Ramadhan Mulia Karena Turunnya Al Quran

Selasa, 12 Maret 2024. Hari pertama ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1445H, lebih dari 100 jamaah Masjid Baitussalam langsung disuguhkan dengan tauziyah Dzuhur yang disampaikan oleh Ustadz Maryono selama hampir 15 menit, singkat, jelas dan padat, karena jam kerja dibulan Ramadhan dimajukan menjadi pukul 12.30 WIB.

“Siapapun dan apapun yang berhubungan dan berinteraksi dengan Alquran maka akan menjadi mulia dan mendapatkan derajat yang tinggi.” Ungkap Ustadz Maryono dalam pembukaan tauziyah-nya.

Lebih lanjut beliau membeberkan siapa dan apa yang berhubungan dengan Al Quran, sehingga menjadi istimewa. Nabi Muhammad SAW menjadi manusia paling mulia dan istimewa karena Al Quran turun sekaligus sebagai mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad SAW. Malaikat Jibril menjadi malaikat yang mulia dan istimewa karena Malaikat Jibril lah yang menurunkan Al Quran secara bertahap kepada Nabi Muhammad SAW. Sedangkan bulan Ramadhan menjadi bulan mulia, suci dan istimewa karena di bulan ini lah Al Quran diturunkan yaitu pada malam Lailatul Qadr, malam seribu bulan yang penuh dengan keberkahan.

ff
Suasana Tauziyah atau Ceramah Dhuhur di Masjid Baitussalam

Di penutup tauziyah singkat tersebut, Ustadz Maryono mengajak kepada seluruh jamaah untuk menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Al Quran, dengan memaksimalkan membaca Al Quran di setiap kesempatan dan berharap Al Quran menjadi syafaat di yaumul akhir kelak.

Wallahu’alam bishowwab

Tupon Setiawan

DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia