[KAJIAN DHUHUR SPESIAL RAMADHAN]- Ustadz Abu Hasan Kusnadi, hafidzahullohu ta'ala

KEUTAMAAN PENGHAFAL AL QUR'AN

Nasehat singkat Ramadhan
- Rosulullah sholallahu alaihi wassalam bersabda "barangsiapa yng berpuasa & menghidupkan malam dgn mengharap ridho Alloh maka Alloh akan berikan ampunan. 
- Rosulullah sholallahu alaihi wassalam bersabda ketika bulan Romadhon maka Alloh buka pintu surga, menutup pintu neraka & setan2 dibelenggu. 
- Rosulullah sholallahu alaihi wassalam bersabda "barangsiapa yng berpuasa dikarenakan Alloh maka Alloh Akan berikan parit yang menjauhkan dia dari Neraka dgn jarak 70th perjalanan. 

Diantara keutamaan menghafal Al-Qur'an :
1. didalam membaca  Qur'an dhn 1 huruf maka akan diberikan 1 kebaikan & setiap kebaikan dikali 10

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ ».
“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بن مسعود رضى الله عنه قَالَ : تَعَلَّمُوا هَذَا الْقُرْآنَ ، فَإِنَّكُمْ تُؤْجَرُونَ بِتِلاَوَتِهِ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرَ حَسَنَاتٍ ، أَمَا إِنِّى لاَ أَقُولُ بِ الم وَلَكِنْ بِأَلِفٍ وَلاَمٍ وَمِيمٍ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرُ حَسَنَاتٍ.

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk الم , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.” (Atsar riwayat Ad Darimy dan disebutkan di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 660).

- idi dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Imam Malik menutup majelis ilmu ketika Romadhon 
- Riwayat lain mengatakan bahwa Imam Syafi'i mengkhatamkan Alloh Qur'an sebanyak 60x
- Sahabat Usman bin Affan menghafal Al-Qur'an dgn surat sunnah. 

Maka tak heran mereka disandingkan dengan Rosulullah sholallahu alaihi wassalam dikarenakan keimanannya selain itu juga dikatakan bahwa mereka sebaik-baik generasi adl para sahabat, kemudian setelah nya,  

2.Sebaik-baik kalian yg belajar & mengahfal Alloh Qur'an. 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

خيركم من تعلم القرآن وعلمه 

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori).

3. Menjadi syafaat bagi pembaca / penghafal Alloh Qur'an ( untuk org tersebut, syafaat untuk orang tua & teman-teman) 

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

4. Sebaik-baik dzikir adalah membaca Al-Quran. 
Sufyan Ats-Tsaury rahimahullah menyatakan, “Kami mendengar bahwa membaca Alqran adalah dzikir yang paling afdal jika Alquran itu diamalkan,” (Fiqh Al-Ad’iyyah wa Al-Adzkar, 1:50).

5. Memiliki derajat di surga berdasarkan bnyak atau sedikit nya hafalan. 
Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu anhu, bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا
 
Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) al-Qur’an nanti, ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya! Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” Hadits ini diriwayatkan oleh imam Abu Daud dalam Sunannya no. 1464 dan imam Tirmidzi dalam sunan at-Tirmidzi, no. 2914, dan Ibnu Hibbân no. 1790 dari jalan ‘Âshim bin Abi  Najûd dari Zurrin dari Abdullah bin ‘Amru secara marfu’.

6. Seseorang yang menghafal Allah Qur'an mereka berhak menjadi imam 

Dari Abu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Yang paling berhak jadi imam adalah yang paling banyak hafalan Al Qur’an nya. Jika dalam hafalan Al Quran mereka sama, maka didahulukan yang paling paham dengan sunnah dan seseorang tidak boleh menjadi imam di wilayah orang lain.”
(HR. Ahmad 17526, Muslim 1564, dan yang lainnya).

7. Seseorang yang menghafal Allah Qur'an mereka berhak menjadi pemimpin. 

Ketika Umar radhiyallahu ‘anhu menjadi khalifah, beliau menunjuk Nafi’ bin Abdul Harits untuk menjadi gubernur di Mekah. Kemudian Umar mengatakan, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah mengangkat sebagian kaum berkat kitab Al Qur’an, dan Allah menghinakan kaum yang lain, juga karena Al Qur’an.” (HR. Ahmad 237 & Muslim 1934).

8. Mereka Para Orang Tua akan dikenakan Mahkota. 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Al Qur’an akan datang pada hari kiamat, lalu dia berkata, “Ya Allah, berikan dia perhiasan.” Lalu Allah berikan seorang hafidz al-Quran mahkota kemuliaan. Al Qur’an meminta lagi, “Ya Allah, tambahkan untuknya.” Lalu dia diberi pakaian perhiasan kemuliaan. Kemudian dia minta lagi, “Ya Allah, ridhai dia.” Allah-pun meridhainya. Lalu dikatakan kepada hafidz Al Qur’an,
“Bacalah dan naiklah, akan ditambahkan untukmu pahala dari setiap ayat yang kamu baca. (HR. Turmudzi 3164 dan beliau menilai Hasan shahih)

9. Seseorang yg mahir membaca Al-Quran Qur'an maka dikumpulkan dgn malaikat & seseorang yg terbata2 membaca Al-Quran maka mendapatkan 2 pahala. 
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang membaca dan menghafal Al Qur’an, dia bersama para malaikat yang mulia. Sementara orang yang membaca Al Qur’an, dia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya, maka dia mendapat dua pahala.”
(HR. Bukhari 4937)

Ditulis oleh Romadhoni Febryantoro
[ ] 11 April 2022M / 9 Ramadhan 1443H
[ ] Masjid Ibaadurrahman