Nuzulul Qur'an dan Nyadong Malam Lailatul Qadar

Berbeda dgn tahun lalu, yang sejatinya malam Nuzulul Qur'an dilaksanakan pada malam 17 romdahon kita laksanakan pada malam 21 romdahon tahun ini. Dimana sudah kita ketahui bahwa malam 21 romdahon Adalah awal dari malam 10 terakhir  bulan suci ramadhan, sebab itu peringatan Nuzulul Qur'an dilaksanakan berbarengan dgn awal turunnya kemulian malam 1000 bulan dengan harapan besar kita semua termasuk orang-orang yang dipilih Allah mendapatkan Lailatul Qadar. Atau kegiatan dimalam 21 ini biasa disebut Nyadong Malam Lailatul Qadar. 

Adapun kegiatan pada malam tersebut yaitu seusai melaksanakan sholat tarawih dan witir, para jama'ah masjid bergeser mengambil posisi duduk melingkar bersandar di dinding dalam masjid, sebagian lagi di serambi samping kanan dan samping kiri. Sementara bagi para jama'ah wanita tetap pada tempat duduknya di  serambi depan masjid. Dan tumpeng serta nasi kotak pun diletakkan tepat ditengah masjid didepan lingkaran para jama'ah laki-laki. Nasi kotak tersebut sengaja dibawa oleh para jama'ah dengan masing-masing membawa dua hingga tiga kotak. Tentu selain, memperingati malam nuzul Qur'an dan nyodong malam Lailatul Qadar, ini juga menjadi bentuk ekspresi ungkapan syukur kita telah mampu berpuasa hingga disepuluh akhir bulan romadhon. Setelah semua jama'ah mengambil posisi duduk masing-masing, bacaan dzikir dan tahlil pun terus dilantunkan yg dikomandoi oleh ust Ifan. Seusai dzikir bersama acarapun dilanjutkan dengan siraman rohani atau tausiyah terkait kemulian Al Qur'an dan malam Lailatul Qadar yg disampaikan oleh Mas Fahmi yg juga merupakan wakil ketua Ta'mir Masjid Baiturrahman Basecamp. Akhir dari acara tersebut ditutup dgn do'a bersama dan dilanjutkan dengan menikmati nasi kotak yang telah tersedia.

Semoga melalui peringatan ini semakin mampu menumbuhkan kecintaan kita pada Al Qur'an dan lebih bersemangat lagi dalam berburu malam Lailatul Qadar, sehingga tujuan kita bersama untuk meraih setiap kemuliaan dari bulan suci Ramadhan ini dimudahkan dan dikabulkan Allah SWT.

Aamiin

Perusahaan Grup Astra
Astra Agro Lestari
Wilayah Grup Astra
Palangkaraya (Kalimantan Tengah)