Ceramah Dhuhur #3 – Spirit Profesionalisme Muslim

Tiga puluh menit, kurang lebih, menjadi waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk mengkaji firman Allah SWT dan Hadist Nabi Muhammad ﷺ setelah pelaksanaan sholat Dhuhur Berjamaah di Masjid Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia.

Selasa, 4 April 2023 merupakan kali ketiga, Panitia Gema Ramadhan 1444 H melaksanakan Ceramah Dhuhur yang kali ini dibawakan secara singkat, jelas dan padat oleh Ust. Muhammad Baharudin Purnomo, S.Kom dengan tema Spirit Profesionalisme Karyawan Muslim Menuju yang Terbaik di Hadapan Allah SWT. Adapun materi yang disampaikan yaitu terkait dengan integritas seorang muslim dalam memaksimalkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baik amalan.

“Terdapat tiga hal amalan utama yang dapat dioptimalkan dalam memaksimalkan bulan Ramadhan yang mulia ini. Pertama yaitu Puasa itu sendiri, puasa yang didasarkan pada iman dan pengharapan atas pahala Allah SWT, dan menghidupkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya, dengan ganjaran yaitu pengampunan atas dosa-dosa yang telah lalu. Kedua, Sholat Wajib, Sholat Tarawih atau Qiyamul Lail. Pastikan saat kita bepuasa, jangan sampai meninggalkan kewajiban sholat wajib 5 waktu dan  sengaja melalaikan tarawih yang merupakan ibadah khusus di bulan Ramadhan. Ketiga, Tilawatil Quran, bulan Ramadhan adalah bulan Qur’an, maka hidupkan Ramadhan dengan membaca Al-Qur’an, perlu bagi kita untuk menargetkan berapa kali kita harus khatam selama bulan Ramadhan. Jika ketiga hal tersebut dilakukan, Insyaa Allah, kemudahan dalam hidup dapat dirasakan.” papar penceramah dalam bahasan materinya.

zz
Suasana Ceramah Dhuhur #3

“Teng tong teng tung, teng tong teng tung. Silahkan kembali ke tempat kerja Anda, siapkan peralatan yang dibutuhkan. Selamat kembali bekerja.” suara bel berbunyi dan ceramah Dhuhur pun selesai dan karyawan dipersilahkan kembali bekerja.

Tupon Setiawan – DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia