Sembako Untuk Ummat (SEMUT)

Aris Setiawan • 9 Mei 2021

Kutai Timur, 9/5/2021

Salah satu program DKM Pama Sangatta adalah Sembako Untuk Ummat yang disingkat SEMUT. Progam ini diinisiasi oleh salah satu karyawan, beliau adalah Septian Nur Dwi Anggara. Bapak dua anak yang sehari hari bekerja sebagai Plant Instructor di Pama Sangatta.

Tujuan program ini selain untuk menyalurkan dana zakat karyawan, juga untuk membantu UMKM didaerah Kutai Timur. Toko atau warung kecil saudara muslim, diberikan amanah untuk melakukan survey penduduk sekitar yang layak mendapatkan penyaluran zakat. Data data yang disyaratkan disiapkan oleh DKM, agar pencarian mustahiq benar benar tepat sasaran.

Setiap jumat, toko/warung tersebut mengirimkan data hasil survey berupa fotokopy kk dan foto kondisi mustahik serta resume kondisinya. Setelah diverifikasi, maka DKM menunjuk toko/warung tersebut untuk menyediakan sembako yang akan digunakan untuk penyaluran. Toko akan mendapatkan keuntungan dari penjualan sembako, dan DKM mendaptkan data survey mustahik yang valid,serta relawan yang menyalurkan dana zakat.

Salah satu dari toko tersebut adalah milik pak Arbes, yang sehari hari menjadi driver dilapangan. Beliu juga rutin menjadi khotib jumat di lingkung masjid Pama yang berada di tambang. Yang ke dua milik pak Rusydi, marbot masjid Pama Al Barokah. Awalnya kita berikan permodalan dan pembinaan untuk membuka toko kelontong,alhamdulillah sekarang sudah berjalan hampir dua tahun dan bisa membantu menambah pemasukan ekonomi keluarga.

Harapanya, semakin banyak toko kecil yang menjadi mitra DKM dalam penyaluran dana zakat, dan membntu menambah omset penjualan ditoko tersebut.

Berikut Dokumentasi penyaluran Sembako Untuk Ummat bulan Mei 2021. Jazakumullahu Khairan untuk para Muzakki, semoga berkah berlimpah..aamiin./@st

S4

S3

Smut2

Semut1

Perusahaan Grup Astra
Pamapersada Nusantara
Wilayah Grup Astra
Samarinda, Bontang & Kutai Timur (Kalimantan Timur)