Mendulang Ilmu Keuangan Keluarga di Ahad Ceria

Tidak banyak orang yang mau mendengarkan ceramah, kuliah, workshop atau berbagai istilah lainnya di hari Ahad. Mengapa? karena sebagian besar mempunyai berbagai agenda bersama keluarga, healing ke suatu tempat atau hanya sekedar ke mall, hunting kuliner dan menghabiskan waktu disana. Sepertinya tidak masalah dan itu sah-sah saja. Namun, yang perlu di highlight bahwa ternyata ada sebagian dari kita yang menjadikan hari ahad-nya berfaidah dan penuh makna.

Siapa sih didunia ini yang tidak mau uang? Pasti, hampir 100% menginginkan uang untuk memenuhi kebutuhan primernya. Masalahnya, setelah uang atau rejeki diterima, bagaimana kita menyikapinya? Bagaimana kita mengatur uang atau rejeki itu sedemikian rupa, sehingga dapat memberikan kebahagiaan sejati buat kita baik di dunia maupun di akhirat.

Alhamdulillah, pertanyaan-pertanyaan tersebut, dapat terjawab melalui Workshop Keuangan Keluarga yang dilaksanakan pada Ahad, 12 Maret 2023 dan dibawakan secara apik oleh Amalia Khoirun Nisa, QWP, AWPS. Workshop yang merupakan rangkaian dari Astra Gema Islami 2023 ini, dimulai tepat pukul 10.00 dan berakhir menjelang Dzuhur, dimana antusiasme dari hampir 50 peserta begitu sangat responsive dan interactive. Secara garis besar, workshop ini dibuka dengan konsep rejeki yang Allah Ta’ala turunkan kepada mahluknya, tidak hanya manusia tapi seluruh mahluk hidup yang Allah ciptakan. Setelah itu dijabarkan secara gamblang tips mengelola keuangan keluarga yang didahului dengan memahami mind-set tentang rejeki hingga sampai tahap akhir bagaimana kita konsisten dalam mengelola keuangan tersebut. Sebagai tips penutup, atas segala nikmat, uang, rejeki yang diperoleh, bersyukur menjadi hal dasar dan utama yang perlu dipraktekkan setiap hari. Hal ini tentu sesuai dengan firman Allah Ta’ala dalam QS Ibrahim : 7 yang artinya, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Zoom Meeting
Alhamdulillah, bisa belajar dari ahlinya.

Acara pun selesai dan sebagai bentuk challenge, panitia memberikan kesempatan kepada peserta untuk membuat ringkasan tentang workshop yang telah diikuti dan wajib di-upload di Instagram. Tujuh peserta dengan ringkasan yang unik dan menarik berhak mendapatkan hadiah uang digital masing-masing senilai Rp100.000,-. Alhamdulillah penulis, terpilih sebagai salah satu yang beruntung. Terima kasih Panitia.

a
Salah satu slide dalam Challenge

Seru kan !!, gak cuma dapat ilmu gratis, pahala kebaikan, tapi bisa juga mendapat hadiah menarik dari panitia. So, ikuti rangkaian aktivitas Astra Gema Islami 2023 lainnya, insyaa Allah bermanfaat dan mari kita ucapkan, #saatmuBERAKSI

 

Tupon Setiawan - DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia