Tafakur Alam ala Jamaah Baitussalam

Ramadhan semakin mendekat, kehadirannya semakin terasa begitu kuat, dan hati kita semua dipastikan semakin bersemangat, untuk menyambut dengan penuh hangat. Apakah kita sudah siap menjamu Ramadhan, tamu agung nan terhomat?. Siap tidak siap, Ramadhan pasti akan datang, dan kita terus berdoa kepada Allah Ta’ala supaya diberi rizki menemuinya dengan penuh riang. Oleh karena itu, untuk menyambut kehadirannya, DKM Baitussalam melalui Panitia Gema Ramadhan 1444H, melaksanakan acara Pra Ramadhan dengan aktivitas yang bermanfaat dan menyenangkan, bertajuk Tafakur Alam.

Pasca diumumkan Panitia, dengan berbagai  keterbatasan yang dihadapi, Alhamdulillah, Tafakur Alam telah selesai dilaksanakan pada Sabtu dan Ahad, 4 dan 5 Maret 2023 di Villa Roso Mulya, Bogor, Jawa Barat dan diikuti oleh hampir 30 peserta. Pengen tahu keseruan Tafakur Alam ala Jamaah Baitussalam?

Sabtu, 4 Maret 2023 para jamaah Baitussalam berkumpul di Lobby PT Akebono Brake Astra Indonesia dan dengan penuh semangat menuju lokasi mengenakan kaos hijau tosca bertuliskan Tafakur Alam, Gema Ramadhan 1444 H dengan tagline Back To Masjid.

lobi
Lobi Kantor sebagai Starting Point menuju Lokasi

Perjalanan hammpir menempuh waktu dua jam dan akhirnya sampailah rombongan Tafakur Alam di Villa Roso Mulyo. Sejurus kemudian, para peserta diarahkan ke aula untuk mengikuti materi perdana berupa pembekalan Ramadhan yang diisi oleh Ust. Aang Kunaepi, dengan tiga poin penting sebelum masuk di bulan Ramadhan

  1. Perlunya membiasakan diri melakukan amalan ramadhan seperti tilawah Al-Qur'an, sholat malam, sedekah dan lainnya, sehingga saat Ramadhan tiba, kita sudah terbiasa.
  2. Buatlah target ibadah Ramadhan tahun ini.
  3. Istiqomah melakukan hal mudah, kecil dan menarik serta berkumpul dengan komunitas kebaikan.

kajian
Kajian Perdana oleh Ust. Aang Kunaepi

Barakallahu, semoga materi yang disampaikan menambah semangat dalam memasuki bulan Ramadhan dan teruntuk Ustadz Aang Kunaepi, semoga Allah memberikan rahmat seluas-luasnya dan senantiasa diberikan kesehatan.

Waktu menunjukkan pukul 12.00 WIB dan peserta dipersilahkan untuk check in, istirahat, makan dan sholat dhuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan agenda berikutnya yaitu pemaparan aktivitas Masjid Baitussalam yang tentunya memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menyampaikan saran, kritik dan harapan terhadap Masjid Baitussalam. Selain itu juga disampaikan informasi rangkaian Gema Ramadhan 1444H yang bisa diikuti selama bulan Ramadhan. Acara sore ditutup dengan sholat Ashar berjamah dan dilanjutkan dengan dzikir petang.

Saatnya healing, setelah berbagai acara serius dan saatnya menikmati suasana villa dengan  berenang bersama dan eksplorasi suasana villa dengan pemandangan alam yang Masyaa Allah menyegarkan dengan asupan oksigen yang melimpah.

ren
Berenang menikmati sejuknya suasana Villa

 

