🎙️Ustadz Abu Najwa Sukyani Hafidzhahullah

📚 kitab Al Kabair buah karya Al Imam Adz dzhabi Rahimahullah Ta'ala

Al Kabair

Kitab yg membahas tentang dosa² besar

Bab  5 Tidak Mau Membayar Zakat

Dua kenikmatan yg sngat besar , Dua kenikmatan yg hnya Allah berikan kpd orang yg dipilihnya saja yaitu nikmat iman dan nikmat islam.

Sehingga dgn nikmat² ini Alhamdulillah Allah Azza wajalla bisa kumpulkan kita dimajlis yg mulia ini untuk melanjutkan pembahasan kitab Al Kabair kitab yg membahas dosa² besar yg ditulis oleh Al Imam Adz Dzhabi Rohimahullah Ta'ala.

الكبائر خمسة

Dosa besar yg kelima

Tidak mau membayar zakat

Tdk mau membayar zakat ini termasuk dosa besar makanya ancamnya sngat keras,padahal kita tau Allah wajibkan kpd kita membayar zakat itu bukan untuk Allah,

Allah wajibkan byar zakat sedekah itu untuk kita. Apalagi kita tau manfaatnya zakat atou sedekah itu 

Dan manfaat zakat sedekah itu sngat bnyak

Manfaat sedekah sngat bnyak

Coba klo kita pelajari apa manfaatnya sedekah??

1.ketika kita bersedekah kita sudah mendapat pahala dari Allah Azza wajalla karena kita sudah melaksanaka  perintah Allah Azza wajalla.

Dalilnya Surat Al munafiqun ayat 10

وَأَنفِقُوا۟ مِن مَّا رَزَقْنَٰكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ أَحَدَكُمُ ٱلْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَآ أَخَّرْتَنِىٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Artinya: Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh.

Allah tidak pernah meminta smua kekayaan yg kita miliki Allah ngk minta harta kita punya ketika Allah perintah kita untuk berinfaq Allah hanya meminta sedikit atou sebagian saja dari harta kita yg telah Kami rizkikan kpd kalian.

Padahal harta yg kita miliki ini milik siapa??

Milik Allah Azza wajalla smua,harta yg kita miliki ini milik Allah Namun ketika Allah perintahkan hambanya untuk berinfaq Allah gak minta smuanya ?? Knpa Allah ngk minta harta kita smuanya ??

Karena Allah Tau kita ini pelit,makanya Allab Azza Wajalla menyebutkan dlm bnyak ayat وَأَنفِقُوا۟ مِن مَّا رَزَقْنَٰكُم Dan belanjakanlah/infaqan sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu

Allah ngk minta smuanya, Tapi klo mau menginfaqkan smuanya ya silahkan.

Seperti Abu Bakr Ash shiddiq berinfaq beliau menginfakan selurug hartanya

Suatu hari Rosulullah Sholallahu 'Alaihi wasalam memerintahkan kpd para shabat untuk berinfaq krna waktu itu butuh biaya besar untuk perang, Makanya Rosulullah mendatangi para shabat untuk meminta infaqnya datanglah abu bakar membawa separuh hartanya,datang umar membawa separuh hartanya artinya klo umar membawa uang 1M berarti infaqnya sekitar 500jt dia infaqkan separuh hartanya

Ditanya sama Rosulullah wahai Umar apa yg kou tinggalkan untuk kluargamu?? Umar menjawab dirumahku masih ada harta separuhnya.

Umar berinfaq separuh harta makanya umar skrng berkata skrng sya akan lebih unggul dari Abu bakr karena selama ini para shabat ngk ada yg mengunguli amalan abu bakar,ketika itu para shabat berlomba² dlm beramal tidak mau kalah dgn yg lain.

Setelah itu datanglah Abu bakar As Shidiq menginfaqkan seluruh hartanya, lalu ditanya lagi sama Nabi Wahai Abu Bakar apa yg kau sisakan untuk keluargamu?? Lalu Abu Bakar mengatakan sya yakin dgn janji Allah dan Janji Rosulullah Sholallahu 'Alaihi wasalam.

Kalo keimananya seperti Abu bakar silahkan tpi klo keimananya belum sperti itu jangan coba² kita infaqkan sluruh harta kita nanti nangis² karena keimanan kita dgn Abu bakr berbeda .

