussalam. Artinya pahala tersebut dikalikan sejumlah yang berbuka dan dikalikan lagi dengan hitungan kebaikan yang berlipat-lipat bahkan tak terbatas dari Allah SWT. Masyaa Allah, semoga semua Panitia yang terlibat dari penyediaan buka puasa ini mendapatkan keberkahan dari pahala yang telah di-copy paste tersebut. Aamiin ya Rabbal Alamin

Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, tetap semangat hingga berakhirnya bulan Ramadhan. Eits, tidak hanya bulan puasa Ramadhan, Pengurus DKM Baitussalam juga menyediakan buka puasa bagi jamaah yang melaksanakan ibadah puasa Sunnah, seperti puasa Syawal, Puasa Muharram dan Puasa Senin dan Kamis.

Tupon Setiawan

DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia