ideAGI

Pengurangan Output Air Pada Kran Wudhu

Tupon Setiawan • 25 Maret 2023
Deskripsi Program yang Dilaksanakan
Tinggal di wilayah dengan sumber air yang melimpah merupakan nikmat Allah Ta’ala yang layak kita syukuri. Salah satu bentuk rasa syukur adalah memanfaatkan nikmat tersebut dengan sebaik-baiknya dan tidak berlebih-lebihan. Hal ini sesuai dengan kaidah umum yang difirmankan oleh Allah SWT dalam QS Al A’raf ayat 31 yang berbunyi,” “Makan dan minumlah tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak suka orang yang melampaui batas.” Melampau batas disini yaitu berlebih-lebihan atau dalam konteks terkait air adalah pemborosan air.
Kran air wudhu di Masjid Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia, masih mengalir begitu deras dengan kekuatan optimal. Tidak jarang melihat jamaah yang memaksimalkan putaran kran sehingga output air begitu kencang dan banyak yang terbuang sia-sia saat berwudhu. Tentunya hal ini sangat disayangkan dan perlu dilakukan pengurangan output air dengan melakukan modifikasi kran air tersebut sehingga air yang keluar lebih kecil dibandingkan dengan output air saat ini.
Keunikan dan Kelebihan
DKM Baitussalam akan melakukan langkah-langkah berikut sebagai upaya Penghematan Air secara Komprehensif di Masjid Baitussalam
1. Memodifikasi kran air dengan cara membatasi putaran melalui penambahan material tertentu, sehingga jamaah tidak bisa memutar kran dengan sempurna, tapi berhenti di setengah kran.
2. Memastikan informasi penghematan air ini disosialisasikan ke Jamaah dengan memasang poster di area wudhu, untuk bersama-sama melakukan penghematan air.
3. Output air wudhu yang sudah mengalir akan dikumpulkan dalam Sewage Treatment Plant (STP) dengan mekanisme penyaringan (filtrasi) yang standard.
4. Memanfaatkan Output air wudhu dalam STP tersebut untuk menyiram tanaman di area Masjid.
Hasil Manfaat yang Telah Didapat dan Biaya
Dengan penerapan Pengurangan Output Air Wudhu ini diharapkan dapat menghemat penggunaan air di masjid Baitussalam hingga 40% dari saat ini. Selain itu, dengan upaya ini dapat meningkatkan pemahaman jamaah tentang pentingnya hemat air dan tidak berlebih-lebihan dalam menggunaka air dan tentunya menjadi upaya bersama dalam mewujudkan Sustainable Masjid yang Ramah Lingkungan.
Adapun biaya yang dibutuhkan untuk merealisasikan ide tersebut yaitu untuk modifikasi 40 unit kran wudhu yang tersebar di seluruh area masjid dan musholla Perusahaan sebesar Rp10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
Anggota Kelompok
1. Tupon Setiawan
2, Muhammad Ishak Muslim
3. Wahid Aris Budiman
Kategori Program
Penghematan Air
Perusahaan Grup Astra
Akebono Brake Astra Indonesia
Gambar (1 file foto atau gambar yang mewakili program)