Kajian Fiqih Qurban sebuah Penyegaran Ilmu tentang Berqurban

Kamis, 8 Juni 2023. Hari Raya Idul Adha 1444 H tinggal beberapa hitungan hari lagi, tidak terasa, setelah beberapa waktu lalu merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, sekarang kita dihadapkan pada hari raya yang tidak kalah pentingnya bagi umat Islam. Yah Hari Raya Idul Adha, sebagian orang menyebut Idul Qurban, merupakan momentum penting dalam kalender islam yang secara historis, mengenang kisah kesabaran dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, yang berujung pada  ketaatan kepada Allah Ta’ala.

Kisah kedua nabi tersebut pun sempat disinggung dalam kajian Fiqih Qurban yang dilaksanakan di masjid Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia. Kajian yang dibawakan secara menarik oleh KH. Dr. Ali Fikri Noor, LC., MA ini pun kembali menyegarkan pengetahuan, wawasan dan keilmuan kita tentang hakikat berkurban. Berkurban, bukanlah aliran darah hewan qurban yang sampai pada Allah, melainkan ketakwaan peng-qurban lah yang sampai disisi Allah Ta’ala.

ss

Kajian yang dimulai pada pukul 16.30 WIB dihadiri oleh sekitar 30 Jamaah Masjid Baitussalam, yang secara antusias mengikuti rangkaian kegiatan kajian dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran, sambutan DKM Baitussalam, dilanjutkan dengan tauziyah dan ditutup dengan pembacaan doa. Pada dasarnya, kuantitas merupakan hal yang penting, tapi bukan hal yang sangat penting, namun, semangat dan kualitas mereka yang menimba ilmu dengan mengharap pahala dari Allah lah, yang insyaa Allah terus memberi ghiroh bagi panitia untuk terus berikhtiar menyediakan ladang kebaikan untuk para jamaah.

ss

Di penghujung kajian, pembicara menekankan kepada jamaah yang mempunyai kelapangan rezeki, dimana menurut jumhur ulama, kurban menjadi makruh hukumnya jika orang yang mampu melaksanakan ibadah ini tidak melaksanakannya, hal ini senada dengan sabda Rasullullah yang berbunyi.

"Barang siapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat sholat kami." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Walllahu’alam bishowwab

Tupon Setiawan – DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia