Deskripsi Program yang Dilaksanakan
Wudhu berasal dari kata wadha'ah yang berarti bersih dan baik. Wudhu adalah salah satu cara mensucikan anggota tubuh dengan air. Hal ini berkaitan dengan seorang muslim yang diwajibkan bersuci setiap kali dia sholat.
Penelitian ini mengkaji penggunaan air untuk bersuci (wudhu) yang ternyata telah digunakan secara berlebihan. Nabi Muhammad S.A.W. mencontohkan umatnya untuk menghemat air dalam berwudhu, dikutip dari hadits yang dikemukakan oleh Anas bin Malik R.A.: “Rasulullah S.A.W. berwudhu dengan satu mud dan mandi dengan satu sya’ sampai dengan lima mud” (HR Al Bukhari No. 194 ). Satu mud adalah takaran yang setara dengan isi telapak tangan seorang dewasa, jika keduanya diisi kemudian dibentangkan, itulah yang dikatakan satu mud. Berdasarkan hadits ini diketahui bahwa Rasulullah S.A.W. hemat dalam menggunakan air untuk wudhu. Pemborosan air wudhu perlu dihindari untuk menghindari perilaku mubazir. Berdasarkan beberapa literature dan hasil trial, rata-rata penggunaan air untuk berwudhu ± 4.5 Liter/waktu sholat/orang.
Dari fakta dan fenomena itulah maka kami melakukan fesibillity study untuk menemukan improvement yang tepat menanggulangi pemborosan ketika ber wudhu.
Keunikan dan Kelebihan
Setelah kami melakukan PDCA dengan beberapa ide improvement, improvement yang kami pilih untuk menanggulangi fenomena pemborosan tersebut adalah dengan menambahkan FLOW RESTRICTOR (water check valve) disetiap keran wudhu. Dengan improvement tersebut dirasa dan terbukti dapat mengurangi konsumsi air untuk berwudhu dan tidak menimbulkan masalah lain (salah satunya limbah B3)
Improvement ini telah di aplikasikan di salah satu masjid PT. ADM yaitu tempat Wudhu Masjid Abubakar Ashsidiq. Akan dilanjutkan ke masjid utama, Masjid Nurussalam dan masjid-masjid yang lainnya.

Selain kita mengurangi dari konsumsi air wudhu, kita juga mencari sumber lain sebagai alternatif sumber air untuk berwudhu, yaitu air dari hasil kondensasi AC, Karena berdasarkan literatur air AC ini aman di gunakan untuk berwudhu dan termasuk air yang suci mensucikan.

Dari 2 improvement diatas, untuk mencapai sustainibility dalam proses, kami juga memastikan agar air ex-wudhu ini bisa dimanfaatkan kembali untuk proses pencucian mobil dengan cara dilakukan filtrasi.
Hasil Manfaat yang Telah Didapat dan Biaya
Manfaat:
1. Mereduce penggunaan air hingga ±
35%
2. Reduce cost, (karena penggunaan air saat ini disupply dari PDAM Aetra --> Berbayar)
3. Dalam rangka menjaga lingkungan dan program SDGs, Improvement ini tidak menghasilkan limbah B3, karena tidak menggunakan material yang berhubungan dengan electrical equipment atau B3 yang lainnya.
4. Termasuk dalam program SDGs point Nomor 6, yaitu "Clean Water and Sanitation"
Anggota Kelompok
Fadlu Rohman
Dani Herdiana
Kategori Program
Penghematan Air
Perusahaan Grup Astra
Astra Daihatsu Motor
Gambar (1 file foto atau gambar yang mewakili program)