Maka Nabi menyebutkan dlm sebuah hadits

Sedekah yg pling bagus itu ketika bersedekah masih ada buat dirinya

Masih cukup ini yg paling utama jadi Allah Ta'ala merintahkan kita untuk menginfaqkan sbagian harta yg telah kami rizkikan kpd kalian sebelum datang kematian sebelum kita meninggal dunia krna klo kita sudah meninggal dunia terputus seluruh amalan kita

Rosulullah Sholallahu 'Alaihi Wasallam bersabda

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) sedekah jariyah,  ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang saleh.” (HR. Muslim nomor 1631).

Klo sudah meninggal kita tdk bisa kajian sperti ini,kita tdk bisa baca Alqur'an,kita tdk bisa qiyyamul lail,kita ngk bisa lgi dzikrullah,jgnkan mengucapkan dzikir yg panjang kita mengucapkan subhanallahpun gk bisa انْقَطَعَ terputus makanya kita ngaji jgn bosen,kita ngaji dpet ilmu jgn bosen,jgn bosen duduk dimajlis ilmu klo kita ditanya kita mencari ilmu kita ibdah smpai kpan ?? Smpai kita mati dalilnya firman Allah Ta'ala

وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتّٰى يَأْتِيَكَ الْيَقِيْنُ 

Dan sembahlah Tuhanmu sampai yakin (ajal) datang kepadamu.

Surat Al Hijr ayat 99

Jadi kita ibdah belajar menuntut ilmu itu smpai mati karena klo sudah mati kita istirahat dari lelahnya dunia ini.Di dunia smuanya cape yg kerja, cape yg ngk kerja juga cape maka bersabarlah dalam menuntut ilmu karena pahalanya besar keutamaanya banyak salah satunya kita keluar dari majlis ilmu Allah ampunkan dosa²nya 

Allah ingatkan

مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ أَحَدَكُمُ ٱلْمَوْتُ

sebelum datang kpdmu kematian.

Karena setelah kita meninggal dunia yg ada hnyalah penyesalan...

Allah tampakan nanti pahala yg besar karena duduk dimajlis ilmu.

Knpa dlu ketika masih didunia tdk duduk dimajlis ilmu dan nanti hnya datang penyesalan di akhirat 

Sekarang belum berasa tetapi nanti setelah kita meninggal dunia dlm ayat ini Allah katakan 

فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَآ أَخَّرْتَنِىٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ قَرِيب

lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, Org meninggal ini minta ditanguhkan kematianya ngk usah setaun sebulan hnya minga semenit sja ,mereka menginkan  فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh.

Maka klo kita mempunyai harta yg bnyak keluarkanlah zakatnya klo belum ada kewajiban ya sedekahkan. Orng kalo sudah meningal dunia menyesal minta dihidupkan sebentar sja فَأَصَّدَّقَ aku akan bersedekah وَأَكُن مِّنَ ٱلصَّٰلِحِين dan aku akan menjadi org yg sholeh.

Orng yg menginfaqkan hartanya djln Allah yg mengeluarkan zakatnya yg ia bersedekah baik itu untuk keluarganya untuk istri dan anaknya untuk kerabatnya untuk sodara²nya yg miskin mereka akan mendapatkan pahala yg besar disisi Allah Azza wajalla.

Ada beberapa manfaat bagi org yg gemar besedekah:

1.Allah Azza wajalla melipatkan pahalanya smpai 700x lipat pahalanya besar umat islam ketika melakukan kebaikan Allah balas 10 Sperti membaca Alqur'an kita kalo baca 1 huruf Allah balas 10 kebaikan

عن ابن مسعود رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : «مَنْ قَرَأ حَرْفاً مِنْ كِتاب الله فَلَهُ حَسَنَة، والحَسَنَة بِعَشْرِ أمْثَالِها، لا أقول: ألم حَرفٌ، ولكِنْ: ألِفٌ حَرْفٌ، ولاَمٌ حَرْفٌ، ومِيمٌ حَرْفٌ».

[رواه الترمذي] [صحيح]

Artinya:

Ibnu Mas’ūd -raḍiyallāhu 'anhu- berkata, Rasulullah -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur`ān) maka baginya satu pahala kebaikan, dan satu pahala kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan bahwa alif lām mīm itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lām satu huruf, dan mīm satu huruf.”

