Halal Bihalal dan Santunan Anak-anak Yatim-piatu di 6 Desa Sekitar PT GSIP-AMR.

 

Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang sudah lama menjamur di masyarakat Indonesia. Halal bihalal ini biasanya dilakukan pasca lebaran atau dibulan Syawal. Halal bihalal ini menjadi rutinitas tahunan yang bukan sekedar untuk menjalin silaturahim semata tapi menjadi momentum yang dianggap lebih terbuka dan tepat untuk saling berma'afan. Maka tidak heran kegiatan ini memiliki daya tarik tersendiri untuk terus dilestarikan.

 

 Berbeda seperti pada umumnya yang mana kegiatan halal bihalal biasanya dilakukan dengan mengumpulkan banyak orang dan mendatangkan penceramah atau semacam pengajian, kami para kepengurusan Ta'mir Masjid Baiturrahman bekerjasama dengan management mengkonsep halal bihalal ini dengan konsep berbeda dan InsyaAllah lebih bermanfaat serta memberikan banyak keberkahan untuk semuanya.

 

Bahkan jauh-jauh hari ide ini sudah terkonsep dengan cukup baik, diawali pada awal bulan Februari dengan mengenalkan gerakan sedekah Subuh bagi warga Basecamp. MasyaAllah,, watabarokAlloh,, warga Basecamp cukup antusias untuk ikut serta bergabung dalam gerakan Sedekah Subuh ini, maka bagi para peserta Gerakan positif ini akan mendapatkan semacam botol celengan  yang kemudian menjadi tempat sedekah diwaktu subuh sesuai nama gerakannya yaitu sedekah subuh. Dalam sedekah tidak harus mesti banyak yang terpenting istiqomah, perhari bisa 2000 atau 5000. Setelah para peserta mendapatkan botol celengan dan penjelasan, maka setiap awal bulan atau per tanggal 10 setiap bulannya akan ada bagian humas masjid yg berkeliling kesetiap rumah peserta dengan membawa kantong plastik yang cukup besar untuk mengambil hasil sedekah subuh para peserta gerakan ini. 

 

Tepatnya dibulan Mei ini merupakan bulan ketiga dari gerakan sedekah Subuh tersebut, hasil dari pengumpulan selama tiga bulan itu mendapatkan hasil sebesar Rp. 21.540.000. Sehingga dari hasil tersebut mampu menjembatani Kegiatan halal bihalal dan Santunan anak-anak yatim-piatu yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2022 ba'da Isya didepan halaman Masjid Baiturrahman Basecamp. Namun sebelum pelaksanaan acara tersebut kami umumkan kepada warga yang mungkin mau memberikan tambahan untuk kegiatan Santunan ini, walhasil dan Alhamdulilah para warga pun tidak mau melewatkan kesempatan baik ini untuk berbagi dengan anak-anak yatim-piatu. Hingga total dana yang terkumpul keseluruhan menjadi Sebesar Rp. 32.140.000. Adapun anak-anak yatim-piatu tersebut terdiri dari anak-anak yang ada PT. GSIP-AMR itu sendiri dengan jumlah 10 anak dan 6 desa sekitar PT GSIP-AMR yaitu; Desa Pandu Sanjaya dengan jumlah 13 anak, desa pangkalan lada 11 anak, desa Kadipi atas 15 anak, desa Medang 2 anak, desa Runtu 15 anak dan desa Makarti 15 anak. Jadi total ada 81 anak Yatim-piatu yang kami santuni melalui program Gerakan Sedekah Subuh ini. Namun tidak semua anak-anak tersebut bisa kami hadirkan untuk menerima santunan secara lgsung diatas Panggung, hanya perwakilan 2 anak yatim dan 1 pendamping dari setiap desa masing-masing, sementara yang lainnya kami titipkan kepada para pendamping masing-masing anak. Ini bisa dimaklumi mengingat kita masih dalam masa pandemi dan terikat dengan aturan management.

 

Namun begitu, alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik dan penuh khidmat serta InsyaAllah akan menambah semangat kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya dibidang keagamaan dan sosial melalui program-program yang positif, sehingga keberadaan Masjid Baiturrahman dan PT. GSIP-AMR benar-benar dirasakan bukan hanya warga yang didalam perusahaan tapi juga para masyarakat yang ada disekitar PT. Begitulah jalan dakwah rohmatan Lil'alamiin yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW yang harus kita teladani.

Pangkalan Lada, 19 Mei 2022

Palangka Raya

Kalimantan Tengah