Ini tentang persiapan Tim Multimedia AGI-XII 2022 dalam mendukung teman-teman Tim Dapur Challenge. Lokasi target di Depok, untuk live Zoom serta dipancarkan ke Youtube di hari Sabtu, 12 Maret 2022.

Diskusi sejak awal diputuskan untuk menggunakan perangkat sesederhana mungkin, kamera langsung dari HP tetapi untuk mic harus bagus, pakai wireless mic yang beneran. Rencana udah mantap, semua barang sudah di tangan, tinggal berangkat untuk perang.

poster
Setup untuk Dapur Challenge: Kamera dengan HP langsung ke Zoom ditambah Mic Wireles sepasang untuk MC dan pemateri.

 

Persiapan di lapangan cukup ringkas sesuai rencana. Masalah pertama muncul, kamera tidak mau landscape saat di Zoom. Utak-atik, 5 menit. Sampai akhirnya 10 menit lewat. Ya benar, itu urusan auto rotate kamera yang belum diaktifkan. Koordinasi dari remote dari jauh dilakukan sampai ketemu cara mengaktifkan auto rotate ini. Dan pas 14.15 partisipan peserta Dapur Challenge memasuki ruangan virtual untuk mengikuti workshopnya.

Kebetulan ada agenda camping dari DKM, terpaksa monitor dan koordinasi harus dilakukan sambil camping. Memang perlu keterampilan khusus untuk melakukan koordinasi dari lapangan dari jarak jauh. Monitor di Zoom, monitor hasil livestream di Youtube sekaligus dilakukan dari bawah tenda gunung.

poster
Remote monitoring sambil camping

 

Sekitar satu jam acara berlangsung, dari monitor remote mengingatkan ke tim di dapur Depok. Mic nya mati. Selesai mic diganti, tim monitor remote masih melihat masalah, suara yang masuk adalah suara dari dari mic hp, bukan dari mic wireless. Hmm.. setting di Zoom belum dipilih untuk mengarahkan agar mic yang digunakan sebagai masukan suara ke Zoom adalah dari mic wireless.

Dari jauh mengingatkan kondisi ini ke tim multimedia yang bertugas di dapur yang sedang serius memperhatikan dan mengoperasikan alat. Ditelepon tidak diangkat, dikirimi pesan WA tidak dibaca. Begitu pesan sampai, utak-atik sebentar, mic beres kembali. Mohon maaf untuk seluruh pemirsa.

poster
Suasana persiapan Tim Dapur Challenge dan TIm Multimedia di lokasi dapur di Depok

 

Selesai sudah, tuntas hingga akhir. Puas dengan keseluruhan hasilnya. Alhamdulillah, acara yang keren dari Tim Dapur Challenge semoga bisa memuaskan seluruh pesertanya.

Berikut ini tim pendukung terlaksananya support multimedia di sesi 1 Dapur Challenge, 13 Maret 2022: 

  • Tim Multimedia di dapur Depok: Rahmat Hidayat (Poltek Astra), Aslan Chairil Syawal (Poltek Astra), Fa'i (Amanah Astra)
  • Tim Dapur Challenge: Lili Kordina (AGIT), Lidya Clarisah Apriliya (AGIT)
  • MC: Mela Hidayah (ADM)
  • Pemateri: Ibu Ita
  • Remote Monitoring dari lokasi Camping: Irham Nugraha (AHM)

Dan ini sedikit oleh-oleh dari dapur Depok, selamat menikmati.

poster
Es Bubur Pisang Ijo

 

Sedikit video agar dapat menggambarkan suasana hati kami dalam mendukung acara ini, sebagai berikut.

 

Akhir kata, sekian laporan dari Studio Dapur Challenge di Depok, mengawali seluruh rangkaian workshop, lomba dan keseluruhan acara AGI-XII 2022.

poster
Seluruh tim pendukung Dapur Challenge langsung melaporkan dari Studio Dapur Challenge di Depok. Salam kenyang!

 

Oh, sampai lupa. Ini hasil video acara sesi 1 Dapur Challenge yang disiapkan dengan keren oleh tim Dapur Challenge.