(Diriwayatkan oleh Tirmiżi Hadis sahih)

Betapa bnyak pahala yg kita dpatkan dalam membaca Alqur'an  makanya benar kata Nabi Muhammad Sholallahu 'Alaihi Wasallam 

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Artinya:

"Orang yang paling baik di antara kalian adalah seorang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Bukhari Nomor 4639).

Ada diantara kita yg belajar alqur'an bljar tahsin harus mengulang lagi mengulang lagi krna belum fasih ketika membaca huruf sperti mengucapkan huruf ء dan ع sulit untuk dibedakan makanya diulang² terus smpai fasih Maa Syaa Allah dia akan mendpatkan pahala yg bgtu besar.

 وَعَلَّمَهُ

Dan bgtu pula orng yg mengajarkan Alqur'an pahalanya juga sama besarnya,kita ngajarin 3 orng lalu dia 3org itu bisa baca alquran dari kita ketika dia membaca Alqur'an satu huruf yg ia baca akan mendapatkan 10 pahala lalu kita yg mengajarkanya dpat juga pahalanya.

Makanya Nabi Mengatakan Orng paling baik diantara kita bukan presiden ,panglima tni, polri,manager ,direktur tetapi yaitu orang yg belajar dan mengajar Alqur'an mau siapapun dia.

Membaca alqur'an Allah lipat gandakan pahalanya sholat dilipat gandakan smpai 50x lipat pahalanya, kemudian ada pahala yg Allah lipat gandakan smpai 700x lipat yaitu sedekah,Orang yg bersedekah Allah lipatkan 700x lipat dalilnya firman Allah Ta'ala dalam Surat albaqoroh 261

مَثَلُ الَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنۡۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِىۡ كُلِّ سُنۡۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ‌ؕ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji.Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.

Kita kalo sedekah 1 jt Allah bales 700 juta

Tapi anehnya kita tdk tertarik ,bnyak yg pelit duitnya banyak tapi bnyak yg ngk mau sedekah.

Harta sebnyak apapun yg kita miliki ketika kita meninggal dunia itu smua akan kita tinggalkan tdk ada sperpun yg kita bawa

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَتْبَعُ الْمَيِّتَ ثَلاَثَةٌ ، فَيَرْجِعُ اثْنَانِ وَيَبْقَى مَعَهُ وَاحِدٌ ، يَتْبَعُهُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ ، فَيَرْجِعُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ ، وَيَبْقَى عَمَلُهُ

“Yang mengikuti mayit sampai ke kubur ada tiga, dua akan kembali dan satu tetap bersamanya di kubur. Yang mengikutinya adalah keluarga, harta dan amalnya. Yang kembali adalah keluarga dan hartanya. Sedangkan yang tetap bersamanya di kubur adalah amalnya (HR. Bukhari, no. 6514; Muslim, no. 2960)

Ali bin Muhammad Abul Hasan Nuruddin Al-Mala Al-Harawi Al-Qari (meninggal dunia tahun: 1014 H) menyatakan bahwa seseorang ketika mati ada tiga yang mengikutinya hingga ke kubur. Pertama adalah keluarganya, yaitu anak dan kerabatnya, begitu pula sahabat dan kenalannya. Kedua adalah hartanya, seperti budak laki-laki atau perempuannya, juga hewan tunggangannya. Ketiga adalah amalannya, yaitu amal baik atau buruk yang pernah ia lakukan. Keluarga dan harta tadi akan kembali. Yang tersisa hanyalah amalnya yang menemani ia di kubur. (Mirqah Al-Mafatih Syarh Misykah Al-Mashabih, 8: 3235. Dinukil dari Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab, no. 199542).

Orng yg cerdas akan menginfaqkan hartanya apalgi klo dia tau pahalanya akan dilipatkan 700x lipat tetapi itu juga klo ikhlas krna Allah Azza Wajalla.

Jangan pernah mengungkit² pemberian karena kalo kita mengungkit² pemberian pahalanya akan hilang Allah Ta'ala berfirman dlm surat Al Baqoroh 264

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُبْطِلُوْا صَدَقٰتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْاَذٰىۙ كَالَّذِيْ يُنْفِقُ مَالَهٗ رِئَاۤءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَاَصَابَهٗ وَابِلٌ فَتَرَكَهٗ صَلْدًا ۗ لَا يَقْدِرُوْنَ عَلٰى شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوْا ۗ وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْكٰفِرِيْنَ

264. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena ria (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir. Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang di atasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.