Puas menikmati aktivitas pribadi, agenda petang penting selanjutnya yaitu  sholat magrib berjamaah, makan bersama dan dilanjutkan pembekalan Ramadhan kedua yang diisi oleh Ust. Syarief Abdul Nasser. Tidak kalah penting, inilah momen bersejarah dimana dalam acara Tafakur Alam ini akan dilaksanakan pengukuhan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) baru terpilih yang akan bertugas mulai tahun 2023 ini, menggantikan kepengurusan DKM Baitussalam sebelumnya yaitu Bapak Widyawan Hendrayana, yang telah memasuki usia pensiun. Informasi pengukuhan DKM Baitussalam ini, akan diinformasikan pada berita terpisah, karena merupakan agenda cukup penting bagi DKM Baitussalam. Insyaa Allah

kajian oleh Ust. Syarief
Kajian Malam oleh Ustadz Syarief

Hawa dingin yang tertahan jaket, mulai menembus kulit dan saatnya masuk ke villa dan istirahat sejenak untuk persiapan bangun lebih pagi karena agenda qiyamul lail sudah menanti. Meskipun dingin, semua peserta bangun dan turut serta dalam qiyamul lail yang diimami oleh Ustadz Suherman, Jamaah Baitussalam sekaligus ketua Koperasi AKASIA. Jika pembaca mendengar lantunan Al Quran beliau, Insyaa Allah kedamaian dan ketenangan akan menyelimuti hati, apalagi di suasana syahdu penuh rahmat dimana Allah turun ke langit dunia sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wassalam bersabda: "Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan!

foto
Siap melanjutkan Agenda Sholat Malam

Sholat tahajud pun selesai dan disambung langsung sholat subuh, dzikir pagi dan ceramah subuh oleh Ustadz Maryono. Setelah ceramah, tidak sedikit yang melakukan ibadah pribadi seperti baca Al Quran. Habis sholat subuh, langsung tidur lagi, No, sekali-kali tidak dilakukan sama para peserta, mereka semakin antusias karena agenda selanjutnya yaitu outbound.  Setelah sarapan, peserta tafakur alam mengikuti outbound dengan antusias dengan berbagai permainan dan tantangan yang seru dan menyenangkan dimana hampir dilaksanakan selama 3 jam dari jam 8 hingga jam 11. Kerennya lagi, dilaksanakan ditengah-tengah bukit dengan pepohonan hijau yang rindang dengan hembusan oksigen pagi yang atas ijin Allah Ta’ala, dihirup oleh para peserta Tafakur Alam.

re
Selebrasi menyelesaikan Tantangan Outbound

Outbond telah selesai dilaksanakan dan kebersamaan di villa ini pun berakhir, hanya di villa ini yah, tapi pada hakekatnya kebersamaan dan kekeluargaan antar peserta terus terjalin di Masjid Baitussalam, sebagaimana testimony dari para peserta dibawah ini. Yuk simak

“Assalamu'alaikum, Sebelumnya saya  haturkan Jazakumullohu Khairan katsir kepada semua para Asatidz pada orang Tuaku wabil khusus kpd segenap Panitia Tafakur Alam DKM Masjid Baitussalam PT AAIJ beserta jajaran pengurusnya dan tak lupa kepada para rekan peserta yang bisa hadir mudah-mudahan pula di Acara kedepan bisa hadir berkumpul lebih banyak lagi. Aamiin. Alhamdulillah bertambahlah Ilmu baru dan pengalaman baru yang saya dapatkan dari Acara Tafakur Alam ini dengan berkumpulnya orang-orang sholeh semoga bisa saya amalkan di kehidupan sehari-hari Semoga bisa tetap terjaga tali silaturahim dan ukhwah persaudaraan kita hingga bertemu baginda rasul nabi Muhammad hingga dikumpulkannya kita di surga NYA Allah Subhanallahuwataala. Aamiin.”Endi Saryono, Quality Assurance

“Tafakur alam kali ini adalah tafakur terbaik yang alami di AAIJ... mantaps .luar biaaasaaa.” Maryono, General Affairs

“Jazakumullah Khoiron kami ucapkan kepada seluruh peserta Tafakur alam yang telah joint dalam salah satu Calendar of Event DKM Baitussalam  Alhamdulillah acara tafakur alam sebagai ajang tali silaturahmi antar jamaah Masjid Baitussalam dengan pengurus DKM Baitussalam.Kami selaku panitia tafakur alam,kami mohon dibukakakan pintu maaf yang sebesar -besarnya jika dalam proses acara banyak kekurangannya. Salam hangat &  kompak selalu.... DKM Baitussalam....berkah...berkah ..berkah.” R.M Iswadi, Quality Control

Sampai jumpa di acara Ramadhan selanjutnya, stay tune yah…

 

Tupon Setiawan - DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia