Zakat Fitrah Penuh Berkah

Didik Effendi • 12 Mei 2022

Penyerahan Zakat Fitrah dari karyawan PT GSIP-AMR kepada 8 desa sekitar.

Tim Penyaluran Zakat
Panitia Penyaluran Zakat Fitrah

Zakat Fitrah merupakan salah satu dari rukun Islam ke 5 yang wajib ditunaikan bagi mereka yang mampu, adapun yang tidak mampu maka berhak merima zakat fitrah atau dalam istilah fiqih disebut mustahiq. 

Zakat fitrah juga merupakan hasil dari buah hikmah berpuasa dibulan romadhon, sebagaimana kita ketahui bahwa puasa menuntut kita untuk menahan lapar dan haus dahaga selama hampir seharian. Sehingga dari puasa tersebutlah secara tidak langsung mengajarkan kita untuk memiliki sifat kepedulian yang tinggi terhadap sesama kita yang mungkin tidak seberuntung seperti kita. 

Begitulah indahnya ajaran Islam ini jika benar-benar kita jalani dengan penuh keikhlasan dan hanya berharap ridho dariNya. Lebih dari itu, tujuan utama dari ibadah puasa dibualan romadhon adalah menjadi manusia yang bertaqwa. Dan ciri dari orang yang bertaqwa itu bukan hanya memiliki hubungan baik dgn Allah melalui ibadah puasa, sholat dan sebagainya. Namun juga memiliki hubungan baik sesama manusia yaitu melalui seberapa peduli kita dengan mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Maka bulan puasa romadhon itu benar-benar akan menjadi ukuran keberhasilan kita untuk menjadi manusia yang bertaqwa atau tidaknya. Sebab dalam ibadah puasa terdapat dua hubungan yang harus semakin kita eratkan dan tidak bisa untuk dipisahkan yaitu hubungan dgn Allah (HablumminaAlloh) dan hubungan terhadap sesama (hablumminnas). 

Penyerahan zakat fitrah
Penyerahan Zakat Fitrah desa PIR

Karena itu Alhamdulillah kami yang berada di PT. GSIP-AMR selain bisa melaksanakan ibadah puasa bulan ramadhan, kami juga bisa menunaikan kewajiban kami dalam berzakat fitrah. Kami berharap dengan hasil zakat fitrah ini minimal saudara-saudara kami yang diluar sana yang tidak seberuntung kami bisa ikut tersenyum saat hari raya kemenangan umat Islam (Idul Fitri), lebih dari itu dengan berzakat fitrah semoga bisa membersihkan harta-harta kami dari hal-hal yang tidak diridhoi Allah SWT. 

Adapun pelaksanaan zakat fitrah di PT GSIP-AMR ini dilaksanakan secara serentak di setiap masjid perumahannya masing-masing yaitu mulai tanggal 21 romdahon hingga 25 romadhon, setelah semua zakat fitrah terkumpul dan pendataan untuk para penerima zakat fitrah (mustahiq) selesai dilakukan, maka pada tgl 28 romdahon atau bertepatan hari Jum'at, 29 Mei 2022 zakat fitrah PT GSIP-AMR pun disalurkan kepada 8 desa warga sekitar diantaranya; 1. Desa Pandu Senjaya. 2. Desa Pangkalan Lada. 3. Desa Makarti. 4. Desa Runtu. 5. Desa delapan. 6. Desa pangkalan dewa. 7. Desa lada 3 dan 8. Desa Sungai rangit SP 5. 

Pandu sanjaya
Penyerahan Zakat Fitrah desa Pandu Sanjaya

Zakat fitrah ini murni dari para karyawan PT GSIP-AMR yang dikumpulkan selama 5 hari di perumahan masjidnya masing-masing. Mulai dari perumahan Basecamp, perumahan Guru, perumahan PKS dan perumahan seluruh afdeling yang ada di PT GSIP-AMR. 
Berikut hasil pengumpulan zakat fitrah karyawan PT GSIP-AMR tahun 1443H/2022. Total Muzakki keseluruhan; 2.212 jiwa, untuk perolehan beras sebanyak; 4.102,1kg, sementara untuk perolehan uang sebesar Rp. 20.449.000. Dari perolehan seluruh zakat fitrah ini kami bagikan dan serahkan ke 8 desa sekitar yang sekiranya lebih membutuhkan. Besar harapan kami dengan pelaksanaan ibadah dibulan romdahon ini benar-benar menjadikan kami menjadi manusia yang bertaqwa sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al Qur'an, surat Al Baqarah, ayat 183. Aamiin?

Pangkalan Lada, 12 Mei 2022

Palangkaraya

Kalimantan Tengah