Pesantren Romadhon

Didik Effendi • 14 April 2022

Pesantren Romadhon

Istilah pesantren Romadhon bukanlah hal yang asing lagi bagi para pelajar akademik formal maupun non formal. Sesuai dengan namanya Pesantren Romadhon adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan, tujuan dari kegiatan ini adalah selain memberikan pendalaman pengetahuan Agama, Akhlakul Karimah juga melatih kemandirian, kebersamaan serta menguatkan mentalitas para peserta didik. Terlebih nuansa romadhon adalah nuansa islami, maka kegiatan pesantren Romadhon ini cukup direspon baik oleh para peserta didik maupun para orangtua peserta didik itu sendiri. 

Asal muasal kegiatan pesantren Romadhon ini terinspirasi dengan pondok-pondok pesantren, sehingga kegiatan dalam pelaksanaannya pun hampir-hampir mirip sebgaimana layaknya dipondok pesantren. Para peserta didik wajib bermukim atau menginap ditempat yang sudah disiapkan untuk beberapa hari, bisa satu hingga dua minggu sesuai kesepakatan para guru atau Asatidz yang mendampingi para peserta didiknya tersebut. Hampir setiap hari penuh dengan kegiatan, mulai dari tahajud, sholat subuh berjama'ah, hafalan ayat demi ayat Al Qur'an, olahraga atau senam pagi, dilanjutkan kajian-kajian keislaman seperti fiqih, tahsin, aqidah, sejarah Islam dan lain sebagainya. Adapun waktu istirahat juga dibatasi, tentu semua itu bertujuan demi kedisiplinan dan membentuk karakter baik pada anak-anak. 

Alhamdulillah sebagaimana bulan romadhon tahun lalu, tahun ini TPQ Baiturrohman Basecamp GSIP bisa kembali melaksanakan kegiatan Pesantren Romadhon. Semangat dan antusias dari para santri TPQ tidak berubah sedikitpun untuk tetap mengikuti kegiatan baik ini. Para walisantri pun sangat mendukung penuh dengan adanya kegiatan Pesantren Romadhon tersebut. Terlebih saat ini masih dalam masa pandemi yang mana anak-anak cukup banyak waktu luang untuk bisa di kami manfaatkan dalam kegiatan-kegiatan yang lebih positif, bahkan para walisantri rela mengantarkan makanan sahur anak-anak sesuai jadwal pengantaran yaitu setelah melaksanakan sholat tahajud sekitar pukul 03.30 untuk selanjutnya kita bersantap sahur Bersama-sama. Adapun kegiatan pesantren Ramadhan ini kami laksanakan sesuai jadwal selama satu pekan pada 10 kedua dibulan romdahon, anak-anak atau biasa kami panggil para santri menginap dimasjid sekaligus berniat i'tikaf didalamnya, saat istirahat malam para santri putri kami tempatkan diruang perpustakaan dan ruang sekretariat masjid sedangkan santri putra diserambi masjid. Total yang mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan ini dari para santri putra dan putri dari mulai TPQ 3 hingga TPQ 5 sekitar 60 anak. Kegiatannya pun hampir seharian full sebagaimana yang diajarkan dipondok pesantren. 

Kami berharap dengan kegiatan pesantren Ramadhan sperti ini kelak anak-anak benar-benar menjadi generasi mumpuni yang bukan sekedar memiliki intelektual dan mentalitas baik tapi juga memiliki Akhlakul Karimah, sehingga menjadi generasi Soleh-solehah yang membanggakan dan memberikan banyak manfaat bagi orangtua, masyarakat, Agama dan bangsa ini.

Pangkalan Lada, 14 April 2022

Perusahaan Grup Astra
Astra Agro Lestari
Wilayah Grup Astra
Palangkaraya (Kalimantan Tengah)