Jamaah, Semoga Selalu Istiqomah

Jumat, 12 Syawal 1443 H bertepatan dengan tanggal 13 Mei 2022, DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia, kembali menyelenggarakan Sholat Jumat Berjamah setelah jamaah menikmati libur Hari Raya Idul Fitri 1443H di Masjid kebanggaan muslim Perusahaan yaitu Masjid Baitussalam. Waktu Sholat Jumat yaitu pukul 11.50 WIB, namun untuk kemaslahatan bersama, DKM Baitussalam menetapkan untuk melaksanakan sholat Jumat tepat mulai pukul 12.00 WIB.

Jamaah Sholat Jumat mulai berdatangan sejak bel istirahat berbunyi yaitu pukul 14.45 WIB. Setelah tampak Masjid mulai ramai, terdapat beberapa pengumuman yang disampaikan oleh Ust. Ahmad Burhan, salah satu pengurus DKM Baitussalam yaitu Pengumuman tentang Laporan Keuangan Masjid, Petugas Sholat Jumat Berjamaah serta Aksi Penggalangan Dana bekerja sama dengan Panitia Pembangunan Masjid Al Istiqomah, Bekasi.

Atas ijin Allah SWT, nama Masjid ini pun sesuai dengan tema khutbah pada kesempatan siang hari ini yaitu Istiqomah. Setelah mengucapkan salam dan dikumandangkan adzan oleh Sdr. Iswadi, khotbah yang dibawakan oleh Ustadz Musyawir Dahlan, Lc, mulai didengar dengan khidmat dan seksama oleh para Jamaah.

Khutbah JUmat
Khutbah Jumat dengan Tema Istiqomah

“Bulan Syawal adalah momentum kita semua untuk mempertahankan ibadah kita yang sudah kita laksanakan pada bulan Ramadhan sebulan penuh, meniti kebenaran dan meraih predikat takwa sebagaimana Allah SWT firmankan. “ ungkap khotib dengan suara yang pelan tapi pasti.

Dalam khutbahnya terdapat satu hadist yang bisa kita terapkan untuk keistiqomahan kita di jalan Allah SWT.

Dari Abu ‘Amr—ada yang menyebut pula Abu ‘Amrah—Sufyan bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku berkata: Wahai Rasulullah katakanlah kepadaku suatu perkataan dalam Islam yang aku tidak perlu bertanya tentangnya kepada seorang pun selainmu.” Beliau bersabda, “Katakanlah: aku beriman kepada Allah, kemudian istiqamahlah.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 38]

Selain hadist tersebut diatas, disampaikan juga Firman Allah SWT dalam Quran Surat Al Ahqaf Ayat 13 yang artinya, Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.”

Semoga Allah SWT senantiasa meneguhkan ketaatan kita kepada Allah SWT dan Allah SWT memberikan ketenangan, kenyamanan dan keberkahan atas setiap segi kehidupan kita. Allahumma Aamiin

Wallahu’alam

Jakarta, 12 Syawal 1443 H

Tupon Setiawan