Punggahan, Berbahagia Menyambut Ramadhan 1442 H

Ramdan Kusnawijaya • 12 April 2021

Minggu, 11 April 2021 Bada Isya di Masjid Baiturrohman. Tidak seperti minggu malam sebelum-sebelumnya, kali ini Masjid Baiturrohman dipadati oleh warga muslim-muslimat Basecamp GSIP-AMR. Warga mulai berdatangan dari bada maghrib sambil membawa nasi kotak, snack, dan adapula yang membawa ingkung / tumpeng untuk disedekahkan. Sampai waktu adzan isya tiba, antusias warga semakin bertambah berbondong-bondong hadir ke Masjid Baiturrohman yang Kita cintai. Ada yang jalan sendiri, ada juga yang membawa anak dan istri.

1 Hari Menjelang Ramadhan penuh suka cita. Takmir Masjid Baiturrohman mengundang khusus warga Basecamp PT.GSIP-AMR untuk dapat memeriahkan acara Punggahan (bahasa dan tradisi di Jawa) yang artinya kurang lebih menyambut bulan ramadhan yang mulia. Kegiatan ini isinya tiada lain mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada Kita semua, bahwasanya Kita masih diberikan usia sampai saat ini dapat bertemu dengan tamu agung yakni bulan suci Ramadhan.

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Ananda Siti & Safana

 

Rangkaian acara Punggahan dibuka dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Ananda Siti & Safana (Santri TPQ Bairrohman), Sambutan Ketua Takmir (Bpk Sugiyanto), Sambutan Administratur PT.GSIP-AMR (Bpk Eko Wahyudi), dan acara inti yaitu Mauizhatul Hasanah (Dakwah memberikan materi / ilmu dengan cara yang baik dan bermanfaat) yang disampaikan oleh guru Kita Ustad Ishanifan dan melanjutkan acara dengan memimpin doa bersama. Acara terakhir yaitu ramah tamah / makan bersama hidangan tumpeng, ingkung dan nasi kotak yang telah disiapkan oleh warga Basecamp PT.GSIP-AMR.

Dalam sambutannya, Bpk Administratur PT.GSIP-AMR mengingatkan kembali tentang keharusan warga muslim untuk memakmurkan masjid namun tetap menerapkan protokol kesehatan karena Kita masih berada pada masa pandemi covid-19. Kemudian Ustad Ishanifan dalam tausyiahnya mengajak Kita untuk bersemangat dalam beribadah selama 1 bulan kedepan, kencangkan ikat pinggang, raih malam-malam kemulian, raih ampunan dan maghfiroh dari Allah SWT, dan jangan ada 1 detik pun diri kita lengah dari mengingat Allah SWT, sehingga derajat Taqwa Kita dapatkan sebagai buah hasil ibadah Kita selama ramadhan, sehingga diri Kita menjadi bening kembali di pengujung ramadhan dan di hari yang fitri.

Di akhir acara dalam ramah tamah / makan bersama terlihat sekali kebahagian, suka cita warga, suasana akrab dapat bersilaturahmi dan riang gembira anak-anak yang hadir ditambah dengan alunan dan tabuhan rebana serta shalawatan yang dimainkan oleh tim rebana santri TPQ Baiturrohman membuat moment ini layak menjadi kenangan bahagia dalam menyambut bulan suci ramadhan. Sehingga esok jika pemerintah telah mengumumkan sidang isbatnya, hilal sudah terlihat, dan ditetapkan sebagai 1 Ramadhan maka Kita sebagai warga muslim harus lebih bergembira karena perlombaan ibadah, mengejar amal-amal sholeh sudah dimulai.

#KabarRamadhan #1HariMenjelangRamadhan

Perusahaan Grup Astra
Astra Agro Lestari
Wilayah Grup Astra
Palangkaraya (Kalimantan Tengah)