Kita kalo sudah melakukan kebaikan jgn pernah kita ungkit² lagi karna pahalanya akan hilang pdahal klo kita tau pahala sedekah itu 700x lipat.

Adapun kita dksih skit diksih musibah ini merupakan adzab yg disegerakan mungkin kita pernh melakukan dosa dan maksiat Allah gugurkan dosa²nya dgn sakit,kehilangan harta,kehilangn jabatan dll.Itu smua adalah adzab yg disegerakan oleh Allah Ta'ala,Bahkan sblum meninggal dunia ada yg diksih struk lama pnykit keras komplikasi dan lain² kemudian ketika sakratul maut mengalami skit yg luar biasa itu merupakan adzab yg disegerakan didunia untuk menghapuskan dosa²nya sehingga setelah meninggal dan di akhirat 

Dlm keadaan bersih dari smua dosa²nya.

2.orang mengeluarkan zakat yg mengeluarkan sedekah itu telah membuktikan keimanya kpd Allah Azza Wajalla dia lebih cinta kpd Allah dari pda hartanya.

Jadi kita smua ini cinta sama harta cinta dgn dunia. Terus knpa mereka mau bersedekah zakat dan infaq??

karena mereka lebih cinta kpd Allah Azza wajalla dari pada hartanya dia yakin bahwa harta yg ia sedekahkan itu akan dikembalikan lgi oleh Allah nanti di akhirat

Makanya ketika Abu Bakar sahabat yg pertama masuk islam ini kaya raya tapi beliau sklipun kaya tapi ngk pelit bnyak yg msuk islam itu dari kalangan budak.

Abu bakar rodhiyallahu anhu membebaskan budak² mengunakan hartanya.Dibeli bebaskan di beli bebaskan dan abu bakar ini ngk mandang apakah budak itu kuat fisiknya atou lemah.

abi quhafa wahai putraku kamu bebaskan budak² yg lemah kenapa kou ngk bebaskan budak² yg kuat fisiknya agar ketika kamu membutuhkan bantuan kamu dibantu olehnya ini kata ayahnya bebasin budak yg kuat biar dpat balasan kata abu bakar wahai ayahku sesungguhnya aku hnya mengharapkan apa yg ada disisi Allah ini sikap kita ketika berinfaq bershodaqoh ketika mengeluarkan zakat niatkan smuanya untuk Allah, hnya karna ingin melihat wajah Allah Azza wajalla kami tdk pernh mengiginkan balasan tdk pula ucapn terimaksih.

Jangan mengahrapkan balasan dari manusia akan tetapi berharap balasan pahala dari Allah Azza wajalla.

Ini bukti bahwa orng yg zakat infaq dan shodaqoh membuktikan keimananya kpd Allah dibanding hartanya.Harta yg kita infaqkan akan diganti oleh Allah bagi orng yg beriman kpd Allah Azza wajalla.

Imam al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا.

‘Tidak satu hari pun di mana pada pagi harinya seorang hamba ada padanya melainkan dua Malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Dan yang lainnya berkata: ‘Ya Allah, hancurkanlah (harta) orang yang kikir.’”Muttafaq ‘alaih. Shahiih al-Bukhari kitab az-Zakaah bab Qau-luhu Ta’ala: Fa Amma Man A’thaa wat Taqaa wa Shaddaqa bil Husnaa (III/304 no. 1442) dan Shahiih Muslim kitab az-Zakaah bab Fil Munfiq wal Mumsik (II/700 no: 1010 (57)).

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang sebaik-baiknya.” [Saba/34: 39]

3.orng yg bersedekah rahasia akan mendpatkan naungan oleh Allah di hari kiamat. Dimana ketika kita dibangkitkan dari alam kubur dan dikumpulkan dipadang mahsyar dgn keadan telanjang kaki telanjang pakaian ngk bawa apa² laki² dan perempuan dikumpulkan ditempat yg sama yaitu padang mahsyar.

