Astra Gema Islami – Ajang Silaturahmi Berbalut Kompetisi

Jakarta, 27 Mei 2023. Lagi-lagi, ini adalah pengalaman pertama saya dalam mengikuti acara Halal Bihalal Grup Astra yang dilaksanakan secara hybrid yaitu onsite di Ruang William Soeryadjaya Gedung AMDI Lantai 8, Sunter, Jakarta Utara dan online melalui platform zoom. Alhamdulillah, saya dapat merasakan pengalaman hadir langsung di lokasi bersamaan dengan kontingen lain yang penuh semangat dan percaya diri. Hampir tiga pekan berlalu, dan inilah sedikit cerita yang bisa saya bagikan.

Pagi itu, suasana kompetisi entah mengapa, sudah terasa dan menyerebak meskipun masih di area lobby. “Persaingan” pertama dimulai dari outfit para kontingen yang dikenakan, ada outfit dengan nuansa tradisional, nuansa timur tengah bahkan ada yang back to nature, dengan mengusung konsep sustainability, sesuai dengan tema besar AGI tahun ini. Ketika masuk di area lobby, Panitia ternyata sudah menyuguhkan berbagai booth. Booth pertama yang mencuri perhatian yaitu adanya ide-ide sustainability yang dipajang secara apik dan menarik oleh panitia secara audio visual, sehingga peserta yang hadir bisa memahami ide-ide yang disampaikan tersebut dengan mudah. Keren sih ini, bisa sekaligus benchmark ya kan.....

dd
Suasana Halal bi Halal di Lobby Area

Seperti acara-acara onsite sebelumnya, Panitia juga menyediakan booth penukaran AGI Coin, dan yang mengejutkan souvenirnya semakin bervariasi, yaitu tas belanja (tote bag), pouch atau organizer AGI. Bagi yang ingin claim coin, sama seperti sebelumnya, yaitu bisa belanja di amaliah.id dan langsung tunjukan daftar belanja ke panitia untuk pengambilan souvenirnya. Kalau ada kendala terkait AGI COin, booth sampingnya siap membantu dengan senang hati. Penukaran AGI Coin bisa dilaksanakan sepanjang acara berlangsung. Hebatnya, panitia tampak sabar melayani setiap peserta dari pagi hingga sore, baik melayani penukaran AGI Coin hingga keluhan dari peserta, Masyaa Allah.

Dari lobby, seluruh peserta diarahkan menuju ke lantai 8 dan ternyata sekitar pukul  07.30 WIB, acara Halal bi Halal sebagai puncak Astra Gema Islami (AGI) 2023 pun dimulai di ruang William Soeryadjaya yang sudah dipenuhi hampir 400 insan Astra, termasuk di dalamnya yaitu dari kontingen PT Akebono Brake Astra Indonesia yang hadir dengan tema Pangeran Saudi Arabia, memakai thobe putih, kufiyah sorban merah putih dan igal sorban. Coba kita kalkulasi yah, jika terdapat 24 tim masing-masing tim terdiri dari 10 orang dan ditambah dengan undangan para eksekutif, undangan khusus dan panitia, tentu ini jumlah yang banyak untuk memeriahkan puncak acara AGI 2023. Ini yang hadir onsite, tentunya juga semakin semarak karena lebih dari 100 peserta juga turut menyaksikan melalui platform zoom.

