Sholat Jumat di Penghujung Rajab

Jumat, 26 Rajab 1444H bertepatan dengan tanggal 17 Februari 2023, merupakan Jumat terakhir di penghujung bulan Rajab yang pernuh berkah, salah satu bulan haram, dimana jika melakukan kebaikan di bulan ini, maka pahalanya akan lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. “Allaahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana wa ballighna Ramadhana.”
 “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan.” menjadi kalimat pembuka pada maklumat DKM Baitussalam sebelum sholat Jumat yang dibawakan oleh Dian Durussalam.

Maklumat DKM
Maklumat DKM sebelum Sholat Jumat Dimulai

Pada kesempatan Jumat ini, Ust. Khoirul Yamin, LC menjadi khotib dan sekaligus imam Sholat Jumat, dimana dalam khutbahnya beliau menyampaikan bahwa Keimanan, Ketakwaan dan Adab, menjadi 3 hal utama dalam menjadikan seorang muslim menjadi mulia. Sebagaimana dijelaskan dalam QS Al Hujurat 13 yang artinya, Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa.

Ketakwaan sangatlah erat dengan keimanan, semakin besar keimanan seseorang maka semakin tinggi tingkat ketakwaan seseorang. Kedua hal tersebut akan lebih lengkap jika seseorang mempunyai adab yang baik, dan menjauhkan diri sejauh-jauhnya dari sifat sombong dan angkuh.

  • Jangan sombong terhadap kekayaan dan harta yang dimiliki, Qorun dibinasakan oleh Allah Ta’ala karena kesombongan terhadap harta bendanya.
  • Jangan sombong terhadap jabatan yang diemban, Firaun dengan mudah dibinasakan Allah Ta’alaa
  • Jangan sombong karena kepintaran, Bal’am bin Ba’ura, seorang Ulama Bani Israil, Allah cabut ilmu luas yang dia miliki karena bersekutu dengan pengusasa Dzolim.
  • Jangan sombong atas ketampanan, Abu Lahab dan Istrinya divonis masuk neraka sebelum keduanya meninggal.

Khotib
Khotib memulai Khotbah dengan Tema 3 Hal Utama yang Menambah Kemuliaan Muslim

Ketika seseorang memiliki adab yang baik maka akan menjadi nilai tambah dipandangan manusia dan pastinya di hadapan Allah Ta’ala.

  • Jangan minder muka pas-pasan, Bilal bin Rabah, suara sandalnya sudah terdengar di syurga, padahal dia masih menginjakkan kakinya di dunia.
  • Jangan insecure dengan badan yang pendek dan kecil, Ka’bah yang lebih pendek dibandingkan dengan bangunan sekitar yang lebih tinggi, lebih banyak dikunjungi oleh umat muslim dan selalu ramai.

Iman, Takwa dan Adab sebagai 3 bekal meraih kemuliaan pada ujungnya kita berharap sebagaimana difirmankan dalam QS Al Imran 102 yang artinya Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim.

 

Tupon Setiawan

DKM Baitussalam – PT Akebono Brake Astra Indonesia

Ringkasan Khutbah Jumat, 26 Rajab 1444H