Sampaikanlah Kami ke Bulan Suci Ramadhan, Bulan Penuh Kemuliaan

Jumat, 19 Januari 2024 bertepatan tanggal 7 Rajab 1445 H, Masjid Baitussalam menyelenggarakan sholat Jumat pertama di bulan Rajab, bulan yang penuh dengan keistimewaan dan termasuk dalam salah satu bulan haram yang ditetapkan Allah SWT sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi.

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)

Adapun bulan-bulan haram yang dimaksud adalah sesuai hadist dibawah ini.

Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679).

Khotbah Jumat yang dibawakan oleh Ust. Abdul Khidir Jaelani membawakan tema tentang pentingnya mempersiapkan diri menjelang bulan Ramadhan, sebagaimana doa yang mahsyur ketika telah sampai kita di bulan Rajab yaitu Allahumma barik lana fi rajaba wa sya'bana wa balighna Ramadhana yang artinya Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikan lahh (umur) kami hingga bulan Ramadan.

s
Ust. Abdul Khidir Jaelani menyampaikan khutbah Jumat

Khotib dalam khutbahnya mewasiatkan kepada seluruh jamaah untuk senantiasa bertakwa kepada Allah SWT, apalagi di bulan Rajab ini, untuk senantiasa beristighfar dan berdoa semoga kita bisa menemui bulan Ramadhan, bulan suci yang penuh dengan keberkahan.

Wallahu’alam bisshowwab

 

Tupon Setiawan

DKM Baitussalam – PT Akebono Brake Astra Indonesia