Sholat Jumat Pertama di Bulan Ramadhan 1444 H

Pada Jumat, 2 Ramadhan 1444 H bertepatan dengan 24 Maret 2023, suara adzan Sholat Jumat terdengar begitu sangat merdu, dibawakan dengan syahdu oleh Jamaah Masjid Baitussalam, Ust. Ahmad Syakir Hafidzahullah. Jika pembaca berkesempatan sholat Jumat di Masjid Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia, coba pejamkan mata sejenak, nikmati setiap kalimat adzan yang dilafalkan, dipastikan terdapat getaran iman yang dapat dirasakan, tidak sedikit yang terenyuh dengan suara beliau. Masyaa Allah wa tabarakallahu.

Alhamdulillah ketika Adzan berkumandang, masjid Baitussalam telah terpenuhi oleh Jamaah dan khotbah pun dimulai, dan khutbah yang khidmat dibawakan oleh Ust. Thoharudin Al Hafidz Hafidzahullah. Khotbah yang sangat menyentuh di awal Ramadhan, khutbah yang begitu menggugah iman yang mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama.

a
Suasana Sholat Jumat Perdana di Ramadhan 1444 H

“Sesungguhnya Allah memiliki 100 rahmat. Salah satu di antaranya diturunkannya kepada kaum jin, manusia, hewan, dan tetumbuhan. Dengan rahmat itulah mereka saling berbelas kasih dan menyayangi. Dengannya pula binatang liar mengasihi anaknya. Dan Allah mengakhirkan 99 rahmat untuk Dia curahkan kepada hamba-hamba-Nya pada hari kiamat.” buka khotib dalam khutbahnya, yang mengutip hadist dari Abu Hurairah RA

Beliau menjelaskan bahwa ada seorang Ibu menyayangi anaknya, dengan kasih sayang yang penuh dan tak terbilang. Ada harimau yang menjaga anaknya dengan sebaik-baiknya dari musuh-musuhnya. Ada suami yang mencintai istrinya dengan penuh kasih sayang dan sebagainya. Itu semua hanyalah satu rahmat yang Allah Ta’ala turunkan ke muka bumi. Hanya satu dan hal tersebut memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi setiap makhluk-makhluknya. Lantas, bagaimana dengan 99 rahmat lainnya. Siapakah yang berhak memperoleh rahmat dan kasih sayang Allah atas 99 rahmat tersebut?

Mereka adalah orang orang yang dicintai Allah di dunia ini. Yaitu mereka yang mencintai Allah dan hidup dalam cinta dengan Allah dan orang orang yang dicintai Allah Ta’ala. Pertanyaan selanjutnya, apakah kita termasuk di dalamnya?

“Kita senantiasa berdoa untuk dapat mendapatkan 99 rahmat Allah dan masuk dalam golongan orang-orang yang bertakwa dan dicintai Allah dan momentum Ramadhan ini, adalah waktu yang sangat baik dan tepat untuk kita semua, merayu ke Allah, merengek ke Allah, meminta untuk dapat dimasukkan ke golongan orang-orang yang bertakwa tersebut. pungkas khotib.

v
Berfoto bersama dengan Ust. Thoharudin Al Hafidz Hafidzahullah

Wallahu’alam bishowab

Tupon Setiawan – DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia