Tujuh Proyek Besar di bulan Ramadhan

Tupon Setiawan • 20 April 2022

Tujuh Proyek Besar di bulan Ramadhan

Selasa, 17 Ramadhan 1443 H, bertepatan dengan tanggal 19 April 2022, Panitia Gema Ramadhan 1443 H kembali melaksanakan kajian Dhuhur yang dibawakan oleh Ust. Khaeruddin dengan tema bahasan yaitu 8 Proyek Besar Meraih Keberkahan Ramadhan. Setidaknya terdapat 8 Proyek Besar yang dapat dikerjakan oleh kaum mukminin di bulan Ramadhan ini yaitu sebagai berikut.

1. Ibadah Puasa

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu, dan barangsiapa sholat di malam lailatul qodr karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu)

2. Sedekah Memberikan Buka Puasa

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang  berpuasa  tersebut,  tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih). Jika kita membelikan tetangga kita paket sembako dan di dalam rumah tetangga tersebut ada 5 orang yang berpuasa, maka berapa banyak pahala puasa yang akan kita dapat, bagaimana jika kita memberi makan bagi jamaah masjid, maka begitu berlimpah lagi, bukan?

3. Membaca Al Quran

"Barang siapa membaca satu huruf dari Kitabullah maka dia mendapatkan satu pahala, dan satu pahala dilipatgandakan menjadi 10 pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi). Kita bisa hitung, jika huruf yang ada di dalam Al Quran seluruhnya yaitu berkisar 1.027.000 huruf, artinya jika kita khatam maka pahala yang di dapat begitu banyak, namun hitungan ini tidak berlaku saat bulan Ramadhan, karena akan ada pelipatgandaan pahala di bulan ini. Ini harta karun berlimpah yang harus kita kerjakan, bukan?

4. Sholat 12 Rakaat Sunnah Rawatib

"Jika seorang hamba Allah SWT salat 12 rakaat (sunah) setiap hari, sebelum dan setelah salat wajib, maka Allah SWT akan membangunkannya sebuah rumah di surga atau rumah akan dibangun untuknya di surga." (HR Muslim).

5. Sholat Syuruq

“Barangsiapa yang menunaikan ibadah sholat subuh berjama’ah di masjid, kemudian ia duduk berzikir mengingat Allah hingga matahari terbit, kemudian ia mengerjakan sholat dua rakaat, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah.”

6. Sholat tarawih dengan Membersamai Imam

Sesungguhnya jika seseorang shalat bersama imam hingga imam selesai, maka ia dihitung mendapatkan pahala shalat di sisa malamnya.” (HR. Ahmad 5: 163. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim)

7. Malam  Lailatul Qadr

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 3-4).

Setiap kita pasti akan melewati malam ini dan dipastikan kita akan mendapatkan malam lailatul qadr ini, namun pertanyaannya, seberapa maksimalkah amalan kita di malam ini? Semakin maksimal amalan kita di malam ini, maka semakin berlimpah pula pahala yang akan didulang. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW memberikan contoh yang luar biasa dimana, di 10 malam terakhir, beliau memaksimalkan untuk memaksimalkan ibadahnya memalui itikaf di Masjid sebagai upaya untuk mendulang pahala sebanyak-banyaknya, karena yang pasti, focus-nya adalah focus ibadah.

Semoga kita diberi kemudahan untuk mengerjakan 7 proyek besar ini.

Perusahaan Grup Astra
Akebono Brake Astra Indonesia
Wilayah Grup Astra
Jadetabek