Berbuka Puasa Tak Harus Menu Istimewa

Hakekat berbuka puasa baik wajib maupun sunnah, yaitu membatalkan puasa ketika adzan maghrib telah berkumandang. Disunahkan memakan kurma, tetapi jika tidak ada, maka air putih pun tidak mengapa.

Namun, kebanyakan orang Indonesia sudah mulai 'menggeser' menu kurma tersebut dengan aneka gorengan yang memang murah, mudah dicari dan sudah merakyat. Tidak heran ada anekdot yang menyatakan bahwa kurma itu sunnah dan gorengan itu wajib. Selain itu, tidak heran juga ada meme yang menggambarkan bawa gorengan adalah raja diraja ketika kita berada di bulan Ramadhan lalu. 

Gorengan tidak seistimewa cheese cake atau kroket atau nama nama sulit makanan lainnya yang susah dilafalkan lidah, tetapi gorengan lah yang mampu membuat suasana menjadi akrab, rasa kekeluargaan terbangun dan yang pasti puasa menjadi batal dan Allah menyukai orang-orang yang menyegerakan berbuka puasa.

Xds
Suasana Buka Puasa dengan Gorengan, Alhamdulillah

Hal itulah yang kerap terjadi di masjid Baitussalam ketika berbuka puasa baik kemarin ketika bulan Ramadhan, ketika bulan syawal, hingga saat ini dan seterusnya. Barakallahufikum kepada pihak yang mempersiapkan semua menu buka puasa ini dan Jazakumullahu khoiran katsiraan. Hanya Allah Ta'ala lah yang dapat memberikan balasan kebaikan dan pahala. Wallahu'alam bishowwab

Kamis, 25 Mei 2023

Tupon Setiawan - DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia