Buka Bersama ala Kita

Didik Effendi • 5 April 2022

Buka Bersama ala kita

Kata buka bersama atau yang biasa disingkat dengan istilah Bukber bukanlah hal yang asing terdengar oleh telinga kita. Biasanya Bukber ini dilakukan dibulan romadhon dgn tujuan untuk semakin mempererat tali silaturahim baik dalam sebuah keluarga, alumni sekolah, rekan kerja dan sebagainya.

Kegiatan buka bersama semacam ini juga akan sering kita temukan ditempat-tempat peribadahan, baik masjid ataupun mushola. Maka tak heran jika hal-hal baik sperti itu bisa menjadi motivasi tersendiri untuk bisa kita laksanakan ditempat kita. Karena tujuannya bukan sekedar menjalin silaturahim saja tapi juga menjalankan salah Sunnah Nabi tentang keutamaan bersedekah atau memberi makan kepada orang yang berpuasa. Sebagaimana mana sabda beliau; "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Berdasarkan anjuran Nabi tersebutlah, maka kami beserta para pengurus DKM Baiturrohman Basecamp GSIP bergerak mensosialisasikan program Sedekah Ta'jil Puasa Ramadhan kepada para warga. Kami buatkan jadwal sedekah ta'jil tersebut dengan jumlah perharinya sekitar 12 per KK dan dalam satu bulan atau selama Ramadhan dari setiap warga mendapat giliran sedekah ta'jil 2 hingga 3 kali dari sekitar 200 KK kaum Muslimin & muslimat warga Basecamp GSIP. 

MasyaAllah,, watabarokAlloh antuasiasme warga begitu luar biasa, meski sudah terjadwal giliran  namun banyak dari warga yang tetap bersedekah ta'jil hampir setiap harinya. Menjelang berkumandang adzan magrib atau sekitar 15 menit sebelum waktunya berbuka puasa, sedekah ta'jil dari para warga sudah tersusun rapi diatas meja berukuran cukup panjang dengan warna biru sebagai lambang kesejukan. Beraneka wadai pun sudah terhampar dengan rapi mulai dari goreng-gorengan  buah-buahan, donat dan lain sebagainya, tidak ketinggalan pula kurma sebagi pembuka berbuka Puasa pun sudah tersedia. Serta satu teremos es teh dan satu teremos es sirup juga telah siap untuk menghilangkan rasa dahaga selama menjalankan ibadah puasa. 
Waktu berbuka puasa tiba, kumandang adzan pun terdengar jelas, do'a "Allohumma lakasumtu wabika amantu, wa 'ala rizqika aftortu, birohatika yaa arhamarrohimiin" seketika itu menggema sebagi tanda diperbolehkan nya untuk memulai menikmati wadai-wadai yang ada. Raut muka bahagia terlihat jelas pada wajah-wajah mereka yang telah melaksanakan ibadah puasa. Tentu ini sesuai yang pernah disabdakan Nabi bahwa ada dua kegembiraan yang akan diraih oleh mereka yang berpuasa yaitu; kegembiraan saat berbuka puasa dan kegembiraan saat berjumpa dgn Allah SWT.

 

Perusahaan Grup Astra
Astra Agro Lestari
Wilayah Grup Astra
Palangkaraya (Kalimantan Tengah)