Assalamualaikum, ATOMIC Al-Kautsar.

Musholla Al-Kautsar AHEMCE Timika diresmikan pada 28 Mei 2021 oleh Bapak Achmad Muslimin OSM PT United Tractors di kawasan Light Industrial Park PT Freeport Indonesia. Pada perkembangannya hingga awal 2024 sudah dilakukan sebanyak dua kali pergantian kepengurusan Dewan Kemakmuran Musholla dan Alhamdulillah berhasil mendapatkan prestasi sebagai Juara III Amaliah Astra Award di tahun 2022.

Pada hari Minggu, 3 Maret 2024 DKM Al-Kautsar melakukan pergantian kepengurusan untuk ketiga kalinya. Ada hal yang menarik pada momen pergantian kepengurusan kali ini karena bertepatan dengan H-9 Bulan Puasa Ramadhan 1445 H yang dilaksanakan di Hotel Horizon Diana Timika. Moment itu diabadikan dalam salah satu program kerja DKM Al-Kautsar dengan nama RADON (Raker Sambut Romadhon). Nama tersebut diambil dari salah satu unsur kimia yang lagi-lagi tidak lepas dari rebranding DKM ATOM Al Kautsar AHEMCE Timika.

Foto Bersama Ustadz Hery Yusuf

Acara RADON 2024 diawali dengan motivasi pagi melalui ceramah dari Ust. Heri Yusuf yang mengangkat tema : "Bagaimana pengurus muda yang juga beraktivitas di tempat kerja bisa memakmurkan musholla?". Beliau membangun semangat para pengurus muda diawali dengan kalimat bagaimana Moh. Hatta (Wakil Presiden RI Pertama) berkomitmen bahwa beliau tidak akan menikah sebelum Indonesia Merdeka. Itulah contoh komitmen bagi para pemuda yang memiliki makna mendalam untuk mencapai tujuan. Selain itu, beliau juga menceritakan tentang kisah Nabi Musa yang dimasa muda harus berhadapan dengan Firaun yang merupakan Ayah angkatnya sendiri. Sehingga beliau mengajak para pemuda untuk berani mengungkapkan dan mengajak kepada hal yang benar. Beliau juga menceritakan tentang kisah nabi Yusuf yang dimasa muda yang sudah dibuang oleh saudaranya, kemudian berlapang dada memaafkan dan merangkul saudaranya saat nabi Yusuf sudah diangkat sebagai bendahara kerajaan dimasa itu. 

Setelah motivasi pagi, acara RADON dilanjutkan dengan pemaparan Milestone DKM ATOM Al Kautsar yang disampaikan oleh Panglima DKM, Bapak Rizki Munandar. Beliau menyampaikan bahwa motivasi pagi tadi adalah salah satu bagian dari development pengurus DKM bagaimana seorang pengurus memakmurkan mushollanya. Kemudian beliau menceritakan tentang rebranding DKM dengan nama ATOM (AHEMCE Timika Organization Moslem) yang memiliki 3 ultima program yang terinspirasi dari hadist yang diriwayatkan oleh HR. Muslim No. 1631.

Hadist HR Muslim

Panglima DKM menyampaikan bahwa semua program kerja DKM Alkautsar akan merujuk pada 3 ultima program, berupa :

1. Proton - Program Thankful &  Count On (Program Menciptakan Anak Sholeh) dengan target mencetak tahfidz cilik setiap tahunnya dikhususkan untuk anak karyawan AHEMCE

2. Neutron - New Lesson Useful & Relly On (Program Sharing Ilmu yang Bermanfaat) dengan target meningkatkan pelaksanaan jumlah kajian setiap tahunnya baik yang berasal dari internal maupun external

3. Electron - Excellent Compassionate & Thrive On (Program Sedekah Jariah) dengan target meningkatkan jumlah infak jamaah setiap tahunnya

Beliau menambahkan bahwa setiap pengurus yang berkarir di Astra Group akan mengalami mutasi atau rotasi kerja sehingga harapannya, dimanapun nanti pengurus DKM berkarir maka amal jariah atas ide program selama DKM Al Kautsar AHEMCE Timika masih ada akan terus mengalir pahalanya dimanapun dia berada.

Acara RADON AHEMCE 2024 ditutup dengan penyematan Panglima DKM oleh perwakilan Management AHEMCE, Bapak Ugik Praseno. Beliau menceritakan tentang strugglenya perjuangan Management AHEMCE Timika dalam membangun musholla Al-Kautsar di kawasan PT Freeport Indonesia sehingga memotivasi pengurus untuk terus memakmurkan musholla tercinta ini.

Presentasi Pengurus

Pergerakan pengurus dalam upaya memakmurkan musholla tidak berhenti di RADON. RADON hanyalah awal dari dimulainya pergerakan aktivitas memakmurkan musholla. Pengurus sudah sigap segera mempersiapkan agenda berikutnya yang diberinama RADIUM. Penasaran apa itu RADIUM? Terus ikuti aktivitas dan postingan dari kami selanjutnya.

Wassalamualaikum, ATOMIC Al Kautsar.

Tag
Awal Ramadan