Kenapa Allah Ta’ala bersumpah Atas Nama Makhluk-nya?

“Diinformasikan kepada seluruh karyawan PT AAIJ yang beragama Islam, bahwa hari ini, Jumat, 17 Maret 2023, DKM Baitussalam akan melaksanakan Sholat Jumat Berjamaah Terpusat di Masjid Baitussalam.” Terdengar suara pagging dari receptionist, sekitar satu jam menjelang pelaksanaan sholat Jumat. Alhamdulillah, kata-kata tersebut mengingatkan kita untuk tetap dan terus melaksanakan sholat Jumat sebagai kewajiban bagi seorang laki-laki muslim.

Jumat, 24 Sya’ban 1444 H bertepatan dengan 17 Maret 2023, menjadi sholat Jumat terakhir di bulan Sya’ban. Sebelum sholat Jumat dimulai, pengurus DKM kembali mengumumkan berbagai hal, salah satunya yaitu terkait aktivitas Gema Ramadhan 1444H, dimana agenda yang terdekat yaitu Quiz Ramadhan yang akan dilaksanakan selama satu pekan ke depan, dan pemenang akan diumumkan dalam Maklumat Jumat, pekan selanjutnya.

d
Suasana Sholat Jumat di DKM Baitussalam

Sholat Jumat yang diikuti oleh lebih dari 500 jamaah ini dimulai dan khotib Jumat ini, membawakan tema tentang Kenapa Allah Ta’ala bersumpah atas nama Makhluknya?. Setidaknya ada beberapa alasan antara lain sebagai berikut.

  1. Sumpah merupakan salah satu gaya bahasa Arab yang ingin menekankan sesuatu kepada pendengar dan Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab.
  2. Allah bersumpah dengan makhluk-makhluk yang hebat dan dahsyat, menunjukkan sempurnanya kemuliaan dan kekuatan Allah Ta’ala
  3. Menunjukkan tingkat kemuliaan makhluk yang dijadikan sumpah. Karena Allah tidaklah bersumpah kecuali dengan makhluk-makhluk-Nya yang istimewa. Seperti saat Allah bersumpah dengan waktu “Demi waktu, Demi Waktu Dhuha, Demi Waktu Fajar, Demi Bintang ketika terbenam dan sumpah dengan makhluk lain-Nya.”

Terkait sumpah Demi Waktu, menunjukkan betapa istimewanya waktu, sampai Allah Ta’ala jadikan waktu sebagai target sumpah. Hal ini menjadi nasehat utama bagi kita untuk tidak meremehkan waktu yang kita miliki. Waktu adalah rizki yang paling berharga, kesempatan untuk terus menambah iman dan takwa, sebagai bekal menuju akhirat yang kekal abadi. Wallahua’lam bis showab

Tupon Setiawan – DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia