Optimalisasi Platform Instagram Masjid Baitussalam

Social Media Era. Dewasa ini istilah era sosial media sudah masuk ke segala segi kehidupan, termasuk segi agama. Selain digunakan sebagai media mengekspresikan diri, social media juga dapat digunakan sebagai media dakwah yang jitu nan efektif. Bagaimana tidak, hampir setiap orang memiliki minimal satu akun sosial media, baik facebook, instagram, TikTok atau social media lainnnya.

Beralihnya era konvensional  ke era digital dan era sosial media, tentunya menjadi tantangan yang nyata bagi para pengurus DKM untuk dapat mensyiarkan agama Islam kepada para Jamaahnya dan kepada muslim secara umum. Begitu juga dengan DKM Baitussalam melalui Masjid Baitussalam-nya, ingin mengoptimalkan pemanfaatan platform social media tersebut untuk berinteraksi dengan para jamaah. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan?

mas
Tampilan Instagram Masjid Baitussalam

masjidbaitussalam_aaij, menjadi nama resmi platform Instagram yang diluncurkan pada tanggal 17 Maret 2022 lalu, beberapa minggu menjelang bulan Ramadhan 1443H. Cetak biru (blue print) dari platform ini akan dibuat sedemikian rupa oleh tim publikasi DKM Baitussalam dan para sukarelawan (volunteer) yang mempunyai skill di bidang media komunikasi, yang dipimpin oleh Sdr. Muhammad Ishaq Muslim dari Departemen General Affairs. Akan banyak informasi-informasi, ulasan kegiatan, konten interaktif dan menarik lainnya yang akan disuguhkan kepada para pengikut (followers) instagram.

masaajid
Konten Instagram yang akan lebih menarik kedepannya

So, yang pasti platform ini tidak dikhususkan bagi jamaah Masjid Baitussalam, tapi dipersilahkan kepada seluruh pembaca dari berbagai Perusahaan, untuk berkenan mengikuti (following) akun Instagram Masjid Baitussalam, sebagai bentuk dukungan terhadap syiar islam. Saran dan kritik pun sangat terbuka untuk kesempurnaan dari optimalisasi platform Instagram ini.

Semoga Ikhtiar ini dapat memberikan semangat bagi DKM Baitussalam untuk terus menebarkan kebaikan kepada seluruh jamaah Masjid Baitussalam, Karyawan PT Akebono Brake Astra Indonesia dan seluruh muslim dimanapun berada.

 

Tupon Setiawan

DKM Baitussalam - PT Akebono Brake Astra Indonesia