Cikereteg, Bogor 18-19 November 2023 di Pondok Kapilih telah berjalan Planning Cycle AGI-14 2024. Beberapa diskusi dilakukan untuk mempersiapkan AGI-14 2024 yang lebih baik dan lebih bermanfaat. Berikut ini beberapa catatan digitalnya.

Bang Pitung, mas Ganjar dan Kong Mamat telah berada di lokasi sejak sehari sebelumnya, karena acara planning cycle ini memang mendompleng waktu pelaksanaan pembinaan Beasiswa Lestari Astra yang dikelola oleh Amanah Astra. Bagaimana agar planning cycle dapat menghasilkan ide dan rencana yang ciamik disiapkan. Suasana seperti apa yang diharapkan, urutan sesi akan seperti apa, hingga bagaimana posisi duduk agar diskusi dapat mengalir deras.

Sesi diskusi ini live ke Youtube AGI, diharapkan dapat juga untuk menemani perjalanan Tim AGI yang akan hadir dalam planning cycle. Sesi diskusi mungkin akan berjalan agak siang, tetapi paling tidak suasana dan beberapa bekal sudah disampaikan melalui diskusi live Youtube ini.

Sesi pertama mulai agak siang, baru berjalan pukul 11.00 lewat. Kendaraan yang dari Cikarang , yang berisi mas Erick, Ghina dan Ibrahim ada kendala di jalan.

Sesi dibuka singkat oleh mas Bagus dan Bang Pitung, dilanjutkan dengan perkenalan dari seluruh peserta planning cycle. Hingga saat Dzuhur, istirahat sholat dan makan siang.

 

Sesi siang segera dimulai dengan melanjutkan perkenalan tim AGI yang hadir. Brainstorming pertama dilakukan bersama-sama untuk merumuskan apa saja PAIN dalam pelaksanaan AGI. Tidak berselang lama, setelah semua PAIN tertuang dan dikelompokkan, diskusi bersama dari seluruh Tim AGI lanjut dengan EXITING BEHAVIOUR, tentang apa saja yang diharapkan dari peserta AGI setelah mengikuti seluruh rangkaian acara dan lomba AGI. Brainstorming bersama untuk mengupas PAIN dan EXITING BEHAVIOUR berjalan hingga waktu Ashar.

Setelah sholat Ashar, diskusi lanjut dengan pembentukan kelompok yang akan mempersiapkan materi untuk presentasi rencana AGI ke tahun depan. Diskusi per kelompok bertujuan untuk merumuskan apa saja lomba dan kegiatan yang akan didorong untuk maju tahun depan, merumuskan activity plan hingga usulan budget yang diminta. Diskusi kelompok berlangsung hingga menjelang waktu Magrib.

 

Malam hari setelah makan malam, presentasi per kelompok dimulai pukul 20.00. Satu per satu kelompok menyampaikan usulannya. Kelompok pertama, cukup lama mengambil waktu, karena kelompok ini cukup istimewa. Kelompok baru dengan peran yang penting, disebut Kelompok Alfa. Apa saja beban kelompok Alfa ini? silakan lihat diskusi di rekaman live Youtube di atas.

Seluruh kelompok diskusi telah menyampaikan materi masing-masing. Waktu menunjukkan pukul 24.00 WIB.

 

 

Sesi terakhir di hari berikutnya, Ahad 19 November 2023, dimulai pukul 08.30. mas Bagus menutup seluruh rangkaian acara Planning Cycle AGI-14 2024. Masih ada beberapa PR dari seluruh tim, gambaran besar rangkaian acara dan semangat terbaik untuk melayani telah dinyalakan.

Bismillah.