GURU CERIA (CERDAS, INOVATIF, AKTIF)

                Pagi ini mentari menyapa dengan ceria. Menambah semangat untuk berbagi tawa bersama siswa-siswaku. Kami memang belum bisa bertatap muka di sekolah, namun tidak menutup semangat untuk menyapa murid-murid di lingkungan komplek tempat tinggal mereka. Sungguh, pemandangan yang selalu kami nanti.

                Guru Ceria ( Cerdas, inovatif, dan aktif), selalu jadi jargon yang tumbuh pada diri-diri kami. Semangat menyapa para siswa inilah yang menumbuhkan ide-ide baru agar pembelajaran bisa menarik. Kami paham, proses pembelajaran di era pandemi  membutuhkan upaya yang lebih besar agar mampu menigkatkan minat belajar siswa.

               Berbekal barang-barang bekas semacam kardus dan botol-botol plastik air mineral, kami sulap menjadi media pembelajaran yang menarik.  Ada yang membuat media hitung, media pengenalan huruf dan warna, ada juga media untuk pengenalan materi seperti IPA . Meramu pembelajaran dengan sebuah permainan asyik yang di dukung dengan media yang menarik, mampu membuat siswa lebih bahagia dalam belajar. Secara tidak langsung materi yang diajarkan justru lebih mudah dipahami. Siswa dengan dunia bermain memang lebih akrab. Keuntungan besar bagi guru, tanpa harus menjelaskan materi berlama-lama, siswa sudah paham.

                Raut bahagia selalu terpancar di mata mereka, saat kami datang dengan membawa media yang unik. Mereka akan bertanya apa itu dan merasa penasaran untuk melihat. Hal inilah yang kami gunakan untuk mendapatkan fokus belajar siswa . Tahu kan pasti, bagaimana siswa susah sekali untuk fokus? belum lagi jika tergaggu oleh kondisi ruangan yang tidak mendukung. Kami biasanya menggunakan masjid/ mushola untuk melakukan proses pembelajarn. Jadi bisa di bayangkan bagaimana perlunya upaya yang kami butuhkan untuk tetap memegang fokus siswa dalam belajar. Oleh karena itu kami hadirkan media-media unik buah karya Guru Ceria untuk siswa kami tercinta.  Semangat belajar selalu anak-anakku. Tonggak estafet negri ini akan berada d tanganmu kelak. Salam cinta dari Ibu yang senantiasa berdoa untuk kesuksesanmu.

 

                By: Devi Feriyanjani

                PT. ASTRA AGRO LESTARI

Perusahaan Grup Astra
Astra Agro Lestari
Wilayah Grup Astra
Banjarmasin (Kalimantan Selatan)