dd
Suasana Halal Bihalal Grup Astra di ruang William Soeryadjaya

Sepasang MC pun tampak begitu semangat membuka dan memandu jalannya rangkaian acara yang dimulai dengan menyanyikan lagu Mars Astra dan Bagimu Negeri. Untuk melaporkan kesuksesan acara AGI 2023, sebagai pembuka agenda, Bp. Riza Deliansyah, Ketua Pengurus Yayasan Amaliah Astra memaparkan secara gamblang, capaian-capaian Yayasan Amaliah Astra dalam mendukung Visi dan Misi Astra, khususnya terkait dengan Sustainability melalui penyelenggaraan berbagai kompetisi di ajang Astra Gema Islami 2023. Tidak sampai disitu, Ibu Gita Tiffany Boer, Ketua Pembina Yayasan Amaliah Astra pun mengaminkan capaian-capaian yang disampaikan dan turut bersyukur bahwa aktivitas-aktivitas yang dilakukan Yayasan Amaliah Astra dapat dirasakan oleh para professional muslim Astra seantero Indonesia. Agenda sambutan pun ditutup dengan diputarkannya Pesan Lebaran Presiden Direktur Astra Internasional yaitu Bp. Djony Bunarto Tjondro, melalui tayangan video yang dapat disaksikan oleh seluruh peserta baik onsite maupun online.

d
Sambutan, Tabuh Bedug, Foto Bersama Eksekutif hingga Potong Tumpeng

Kurang afdhal, kalau acara sebesar ini tidak dibuka resmi secara simbolik. Oleh karena itu, selain Bu Gita yang sudah stand by di atas panggung, MC pun mengundang eksekutif lainnya yaitu Pak Joko Supriyono selaku Pembina Yayasan Amaliah Astra dan Pak Riza, untuk bersama-sama menabuh bedug sebagai tanda bahwa acara Halal bihalal Grup Astra sekaligus puncak acara Astra Gema Islami 2023 secara resmi dimulai. Suara bedug menggema dan disambut dengan riuh tepuk tangan seluruh peserta acara. Setelah dinyatakan resmi dibuka, panitia juga langsung mengundang ke atas panggung kepada seluruh jajaran eksekutif dari berbagai perusahaan Grup Astra untuk memberikan komitmen kolaborasi Amaliah Astra 2023 yang terdiri dari 21 DKM Perusahaan untuk Amaliah Astra Awards, 35 Perusahaan untuk Kurban Astra dan 14 Perusahaan untuk Program Kemitraan Astra.

Momentum Halal bihalal ini memang sayang jika dilewatkan begitu saya, sejurus kemudian, MC pun kembali mengundang para petinggi Yayasan Amaliah Astra untuk naik ke atas panggung untuk merayakan milad Yayasan Amaliah Astra yang ke 23 tahun, dimana Yayasan Amaliah Astra tepat berdiri pada tanggal 23 Mei 2001 silam. Perayaan milad secara simbolis dilakukan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ibu Gita, dan tentu momen ini menjadi semangat baru tidak hanya bagi pengurus Yayasan Amaliah Astra tapi juga semangat baru dalam berbagi kebaikan bagi seluruh professional muslim Astra.

dd

Acara-acara resmi pun selesai dilaksanakan, namun para eksekutif melanjutkan aktivitas di ruang terpisah dengan agenda paparan program dari Yayasan Amaliah Astra. Dan, inilah saat-saat yang ditunggu khususnya bagi peserta Cerdas Cermat Islam Astra Offline. Yah, bertepatan dengan Halal Bi Halal inilah, kompetisisi CCIA akan dilakukan secara langsung bertatap muka dan lesehan, dan kita akan tahu siapakah yang berhasil menyabet sebagai pemenang dalam ajang bergensi ini. Sebanyak 24 kontingen CCIA sudah siap untuk bertanding, menunjukan kemampuan mereka dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari panitia. Tahukah Anda, kalau CCIA tahun ini didesain sedikit berbeda dengan CCIA Offline yang pernah dilakukan sebelumnya di tahun 2019 lalu? Pengen tahu apa perbedaannya, yuk kita cari tahu..........

ss
Suasana Keseruan Cerdas Cermat Islam Astra

Pertama, Sepuluh Anggota adalah Tim Penentu untuk Tahap Selanjutnya. Yah, satu tim CCIA terdiri dari 10 orang, dan 10 orang inilah yang akan bertanding dalam babak penyisihan untuk merebut posisi di babak selanjutnya, yaitu babak final. Maksudnya bagaimana? Sesuai dengan hasil Technical Meeting yang dilakukan sebelumnya, bahwa 24 tim akan dibagi menjadi 3 batch, masing-masing batch terdiri dari 8 tim dan 8 tim yang masing-masing terdiri dari 10 orang ini lah yang akan bertanding untuk merebutkan posisi di babak final mewakili masing-masing batch. Delapan tim akan menjawab soal sebanyak 10 soal yang harus dikerjakan oleh 10 orang secara bergantian. Pada momentum inilah, suasana tegang terasa, sedikit berlarian kecil, sehingga suasana semakin terasa kompetitif.

