Manfaat Luar Biasa tentang Berkurban

Muh Iqbal • 7 Juni 2023

Manfaat Luar Biasa tentang Berkurban

1. Menambah rasa syukur dan cinta kepada Allah SWT

Berkurban merupakan satu di antara bentuk kecintaan seorang hamba kepada Allah SWT. Ketika melakukan kurban, Anda akan jauh lebih bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepada Anda.

2. Ciri seorang Muslim

Kewajiban berkurban bagi yang telah mampu merupakan satu di antara ajaran Islam. Dengan berkurban, hal ini turut menunjukkan ke-Islaman kita. Bahkan beberapa penganut agama lain kagum melihat ajaran Islam yang selalu berbagi.

3. Memupuk rasa peduli sesama

Berkurban bukan hanya sekadar menyembelih hewan untuk dimakan, tetapi juga tentang berbagi pada mereka yang kurang mampu sehingga mereka juga dapat merasakan nikmatnya makan daging yang sangat jarang, atau bahkan tidak pernah mereka rasakan.

4. Bekal di hari akhir

Dengan berkurban, Anda akan mendapat bekal untuk di hari akhir nanti. Anda akan mendapat ganjaran pahala yang besar atas pengorbanannya berbagi pada orang di sekitarnya. Tetapi, hanya bagi mereka yang ikhlas berkurban karena Allah SWT, bukan berkurban lantaran mengejar pujian.

5. Mendapatkan ampunan

Berkurban dapat menolong kita untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT, sebagaimana dalam sebuah riwayat HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban:

"Hai Fatimah,berdirilah di sisi korbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu."