Turut Meramaikan Tahfidz Quran dan Tajwid Tillawatil Quran

Sabtu, 20 Syawal 1443 H bertepatan dengan 21 Mei 2022, diselenggarakan lomba Tajwid Tillawatul Quran Dewasa dan Lomba Tahfidz Quran untuk Anak, yang merupakan rangkaian dari Astra Gema Islami 2022. Dalam daftar nama peserta terdapat peserta dari PT Akebono Brake Astra Indonesia yang diwakili oleh Sdr. Tupon Setiawan untuk Lomba Tajwid Tillawatul Quran Dewasa dan Ananda Alfathunissa Ersya Setiawan, putri dari Sdr. Tupon Setiawan untuk Lomba Tahfidz Anak.

Dag dig dug dag dig dug dag dig dug

Bagaimana tidak? Meskipun kita sudah sering membaca Al Quran dan bahkan mungkin sudah menghapalkannya, namun, entah bagaimana, perasaan gugup tetap saja menyerang ketika giliran lomba sudah mulai mendekat. Walau bagaimanapun, show must go on, siap tidak siap harus siap dan terus berdoa sehingga dapat menyelesaikan lomba dengan sebaik-baiknya. Manusia sudah berdoa dan berusaha, setelah itu, tawakkal menjadi cara terbaik untuk menenangkan diri, biarlah Allah SWT yang memberikan keputusannya melalui para dewan juri lomba.

lomba
Melantunkan QS Al Furqon

Dalam lomba Tajwid Tillawatil Quran, Sdr. Tupon Setiawan mendapat urutan nomor B25 dari 75 peserta dan saat giliran tiba, dewan juri meminta untuk membaca QS Al Furqon Ayat 1-6 sedangkan Sdri. Alfathunissa Ersya Setiawan dengan urutan nomor C26 dari 65 peserta, dimintakan untuk membacakan surat Al Balad dan dilanjutkan dengan tebak surat dalam Juz 30. Alhamdulillah, semua tantangan tersebut, diselesaikan dengan baik, meskipun ada beberapa kekurangan. Nah, kekurangan ini lah yang bisa kita lakukan penilaian sendiri (self-assessment), dengan cara melihat kembali tayangan lomba di kanal Youtube Astra Gema Islami.

anak
Semangat menunggu giliran lomba

Terlepas dari itu semua, partisipasi adalah bentuk dukungan untuk memeriahkan sekaligus mensukseskan sebuah acara. Nah, sebagai bentuk apresiasi atas sebuah partisipasi, Panitia AGI 2022 ternyata berbaik hati memberikan AGI Coin yang dapat ditukarkan dengan souvenir menarik AGI yang dapat diakses di amaliah.id, website resmi Yayasan Amaliah Astra.

Allahummarhamna bil Quran - Ya Allah, rahmatilah kami dengan Al-Quran

Tupon Setiawan - DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia