jemuran tetangga & jendela rumah

Mahmud Koswara • 24 April 2021

 

 

Namanya Instagram. Platform media sosial yang tak bisa lepas dari hp kita sekarang dan mungkin selalu dibuka setiap saat , apalagi kalo lagi gabut hehe :D .Setiap minggunya platform ini menjadi most used diponselku,bahkan menduduki urutan ke-2 setelah whatsapp tentunya . 3jam 27menit, begitu perhitungan ponselku selama pemakaian instagram seminggu lalu . Astagfirullah , dikit-dikit buka hp , dikit-dikit buka ig , dikit-dikit buka yutub . kalo dulu para sahabat dikit-dikit buka quran , dikit-dikit buka lagi quran . mereka terlalu MasyaAllah untuk aku yang Astagfirullah (begitu katanya hehe) . kita mah cita-citanya syurga tapi effortnya ga ada :( .Mudah-mudahan Ramadhan ini menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik yang membawa kita kepada hamba yang semakin taqwa dan beriman kepada Allah jalla jalaaluhu . Aamin Allahumma aamiin ..

Instagram ga selamanya buruk buat kita ya teman-teman . walaupun ini produknya yahudi , kita harus cerdas pake ini medsos . kalo kita terlena tentu kita akan lalai hingga akhirnya ikut arus negatif dari instagram tersebut yang notabennya bisa liat siapa saja yang kita mau dan apa yang orang kerjain ( kepoin :D) . namun tidak sedikit yang jadiin instagram ini menjadi media dakwah yang InsyaAllah jadi amal jariyah buat si pembuatnya . banyak segmen dakwah yang bisa dikerjakan . mulai dari video ceramah pendek (durasi satu menit) , visual dakwah (poster) , sampai dakwah Alqur'an (video murottal) , pokoknya banyak cara deh buat dakwah di instagram . jadi ga negatif terus ya teman-teman  .

Nah,bicara tentang dakwah di instagram beberapa hari lalu pas lagi buka ig tiba-tiba muncul di feed sebuah postingan yang cukup menarik dan memberikan pelajaran buat aku . mudah-mudahan ini juga jadi pelajaran untuk kita semua . Judul postingnya "Jemuran tetangga dan jendela rumah" . kurang lebih begini ceritanya..

Suatu waktu ada satu keluarga yang baru beberapa hari menempati rumahnya di satu komplek perumahan dan pada satu moment ketika istrinya sedang didalam rumah dia fokuskan ke arah luar rumah yang mana disana ada tetangganya sedang menjemur pakaian diluar rumah. tiba - tiba sambil melihat lewat jendela, "paaaaah ,   sini deh sebentar .." panggil istrinya , "kenapa maaaah ?" saut suaminya . "liat deh pah , tetangga kita nyucinya ga bersih tuh pah , dia ga bisa nyuci apa gimana ya pah ? ga kaya aku klo nyuci pasti bersih ya pah ."  suaminya hanya mengiyakan sambil mengganggukan kepala dan pergi melakukan aktifitas lain .

Keesokan harinya cerita di keluarga tersebut masih berlanjut sama dengan hari sebelumnya . Dan dihari ketiga sang istri kaget ketika melihat hal yang sama tetangganya sedang menjemur pakaian. Pakaiannya yang dijemur keliatannya bersih sekali tidak keliatan masih kotor oleh sang istri . "paaaaah , paaaah , sini deeeeeh !! saut istrinya teriak . " apa sih maaaaah teriak teriak manggilnya ? " timpal suaminya . "itu liat paaah , tetangga kita sekarang cuciannya bersih pah , ga kaya kemarin masih kotor mulu . pasti dia abis liat jemuran mamah di depan pah . dia pasti belajar dari jemuran mamah klo nyucinya bersih ." pungkas sang istri . suaminya kemudian sambil pergi berkata " mamaaaaaah , tadi ayah bangun lebih pagi buat bersihin tuh jendela yang kotor banget " .. Jlebb seketika istrinya diam dan tersipu malu teramat .

Semoga menjadi pelajaran dan hikmah untuk kita .

Sudah buka Quran hari ini ?? ^_^ 

 

 

wassalam , 

Perusahaan Grup Astra
TD Automotive Compressor Indonesia
Wilayah Grup Astra
Jadetabek