Kaliah subuh ustadz Ashanul Ahmad

Lilik Nuryanto • 20 April 2023

kultum bakdha sholat subuh bersama ustadz Ashanul Ahmad, masjid mess Pama Sangata Al barokah 

Tema : Pentingnya istiqomah di ajalan Allah SWT

Suatu hari seorang sahabat datang bertanya kepada sang nabi, ya Rosulullah ini isalm udah banyak ajaran-ajaran dan apa yang harus saya lakuakn, lalu nabi berkata, katakanlah kalu saya sudah beriman kepada Allah dan istikomah lah. 
Istiqomah yaitu bagaimana kita terus menerus tidak berhenti tetus dalam ketaatan kepada Allah terus dalam ketundukan Allah swt, dan allah menjajikan 2 kali allah menyebutan dalam al-quran tentang balasan orang yang beristiqomah :

1. QS. Fussilat Ayat 30

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu

2. QS. Al-Ahqaf Ayat 13
اِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَۚ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah,” kemudian mereka tetap istiqamah tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati. 

Berdasarkan ayat setiap orang yang sakaratul maut, kalau sepanjang hidupnya berbuat baik yang datang bukan hanya malaikat sakaratul maut maka dia akan melihat malaikat-malaikat yang lain. 
Syarat agar saat meninggal dindatangi malaikat dan banyak malaikat yang datang dan menghibur kita:
1. Istiqomah, cara beristiqomah yaitu perbanyak berdoa kepada Allah
2.Terus belajar dan jangan pernah berhenti belajar karena setan gampang menyesatkan kepada orang yang tidak ada ilmunya
3. Menjadi pendakwah, menjadi pendakwah tidak harus berdiri di mimbar tapi berusahalah mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan
4. Beradalah di lingkungan orang-orang yang baik

Dkm Pama sangata
Kaltim