Kedua, Salam Silaturahmi sebelum Bertanding. Mundur sejenak, bahwa sebelum mereka bertanding, terdapat syarat yang wajib dipenuhi yaitu mereka harus menampilkan Salam Silaturahmi. Benar saja, selain menyiapkan materi CCIA, mereka secara antusias tampak menyiapkan salam silaturahmi dengan berbagai ide, konsep dan tentunya eksekusi yang kompak. Nah, berbeda dengan salam silaturahmi sebelumnya, tahun ini lebih spesifik dengan mengusung tema sustainability. Nanti kita akan tahu, siapakah tim yang berhasil memenangkan ajang salam silaturahmi ini, tentunya mereka yang kompak dan sesuai dengan tema yang diusung.

ss
Kreativitas Salam Silaturahmi, sebelum Kompetisi

Ketiga. Materi lomba CCIA yaitu 60% berupa Astra Sustainability. Flashback di penyelenggaraan CCIA sebelumnya, berdasarkan informasi yang didapat bahwa materi lomba yaitu seputar Islam dan Astra. Namun, untuk saat ini semakin spesifik yaitu 60% terkait dengan Astra Sustainability. Tentu hal ini sejalan dengan semangat Astra untuk mendukung keberhasilan 2030 Sustainability Aspirations yang secara resmi diluncurkan pada Mei 2022 lalu dengan tujuan yaitu berkontribusi dalam memperkuat ketahanan perekonomian Indonesia yang mendukung masyarakat yang inklusif dan sejahtera.

Ketiga hal tersebut lah yang membuat para tim semakin bersemangat mengikuti seluruh rangkaian CCIA Offline ini. Singkat cerita, diawali dengan penampilan salam silaturhami dan dilanjutkan dengan babak penyisihan dalam 3 batch, maka tidak menunggu lama, ditetapkanlah empat tim yang berhak masuk ke babak Final, 3 tim diambil dari masing-masing batch dan 1 tim dengan keputusan panitia yaitu TACI Team Akhwat, Pemuda Al Kautsar TACI, Ikhwan Gaya Motor dan Baitussalam Squad Akebono. Keempat tim tersebut akan bertanding di babak final dan bertemu dengan dua tim yang sudah menunggu yaitu mereka yang mendapat golden ticket  pada CCIA online, yang ditetapkan langsung masuk ke babak final yaitu tim dari Polman Astra dan Pama Sangatta.

Babak final pun dimulai, keenam tim bertanding dengan melalui 3 babak. Pada babak pertama, yaitu babak 5 pertanyaan cepat, Baitussalam Squad harus tersingkir dengan nilai terendah. Pada babak kedua, giliran Polman Astra dan Pama Sangatta yang harus tersenggol dengan nilai dibawah 3 tim lainnya. Alhasil, di babak ketiga inilah, tim tersisa saling beradu wawasan dan pengetahuan islam dan Astra Sustainability. Dan, pada akhirnya yang dinobatkan sebagai juara 1, 2 dan 3 CCIA Offline tahun ini secara berurutan yaitu Pemuda Al Kautsar, Ikhwan Gaya Motor dan TACI Team Akhwat. Masyaa Allah, luar biasa.......