Ditempat ini matahari didekatkan 1mil diatas kepala manusia semuanya berteriak ada yg keringatnya semata kaki ada yg keleher bahkan ada yg smpai tengelam dgn keringatnya tapi ada 7 golongan kata Nabi dpat naungan Allah Ta'ala yg tdk kepanasan 

Rosulullah sholallahu 'Alahi wasallam bersabda 

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِيْ ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: اَلْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ ، فَقَالَ : إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Imam yang adil, (2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh, (3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid, (4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, (5) seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allâh.’ Dan (6) seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta (7) seseorang yang berdzikir kepada Allâh dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.”

Hadits ini shahih, diriwayatkan oleh:

Al-Bukhari (no. 660, 1423, 6479, 6806),

Muslim (no. 1031 (91)),

Sedekah rahasia

وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ 

seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, 

4.Memadamkan murka Allah org yg sedekah rahasia akan memadamkan murkan Allah Azza wajalla 

5.Orng Yg bersedekah rahasia Allah akan menghapuskan dosa²nya 

Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Sedekah kenapa susah skli teman² padahal amalan sedekah bisa menghpuskn dosa²nya.Orng yg berlimu ketika mempunyai harta dia akan mengeluakan zakat dan sedekah knpa karna dia tau manfaatnya zakat infaq dan shodaqoh adalah bisa menghapuskan dosa²nya.

Orng yg beesedekah akan bertambah rizkinya bukan smkin habis nabi bersabda

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)

Tadi diantaranya turun 2 malaikat satu berdoa kpd Allah Yaitu ya Allah berikan kpd Org yg berinfaq itu ganti sedangnya yg satunya lagi اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

مُمْسِكًا  maknaya adalah pelit kikir

Kebinasaan dan kehancuran bagi org yg pelit.

Dalam Alquran Allah Ta'ala berfirman Albaqoroh ayat 276

يَمۡحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرۡبِى الصَّدَقٰتِ‌ؕ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيۡمٍ

Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.

Ada 3 perkara nabi bersumpah satu diantaranya adalah 

 مَانَقَّصَ مَالَ عَبْدٍ صَدَقَةٌ،harta tidak akan berkurang karena disedekahkan

Harta yg kita keluarkan itu Tdk akan berkurang sedikitpun justru harta yg kita sedekahkan harta orng itu malah smkin sedekah semakin berkah.

Adzab untuk orng tdk mau zakat sedekah

1.Surat At Taubah ayat 34 35

Allah Ta'ala berfirman 

 اَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗوَالَّذِيْنَ يَكْنِزُوْنَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُوْنَهَا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۙفَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ ٣٤ يَّوْمَ يُحْمٰى عَلَيْهَا فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوٰى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوْبُهُمْ وَظُهُوْرُهُمْۗ هٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ فَذُوْقُوْا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُوْنَ ٣٥

“Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih. (Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (QS. At-Taubah [9]: 34-35).

Orang yg ngk mau bersedekah Allah berikan adzab yg pedih

2.Surat Ali Imron 180

وَلَا يَحْسَبَنَّ ٱلَّذِينَ يَبْخَلُونَ بِمَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ هُوَ خَيْرًا لَّهُم ۖ بَلْ هُوَ شَرٌّ لَّهُمْ ۖ سَيُطَوَّقُونَ مَا بَخِلُوا۟ بِهِۦ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۗ وَلِلَّهِ مِيرَٰثُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Belum lagi disebutkan dalam hadits harta yg tdk dikeluarkan ketika sudah ada kewajiban untuk zakat itu nanti akan berbntuk ular yg besar.

Lalu disebutkan dlm hadits lainya 3 orng yg pertama kali masuk neraka Rosulullah Sholallahu 'Alaihi wasalam bersabda:

أوّل ثلاثة يدخلون النار، أمير مسلط وذو ثروة لا يؤدّي حق الله في ماله وفقير فخور .

Artinya "Ada tiga Orang yg pertama kali masuk neraka. Pemimpin yg dzolim, org kaya yg tdk mau menunaikan hak Allah di dlm hartanya zakat dan shodaqoh dan yg fakir yg sombong."(HR Al Mundziri).

 

Demikian semoga Bermanfaat

Barakallahu fiikum

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

✍️"Al Faqir Abu Ibrohim" (Tim Dakwah DKM Alkautsar TACI - Kajian Pekanan)