بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dari Abu Dzar, Nabi  bersabda,
“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha sebanyak 2 raka’at."

Dari hadits diatas, kita diperintahkan bersedekah untuk setiap persendian kita, berapa jumlah persendian pada manusia? berdasarkan hadits  nabi shalallahu 'alaihiwassallam dan terbukti secara ilmiah , jumlah persendian yang ada dalam tubuh manusia adalah 360 sendi. Subhanallah.

Dalam Sunan-nya, Abu Dawud meriwayatkan dari Buraidah bahwa Rasulullahﷺ. bersabda, "Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian dan ia wajib menunaikan sedekah atas tiap persendiannya.

Mungkin kita merasa berat jika dihadapkan jumlah yang harus kita tunaikan yaitu sebanyak 360 kali. Namun dalam hadits di atas Rasulullah ﷺ memberikan keterangan bahwa sedekah bukan hanya kita memberikan uang kepada orang yang membutuhkan, melainkan dzikir (tasbih, tahmid, takbir, tahlil), amar ma'ruf nahi mungkar pun dihitung sebagai sedekah. Tetapi semua itu dapat kita cukupkan hanya dengan 2 RAKA'AT SALAT DHUHA.

Betapa dahsyatnya manfaat 2 raka'at salat dhuha yang mampu memenuhi kewajiban kita bersedekah atas 360 sendi kita.

Oleh karena itu kita memohon kepada Allah, semoga kita dapat melakukan salat Dhuha secara rutin, dan juga ibadah sunah lainnya

Wallahu a'lam
Wassalam