dd
Suasana di Babak Final, Enam Tim Beradu Pengetahuan

Alhamdulillah, rangkaian Halal bihalal dan CCIA Offline telah selesai dilaksanakan dan bertepatan dengan masuknya sholat Dhuhur. Seluruh peserta dipersilahkan untuk bisa istirahat, sholat dhuhur dan menikmati santap makan siang yang telah disiapkan panitia. Tidak hanya itu, selama di lokasi acara, peserta jangan khawatir kelaparan, karena panitia menyiapkan aneka makanan dan minuman, gratis, tis tis, apa saja itu? Ada Mie Ayam, Cilok, Siomay, Aneka Kopi dan yang menyegarkan yaitu Es Dawet. Oh iya, yang belum tukar AGI Coin, panitia pun mempersilahkan untuk bisa claim di laintai satu. Setelah kenyang, jangan lupa kembali ke lokasi acara karena akan ada pengumuman berbagai lomba AGI 2023 dan juga pengundian doorprize umrah. Wah, tidak sabar pastinya yah..............

Ini dia yang ditunggu-tunggu, pengumuman para pemenang AGI 2023. Pertama, yaitu pengumuman pemenang Salam Silaturahmi dimana juara pertama yaitu Ikhwan Gaya Motor disusul juara dua yaitu Ikhwan UTPE dan juara ketiga oleh Baitussalam Squad dari PT Akebono Brake Astra Indonesia. Seperti informasi sebelumnya bahwa yang dilihat oleh juri, kemungkinan besar yaitu kesesuaian Salam Silaturahmi dengan tema yang diusung yaitu terkait dengan Sustainability. Selamat kepada para pemenang. Setelah itu diumumkan juga para pemenang AGI 2023 dimana para pemenang sudah diinformasikan oleh Panitia untuk hadir dan secara langsung dapat menerima hadiah dan juga medali juara. Selamat kepada para pemenang dan daftar pemenang lengkapnya nanti bisa dilihat di amaliah.id.

j
Inilah beberapa para pemenang AGI 2023

Masih ada satu lagi yang perlu diketahui yaitu siapakah Juara Umum Astra Gema Islami 2023. Nah, sebelum tahu siapa juara umumnya, Panitia AGI 2023 secara royal membagikan puluhan doorprize yang tidak kaleng-kaleng, semuanya berharga dari saldo Astra Pay, smart phone, AC, Kambing dan lain-lain hingga hadiah utama yaitu tiga paket umrah untuk tiga orang yang beruntung, yang hadir baik onsite maupun online.

s
Para pemenang Umrah dan Gegap Gempita-nya TACI saat dinobatkan sebagai Juara Umum

Di penghujung acara, Panitia pun dengan semangat mengumumkan Juara Umum AGI 2023 dengan raihan juara terbanyak yaitu PT TD Automotive Compressor Indonesia (TACI), momentum itupun secara gegap gempita disambut oleh teriakan hisiteris penuh haru dan kebahagiaan oleh seluruh karyawan TACI yang, sembari loncat-loncat dan meneriakan champione-champione, ole ole, ole. Selamat untuk PT TD Automotive Compressor Indonesia

Dan pada akhirnya, saya pribadi dan kita semua mengucapkan selamat kepada para seluruh pemenang AGI 2023 dan para pemenang doorprize. Acara yang luar biasa kompetitif dengan suasana kebahagiaan dan suka cita, penuh kekeluargaan dan kebersamaan.

Umrah bukan sembarang Umrah

Umrahnya ke Madinah dan Mekah

Dengan senang, kami sampaikan Jazakumullah

Semoga Amaliah Astra dan AGI semakin berkah

ss
Orang-orang dibalik suksesnya AGI 2023

Terkhusus, Apresiasi tertinggi untuk para Panitia Astra Gema Islami yang telah menyelenggarakan seluruh rangkaian acara AGI dari awal hingga puncak acara. Barakallah, semoga seluruh letih dan lelah, Allah catat sebagai sebaik-baik ibadah. Aamiin ya robbal 'alamiin

Sampai Jumpa di Astra Gema Islami 2024.

Tupon Setiawan - DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia